6 Cara Membersihkan Karpet Bulu dengan Tepat

cara membersihkan karpet bulu

6 Cara Membersihkan Karpet Bulu dengan Tepat


Karpet bulu adalah salah satu elemen dekoratif yang dapat memberikan sentuhan mewah dan hangat pada ruangan Anda. Namun, membersihkan karpet bulu bisa menjadi tugas yang menantang jika tidak dilakukan dengan tepat. Bulu-bulu halusnya memerlukan perawatan khusus agar tetap bersih dan tahan lama. Dalam artikel ini, Kawan Lama Sejahtera akan memberikan cara membersihkan karpet bulu dengan tepat. Simak selengkapnya di bawah ini.

6 Cara Membersihkan Karpet Bulu dengan Tepat

Karpet bulu adalah salah satu elemen dekoratif yang dapat memberikan sentuhan mewah dan hangat pada ruangan Anda. Namun, perawatan yang tepat sangat diperlukan agar karpet tersebut tetap indah dan bersih. Adapun beberapa cara membersihkan karpet bulu dengan tepat antara lain:

1. Kibas Dahulu Karpet Bulu

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum mencuci karpet bulu adalah mengibasnya terlebih dahulu. Ini adalah langkah penting untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di permukaan karpet. Anda dapat menggunakan sapu lembut atau alat penyaring debu untuk mengibas karpet secara perlahan dan hati-hati.

Pastikan Anda mengibas karpet di luar ruangan agar debu tidak terlempar ke dalam udara di dalam rumah. Setelah mengibas karpet, biarkan karpet tersebut terbuka di luar ruangan selama beberapa jam untuk memungkinkan udara segar mengalir melalui serat bulu. Ini akan membantu menghilangkan bau yang mungkin terperangkap di dalamnya.

2. Hilangkan Kotoran yang Menempel di Bulu Karpet dengan Vacuum Cleaner

Setelah karpet bulu Anda telah dikibas, langkah berikutnya adalah menggunakan vacuum cleaner. Pastikan Anda menggunakan vacuum cleaner dengan pengaturan yang tepat untuk karpet bulu. Gunakan perlahan-lahan agar vacuum cleaner dapat mengangkat kotoran yang terperangkap di antara bulu-bulu karpet. Jangan lupa untuk membersihkan atau mengganti kantong vacuum secara berkala agar hasilnya maksimal.

Ketika membersihkan karpet dengan vacuum cleaner, lakukan gerakan maju-mundur secara perlahan agar vacuum dapat mengangkat kotoran dengan baik. Selain itu, pastikan Anda juga vacuum bagian bawah karpet secara teratur, terutama jika karpet Anda diletakkan di atas lantai keras untuk menghindari penumpukan debu.

3. Gunakan Detergen yang Dicampur dengan Cuka dan Air

Langkah selanjutnya adalah mencuci karpet bulu. Anda dapat menggunakan detergen yang lembut dan aman untuk karpet, yang telah dicampur dengan air hangat dan cuka. Campurkan satu sendok makan detergen, satu cangkir air hangat, dan dua sendok makan cuka dalam wadah. Larutkan campuran ini dengan baik dan tambahkan air biasa secukupnya sebelum menggunakannya.

Detergen akan membantu mengangkat kotoran dan noda, sedangkan cuka akan membantu menghaluskan serat bulu, menjaga agar tetap empuk, dan membunuh bakteri. Pastikan untuk menghindari penggunaan detergen yang mengandung pemutih atau pemutih optik, karena dapat merusak warna karpet bulu Anda.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Karpet Masjid

4. Manfaatkan Perasan Air Lemon

Tambahkan beberapa tetes perasan air lemon ke dalam campuran detergen, air hangat, dan cuka. Air lemon memiliki sifat antibakteri alami dan memberikan aroma segar pada karpet Anda. Selain itu, air lemon juga membantu menghilangkan noda dan bau tidak sedap pada karpet. Campuran ini akan memberikan hasil pembersihan yang efektif dan menyegarkan karpet bulu Anda.

