Perbedaan Irigasi dan Drainase yang Perlu Anda Pahami

5 Perbedaan Irigasi dan Drainase yang Perlu Dipahami

Perbedaan Irigasi dan Drainase yang Perlu Anda Pahami


Pada dasarnya perkebunan dan pertanian merupakan dua sektor yang memainkan peranan penting dalam memenuhi kebutuhan pangan dan sumber daya alam. Dalam usaha untuk menjaga keseimbangan lingkungan pertanian, terdapat dua konsep utama yang seringkali membingungkan, yakni irigasi dan drainase. Pertanyaan apa perbedaan irigasi dan drainase bukan lagi sesuatu yang baru. 


Meskipun keduanya melibatkan pengelolaan air, masing-masing memiliki tujuan dan pendekatan yang berbeda. Supaya Anda mendapatkan gambaran yang menyeluruh, sudah tersedia informasi mendasar mengenai perbedaan irigasi dan drainase. 


Kemudian Anda juga akan diajak memahami bagaimana keduanya berperan dalam menciptakan lingkungan yang optimal bagi pertumbuhan tanaman dan hasil panen yang melimpah. Langsung saja simak informasinya di bawah ini! 


Apa Itu Irigasi?

Irigasi adalah tindakan penyediaan air buatan bagi tanaman yang tumbuh di lahan pertanian atau perkebunan. Tujuan pembuatannya ialah untuk mengatasi ketidakcukupan air alami yang sering terjadi, terutama selama periode cuaca kering atau musim kemarau. 


Proses irigasi melibatkan distribusi air dengan cara tertentu ke seluruh area pertanian sehingga tanaman dapat mendapatkan pasokan air yang cukup untuk pertumbuhan optimal. Praktik irigasi dapat melibatkan berbagai metode, termasuk penyiraman manual menggunakan ember atau selang, sistem irigasi tetes yang mengalirkan air secara perlahan langsung ke akar tanaman, serta sistem irigasi sprinkler yang menyemprotkan air seperti hujan buatan.


Melalui irigasi, para petani jadi dapat mengendalikan pemberian air sesuai kebutuhan tanaman. Hal ini tidak hanya memungkinkan pertumbuhan yang sehat, tetapi juga memaksimalkan hasil panen. 


Irigasi juga memungkinkan tanaman untuk bertahan saat cuaca kering dan iklim yang tidak stabil, serta mendukung produksi pangan yang andal untuk memenuhi kebutuhan populasi yang terus berkembang. Itu sebabnya irigasi menjadi kunci penting dalam menjaga ketahanan pangan dan memastikan pasokan bahan pangan yang stabil di seluruh dunia.


Baca Juga: Alat-Alat Pertukangan Kayu Dasar yang Wajib Dimiliki


Apa Itu Drainase?

Drainase bisa disebut sebagai “teman perjalanan” dari irigasi. Pasalnya saat pemberian air ke lahan menjadi terlalu banyak maka drainase dibutuhkan untuk memastikan proses pertumbuhan tanaman tetap optimal seperti yang diinginkan. 


Drainase menjadi salah satu cara untuk melakukan pengelolaan air yang berlebihan atau berpotensi merugikan dari suatu area pertanian maupun perkebunan. 


Jadi keberadaan drainase akan berguna untuk mengalirkan air yang berlebihan tersebut keluar dari lahan sehingga menghindari terjadinya genangan yang dapat merusak tanaman, mengganggu struktur tanah, dan bahkan mengancam pertumbuhan keseluruhan area pertanian. 


Proses drainase melibatkan pembuatan saluran dan sistem pengaliran yang dirancang secara cerdas sehingga air berlebih dapat mengalir keluar dengan efisien. Drainase menjadi penting terutama saat cuaca basah atau musim hujan, ketika risiko lahan tergenang jadi meningkat. 


Tanpa sistem drainase yang memadai, air berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kebusukan akar tanaman, kehilangan nutrisi dalam tanah, serta kerusakan fisik pada lahan pertanian. 


Oleh karena itu drainase berkontribusi dalam memastikan kondisi lingkungan yang optimal bagi tanaman serta membantu mengurangi risiko kerugian yang disebabkan oleh perubahan cuaca secara tiba-tiba.


