Fungsi Balancing Roda Mobil dan Dampaknya Jika Tidak Balancing

5 Fungsi Balancing Roda Mobil

Fungsi Balancing Roda Mobil dan Dampaknya Jika Tidak Balancing


Ketika membicarakan kinerja kendaraan bermotor, terdapat satu aspek penting yang seringkali terlupakan, yaitu keseimbangan roda mobil. Salah satu cara menjaga keseimbangannya ialah dengan melakukan balancing. Fungsi balancing roda sendiri memainkan peranan penting dalam menjaga stabilitas, kenyamanan, dan keamanan saat berkendara. 


Balancing roda bukanlah sekadar langkah teknis, melainkan suatu proses yang berdampak besar pada pengalaman mengemudi dan umur pakai kendaraan. Oleh karena peranannya yang sangat penting, Anda perlu memahami balancing roda secara menyeluruh. 


Kali ini Anda akan diajak memahami pentingnya fungsi balancing roda mobil serta bagaimana dampak negatif yang mungkin terjadi jika proses ini diabaikan. Kemudian ada beberapa ciri roda yang perlu di-balancing sehingga Anda tidak terlambat melakukannya. Sudah siap belajar? Mari mulai pembahasannya sekarang! 


Sekilas Tentang Balancing Roda Mobil

Balancing roda mobil adalah proses krusial dalam perawatan kendaraan yang bertujuan untuk mengatasi ketidakseimbangan berat pada roda dan ban. Ketidakseimbangan ini dapat terjadi karena perbedaan berat pada bagian tertentu dari roda atau ban yang disebabkan oleh variasi manufaktur atau pemasangan yang kurang presisi. 


Proses balancing mengacu pada pemasangan pemberat kecil di bagian dalam atau luar roda yang disesuaikan dengan titik ketidakseimbangan untuk mencapai distribusi berat yang merata saat roda berputar.


Dalam proses balancing, roda ditempatkan pada mesin khusus yang mengukur ketidakseimbangan beratnya. Kemudian pemberat ditempatkan pada lokasi yang diperlukan pada roda untuk mengompensasi perbedaan berat tersebut. 


Apabila roda berputar dengan lancar dan stabil maka proses balancing yang dilakukan sudah benar. Anda pun jadi bisa berkendara dengan menyenangkan tanpa masalah. 


Baca Juga: 8 Cara Merawat Aki Mobil yang Benar


Fungsi Balancing Roda Mobil

Balancing roda mobil punya fungsi penting yang perlu dipahami agar Anda memperhatikan hal ini lebih lagi. Bukan hanya untuk menjaga kestabilan, tetapi juga kenyamanan selama berkendara. Coba pahami penjelasan lengkapnya di bawah ini! 


1. Mengurangi Getaran yang Tidak Diinginkan 

Ketika roda tidak seimbang maka getaran yang ditimbulkan dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi Anda dan penumpang. 


Getaran yang seharusnya diredam oleh komponen di bagian roda, justru malah sampai ke kabin dan mengganggu kenyamanan berkendara. Namun dengan melakukan balancing roda secara teratur maka Anda dapat mengurangi getaran ini secara signifikan dan menciptakan pengalaman mengemudi yang lebih nyaman.


2. Meningkatkan Stabilitas dan Penanganan Kendaraan 

Roda yang seimbang sangat penting untuk menjaga stabilitas dan penanganan kendaraan saat berada di jalan. Ketidakseimbangan roda dapat menyebabkan kendaraan menjadi bergoyang, terutama saat melaju dengan kecepatan tinggi atau saat melakukan manuver. 


Melalui balancing roda yang tepat maka Anda dapat merasakan perbedaan yang lebih dalam berkendara sekaligus saat melalui tikungan. Keselamatan selama berkendara juga jadi meningkat tanpa harus khawatir terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.


3. Meminimalkan Aus pada Komponen Suspensi dan Roda 

Ketidakseimbangan roda dapat mengakibatkan beban yang tidak merata pada komponen suspensi dan roda. Hal ini dapat mempercepat ausnya komponen-komponen tersebut, seperti per serta bushing suspensi. 


Namun dengan tindakan balancing maka Anda dapat meminimalkan beban berlebih pada komponen-komponen tersebut serta memperpanjang umur pakai mereka. Kebutuhan perbaikan atau penggantian suku cadang pun berkurang sehingga Anda bisa berhemat.


4. Menjaga Keandalan Sistem Kemudi dan Suspensi 

Ketidakseimbangan roda dapat menghasilkan gaya sentrifugal yang tidak merata saat roda berputar. Hal ini dapat memengaruhi kinerja sistem kemudi dan suspensi yang menyebabkan keausan tidak wajar. 


Melalui tindakan balancing roda secara teratur, Anda jadi dapat memastikan sistem kemudi dan suspensi tetap berfungsi dengan baik sekaligus mengurangi risiko kerusakan yang ditimbulkan.


5. Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar 

Roda yang seimbang dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan Anda. Ketidakseimbangan roda dapat mengakibatkan getaran berlebih yang pada gilirannya akan mengurangi efisiensi bahan bakar. 


Namun saat balancing roda dilakukan dengan benar maka  hambatan dan getaran yang dapat memengaruhi performa kendaraan dapat berkurang. Kemudian akhirnya penggunaan bahan bakar pun menjadi lebih efisien untuk performa mesin yang optimal.