5. Semprot Saat Mencuci

Sebelum mulai mencuci karpet, semprotkan campuran detergen, air hangat, cuka, dan air lemon ke seluruh permukaan karpet secara merata. Pastikan Anda tidak menyemprotkan terlalu banyak cairan agar karpet tidak terlalu basah. Biarkan campuran tersebut meresap ke dalam bulu karpet selama beberapa menit untuk mengendurkan kotoran dan noda.

Penggunaan semprotan ini juga memungkinkan detergen dan cuka bekerja dengan lebih efektif dalam menghilangkan kotoran yang membandel pada karpet Anda. Diamkan selama sekitar 10-15 menit sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

6. Jemur Karpet Bulu Minimal 2 Kali Seminggu

Setelah mencuci karpet, jemurlah karpet bulu Anda di luar ruangan minimal dua kali seminggu. Proses pengeringan alami di bawah sinar matahari membantu menghilangkan kelembaban yang mungkin tersisa dalam karpet. Selain itu, sinar matahari juga memiliki sifat antibakteri alami yang membantu menjaga karpet tetap bersih dan segar.

Pastikan Anda menggantung karpet secara merata sehingga tidak ada bagian yang terlipat atau tertekuk. Ini akan membantu karpet kering dengan baik dan menjaga bentuknya. Selama proses pengeringan, Anda juga dapat menggulung atau mengibas karpet secara berkala untuk mengembalikan kelembutannya.

Baca Juga: 4 Jenis Karpet yang Cocok Untuk Masjid

Tips Merawat Karpet Bulu dengan Tepat

Selain membersihkan karpet bulu secara rutin, merawatnya dengan tepat juga sangat penting untuk mempertahankan keindahan dan kualitasnya. Berikut adalah beberapa tips merawat karpet bulu dengan tepat:

1. Hindari Paparan Langsung Matahari

Karpet bulu sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari langsung. Jika Anda memiliki karpet bulu di ruangan yang terkena sinar matahari, pastikan Anda menggunakan tirai atau penutup jendela untuk menghindari paparan langsung. Sinar matahari dapat membuat warna karpet memudar dan merusak serat bulu.

2. Gunakan Alas Karpet

Untuk menghindari keausan dan penumpukan kotoran di bawah karpet, gunakanlah alas karpet atau underlay. Alas ini membantu menjaga karpet tetap stabil dan mengurangi gesekan dengan lantai, sehingga mengurangi keausan.

3. Vacuum secara Rutin

Selain membersihkan secara mendalam seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pastikan Anda juga melakukan vacuum rutin setiap minggu. Ini membantu menghilangkan debu dan kotoran yang menumpuk di permukaan karpet serta mencegahnya meresap ke dalam serat bulu.

4. Hindari Tumpahan Cairan

Cairan seperti minuman atau bahan kimia berpotensi merusak karpet bulu. Jika terjadi tumpahan, segera bersihkan dengan kain bersih dan jangan menggosoknya, karena hal itu bisa merusak serat bulu. Gunakan tisu untuk menyerap cairan, lalu bersihkan dengan lembut menggunakan detergen ringan.

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Debu di Lantai Secara Praktis

5. Periksa Karpet Secara Berkala

Lakukan pemeriksaan berkala terhadap karpet bulu Anda. Periksa apakah ada kerusakan atau keausan pada serat bulu. Jika ada bagian yang rusak, segera perbaiki untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Mengetahui cara membersihkan karpet bulu dengan tepat, kini Anda dapat menjaga karpet tersebut tetap indah, bersih, dan tahan lama. Ditambah lagi, perawatan yang baik akan memperpanjang umur karpet bulu Anda, membuatnya selalu tampak segar, dan menjaga kualitasnya.

Untuk mendapatkan perlengkapan pembersih dan alat-alat yang diperlukan untuk merawat karpet bulu dengan lebih efisien, kunjungi Kawan Lama Sejahtera. Kami menyediakan beragam produk hygiene cleaning tools yang dapat membantu Anda dalam merawat dan membersihkan karpet bulu baik yang umum digunakan pada bangunan perkantoran maupun rumah tinggal dengan mudah dan efektif. 

Jangan biarkan karpet bulu Anda tampak kotor dan memengaruhi tampilan visual ruangan, kunjungi situs web Kawan Lama Sejahtera sekarang dan temukan solusi terbaik untuk kebersihan dan perawatan karpet Anda. 

Sumber:

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.