Inilah Perbedaan Karpet dan Tikar, Jangan Sampai Salah Pilih!

perbedaan karpet dan tikar

Inilah Perbedaan Karpet dan Tikar, Jangan Sampai Salah Pilih!


Apakah Anda pernah merasa bingung membedakan karpet dan tikar? Memang wajar banyak orang tidak mengetahui perbedaan karpet dan tikar. Dalam dunia desain interior, memilih antara karpet dan tikar bisa jadi sulit karena keduanya memiliki kesamaan pada beberapa aspek.

Tidak sedikit yang menganggap keduanya sama karena karpet maupun tikar sama-sama bisa dijadikan alas duduk di lantai. Padahal karpet dan tikar tidak hanya berbeda dalam bahan, tetapi juga dalam kegunaan, perawatan, dan gaya yang sesuai. 

Supaya tidak bingung lagi, mari telusuri perbedaan mendalam antara kedua elemen ini!

Apa Itu Karpet?

Karpet adalah penutup lantai mewah yang terbuat dari beragam bahan, termasuk serat alami seperti wol atau serat sintetis yang tahan lama. Penggunaan karpet dapat memberikan sentuhan hangat dan nyaman pada ruangan. Apa lagi dengan tekstur lembutnya yang menyenangkan. 

Tidak hanya hadir dalam satu desain, karpet punya berbagai pola dan warna yang dapat disesuaikan dengan dekorasi interior Anda. Meskipun ideal untuk ruang keluarga atau kamar tidur, karpet memerlukan perawatan khusus, termasuk pembersihan rutin dengan vacuum cleaner

Jadi pastikan Anda melakukan perawatan yang dibutuhkan agar karpet tetap nyaman digunakan dalam waktu yang lama.

Baca Juga: 6 Cara Membersihkan Karpet Bulu dengan Tepat

Apa Itu Tikar?

Tikar di satu sisi lebih digunakan sebagai penutup lantai serbaguna yang terbuat dari berbagai bahan alami seperti jerami, bambu, atau rumput laut. Tikar memiliki karakteristik yang ringan, mudah digulung, dan tahan cuaca sehingga membuatnya ideal untuk kegiatan luar ruangan. Contohnya seperti piknik, berkemah, atau berjemur di pantai. 

Tikar punya daya tahan yang baik dengan perawatan yang sederhana sehingga harganya pun lebih terjangkau dibandingkan dengan karpet. Meskipun memiliki pilihan warna dan desain yang terbatas, tetapi tikar punya kepraktisan untuk mendukung berbagai keperluan Anda.

Perbedaan Karpet dan Tikar

Sekarang, mari coba telusuri perbedaan utama antara karpet dan tikar yang akan membantu Anda membuat keputusan tepat saat memilihnya. Langsung simak informasinya berikut ini!

1. Bahan

Perbedaan pertama antara karpet dan tikar adalah bahan pembuatnya. Karpet secara umum terbuat dari berbagai jenis bahan seperti wol, kapas, atau serat sintetis. Bahan-bahan ini memberikan tekstur lembut dan mewah pada karpet sehingga menciptakan suasana yang nyaman di dalam ruangan. 

Di sisi lain, tikar lebih sering terbuat dari bahan alami seperti jerami, bambu, atau rumput laut. Hal ini membuat tikar menjadi pilihan tepat untuk penggunaan luar ruangan karena tahan terhadap cuaca.

2. Keberlokasian Penggunaan

Perbedaan kedua yang bisa dikenali berada pada tempat penggunaannya. Karpet biasanya dipasang di dalam ruangan untuk membantu meningkatkan kenyamanan dan estetika ruangan. Karpet merupakan pilihan yang sempurna untuk menciptakan suasana hangat di ruang keluarga atau kamar tidur. 

Kemudian di sisi lain, tikar lebih sering digunakan di luar ruangan atau dalam aktivitas seperti piknik atau berkemah. Portabilitas dan kemudahan membersihkannya membuat tikar menjadi pilihan yang praktis untuk keperluan luar ruangan.

Baca Juga: 6 Cara Membersihkan Karpet Mobil Dengan Mudah

3. Ketebalan

Perbedaan ketiga terletak pada ketebalan. Karpet biasanya dibuat lebih tebal dan empuk untuk memberikan sensasi berjalan yang nyaman di atasnya. Hal ini membuatnya cocok digunakan di dalam ruangan di mana kenyamanan termasuk faktor penting yang harus dipertimbangkan. 

Tikar, di sisi lain, umumnya lebih tipis dan ringan. Mereka tidak memberikan sensasi yang sama seperti karpet, tetapi lebih fungsional untuk aktivitas di luar ruangan yang memerlukan kepraktisan.

4. Perawatan

Perbedaan berikutnya yang harus Anda perhatikan ialah perawatan yang diperlukan. Karpet memerlukan perawatan yang lebih intensif, termasuk pembersihan reguler dengan vacuum cleaner untuk mencegah penumpukan debu dan kotoran. 

Tikar, sebaliknya, lebih mudah dibersihkan dengan menyapu atau bahkan Anda bisa dengan mudah mencucinya dengan tangan jika diperlukan. Hal ini menjadikannya pilihan yang lebih sederhana dalam hal perawatan.

5. Harga

Karpet cenderung memiliki harga yang lebih tinggi daripada tikar, terutama jika bahan pembuatnya berkualitas tinggi. Tikar di sisi lain, umumnya lebih terjangkau dan cocok untuk anggaran yang lebih terbatas.

Baca Juga: 4 Jenis Karpet yang Cocok Untuk Masjid

6. Kustomisasi

Karpet dapat diubah ukurannya sesuai kebutuhan dan memiliki beragam pilihan desain yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikannya dengan dekorasi interior di berbagai ruangan. Tikar meskipun fleksibel dalam hal bentuk, umumnya memiliki ukuran yang tetap dan pilihan desain yang lebih terbatas.

Dalam memilih antara karpet dan tikar, Anda tentu harus mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran dengan bijak. Karpet menawarkan sentuhan mewah dan estetika yang tinggi di dalam ruangan, tetapi memerlukan perawatan ekstra. 

Sementara itu, tikar merupakan solusi praktis dan multifungsi, terutama untuk aktivitas luar ruangan. Semoga informasi perbedaan karpet dan tikar di atas bisa memudahkan Anda dalam memilih aksesori yang membuat rumah terasa lebih nyaman. 

Supaya karpet atau tikar yang Anda miliki tetap bersih, jangan lupa untuk membeli vacuum cleaner berkualitas tinggi di Kawan Lama Sejahtera. Melalui alat pembersih yang tepat, Anda dapat menjaga kebersihan karpet serta tikar dengan mudah. 

Tidak perlu ragu untuk mengunjungi Kawan Lama Sejahtera dan temukan vacuum cleaner terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda sekarang juga!

Sumber: 

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.