Baca Juga: 5 Cara Merawat Mesin Mobil dengan Baik dan Benar


Dampak Roda Mobil Tidak Di Balancing

Meskipun peranan pentingnya sudah diberitahukan, terkadang masih ada saja orang-orang yang lalai melaksanakan balancing roda kendaraan secara rutin. Jangan sampai Anda melakukan hal yang sama dan membiarkan kendaraan rusak begitu saja. Coba baca penjelasan berikut mengenai dampak negatif yang terjadi ketika balancing tidak dilakukan. 


1. Getaran dan Gangguan Selama Berkendara 

Salah satu dampak paling langsung dari roda yang tidak di-balancing ialah munculnya getaran yang tidak diinginkan saat Anda mengemudi. Getaran ini biasanya terasa di kabin kendaraan sehingga pengalaman berkendara Anda jadi tidak nyaman. Bahkan pada kecepatan rendah, getaran ini dapat mengganggu kenyamanan Anda dan mengurangi kualitas perjalanan.


2. Ketidakstabilan dan Kesulitan Mengendalikan Kendaraan 

Roda yang tidak seimbang dapat mengganggu stabilitas kendaraan sehingga membuatnya lebih sulit untuk dikendalikan terutama dalam situasi darurat atau saat berbelok tajam. Ketidakstabilan ini dapat mengurangi respons kendaraan terhadap perintah pengemudi dan meningkatkan risiko kecelakaan.


3. Kerusakan Pada Komponen Suspensi dan Roda 

Ketidakseimbangan roda dapat memberikan tekanan yang tidak merata pada komponen suspensi dan roda. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada bushing suspensi, per dan bagian-bagian penting lainnya. Kerusakan ini dapat mengarah pada biaya perbaikan yang tinggi dan mengganggu performa keseluruhan kendaraan.


4. Pemakaian Ban yang Tidak Merata 

Roda yang tidak seimbang dapat menyebabkan aus tidak merata pada permukaan ban. Akhirnya beban berlebih pada bagian tertentu dari ban dapat mengakibatkan keausan yang lebih cepat. Hal ini sangat berbahaya karena pemakaian ban yang tidak merata bukan hanya memengaruhi performa kendaraan, tetapi juga mengurangi umur pakai ban yang mengharuskan Anda mengganti ban lebih sering.


Baca Juga: 5 Tips Memilih Oli Mobil yang Tepat untuk Kendaraan


Ciri-Ciri Roda Mobil Perlu Di Balancing

Demi menjaga kendaraan Anda tetap berada dalam keadaan yang prima, penting untuk melakukan servis secara berkala. Teknisi berpengalaman pasti akan membantu Anda memeriksa, membersihkan, serta melakukan penggantian yang diperlukan untuk menjaga performa mobil kesayangan. 


Namun kejadian roda yang tidak seimbang bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Itu sebabnya Anda harus tahu ciri-ciri roda yang tidak seimbang sehingga proses balancing dapat dilakukan tepat waktu. Perhatikan berbagai cirinya berikut ini! 


1. Getaran di Kemudi atau Kabin 

Salah satu ciri yang menunjukkan bahwa roda mobil Anda perlu di-balancing ialah adanya getaran berlebihan yang terasa di dalam kabin saat sedang mengemudi. Getaran ini biasanya terasa lebih kuat pada kecepatan tertentu dan dapat menjadi tanda bahwa roda tidak seimbang.


2. Pemakaian Ban Tidak Merata 

Jika Anda melihat bahwa bagian tertentu pada permukaan ban menjadi aus lebih cepat daripada bagian lain maka hal ini dapat menjadi indikasi ketidakseimbangan roda. Pemakaian ban yang tidak merata bisa menjadi tanda bahwa berat pada roda tidak terdistribusi dengan baik.


3. Bunyi Aneh Selama Berkendara 

Roda yang tidak seimbang dapat menyebabkan bunyi berisik atau berderak saat kendaraan bergerak. Bunyi ini biasanya muncul karena getaran roda yang tidak terkendali sehingga suaranya akan terdengar jelas di dalam kabin serta di sekitar kendaraan.


4. Kesulitan Mengendalikan Kendaraan 

Jika Anda merasa kesulitan untuk mengendalikan kendaraan, terutama saat melaju dalam kecepatan tinggi atau melakukan manuver, hal ini bisa menjadi tanda bahwa roda tidak seimbang. Apabila ketidakstabilan dibiarkan dalam waktu yang lama maka respons beberapa komponen dapat terganggu dan risiko kecelakaan menjadi sangat tinggi.


Sebagai pengemudi yang bijaksana, Anda kini memiliki wawasan yang lebih mendalam mengenai pentingnya fungsi balancing roda mobil. Tidak hanya untuk memberikan kenyamanan ekstra, tetapi juga memastikan kendaraan beroperasi dengan maksimal. 


Jika Anda tertarik melakukan balancing roda kendaraan secara mandiri tanpa harus ke bengkel, pastikan bahwa alat-alat yang diperlukan sudah tersedia dalam kualitas tinggi. Anda bisa langsung membelinya di Kawan Lama Sejahtera yang menjual berbagai alat perbaikan ban dengan kualitas unggulan. 


Langsung kunjungi Kawan Lama Sejahtera sekarang dan temukan alat-alat berkualitas yang Anda butuhkan! 


Sumber: 

https://nissan.co.id//artikel/artikel-features-and-tips/tanda-tanda-mobil-perlu-spooring-dan-balancing.html#:

https://www.hyundai.com/id/id/hyundai-story/articles/manfaat-balancing-mobil-dan-tanda-tanda-harus-balancing-0000000059

https://carsworld.co.id/tips/4-akibat-jika-ban-mobil-tidak-pernah-melakukan-balancing/ 

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.