Baca Juga: Ketahui Prinsip Kerja Mesin Bubut beserta Komponennya


Perbedaan Irigasi dan Drainase

Melalui penjelasan definisi irigasi dan drainase di atas, sebenarnya Anda bisa mulai memahami perbedaan apa saja yang ada pada keduanya. Namun tidak apa-apa jika belum karena berikut ini tersedia poin-poin penting yang akan menjadi fokus perbedaan irigasi dan drainase. 


1. Fungsi Utama

Irigasi memiliki tujuan utama untuk menyediakan air yang cukup bagi tanaman agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Melalui irigasi, air diberikan secara terkontrol sesuai dengan kebutuhan tanaman untuk memastikan bahwa tanah tetap lembap dan nutrisi dapat diserap secara optimal. 


Di sisi lain, drainase berfokus pada mengatur aliran air berlebih agar bisa keluar dari lahan pertanian atau perkebunan. Keberadaan sistem drainase bertujuan untuk mencegah terjadinya genangan air yang dapat merusak tanaman dan tanah.


2. Tujuan

Irigasi bertujuan untuk memastikan pasokan air yang cukup untuk tanaman, terutama selama periode kekeringan. Melalui sistem irigasi yang baik maka tanaman dapat tumbuh subur dan menghasilkan panen yang melimpah meskipun cuaca kering. 


Di sisi lain, tujuan utama drainase ialah menghindari genangan air. Drainase membantu mengatasi kelebihan air yang dapat mengakibatkan tanaman tergenang dan akar tanaman membusuk. 


3. Proses

Proses irigasi melibatkan pemberian air dengan berbagai metode, seperti penyiraman manual, sistem irigasi tetes, atau sprinkler otomatis. Penyediaan air ini disesuaikan dengan kebutuhan tanaman dan jenis tanah yang ada. Sebaliknya, drainase melibatkan pembuatan saluran untuk mengalirkan air berlebih keluar dari lahan. 


4. Dampak Cuaca

Irigasi lebih diperlukan selama cuaca kering atau musim kemarau. Saat air alami tidak mencukupi, irigasi membantu menjaga kelembapan tanah dan mencegah tanaman layu. 


Namun drainase lebih penting saat cuaca basah atau musim hujan. Sistem drainase akan mencegah genangan air yang dapat merendam tanaman dan menyebabkan gangguan pada akar.


5. Hasil Akhir

Hasil dari irigasi adalah pertumbuhan tanaman yang lebih baik dan hasil panen yang melimpah. Air yang cukup dan terkontrol akan membantu tanaman menghasilkan buah dan biji berkualitas tinggi. Drainase, sementara itu, menghasilkan lingkungan yang bebas genangan, melindungi akar tanaman dari bahaya kelebihan air, dan mencegah kerusakan tanah.


Sekarang Anda telah mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang perbedaan esensial antara irigasi dan drainase dalam konteks pertanian, juga perkebunan. Meski terdapat perbedaan irigasi dan drainase yang tampak jelas, tetapi keduanya memainkan peran yang tak tergantikan dalam menjaga kondisi lingkungan yang optimal bagi pertumbuhan tanaman. 


Jika Anda ingin mengoptimalkan hasil pertanian atau perkebunan, Kawan Lama Sejahtera adalah mitra tepercaya dalam menyediakan berbagai alat dan mesin perkebunan yang Anda butuhkan. Kawan Lama Sejahtera hanya menawarkan produk berkualitas dan layanan yang andal agar Anda dapat memilih alat irigasi yang sesuai dengan kebutuhan. 


Kunjungi Kawan Lama Sejahtera sekarang dan temukan beragam pilihan alat yang akan membantu mengelola lahan Anda dengan lebih baik!



Sumber: 

https://www.tneutron.net/sipil/sistem-drainase-lahan-pertanian/

https://kumparan.com/kabar-harian/apakah-yang-dimaksud-dengan-drainase-tanah-1x3xnxd1uuQ/full

https://umsu.ac.id/berita/irigasi-pentingnya-penyediaan-dan-pengaturan-air-untuk-pertanian/

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.