4 Jenis Mesin Gerinda yang Biasa Digunakan Memotong Besi

jenis mesin gerinda

4 Jenis Mesin Gerinda yang Biasa Digunakan Memotong Besi


Penggunaan mesin gerinda dalam industri dan berbagai pekerjaan konstruksi tidak bisa dipisahkan. Hal ini secara khusus sangat berguna untuk pemotongan besi sehingga Anda tidak perlu menggunakan tenaga besar demi menyelesaikannya dengan baik. Namun perlu Anda pahami bahwa terdapat berbagai jenis mesin gerinda yang ditujukan untuk penggunaan berbeda.

 

Setiap jenis mesin gerinda pasti memiliki kelebihan dan kegunaannya masing-masing tergantung pada potongan besi yang ingin dilakukan. Supaya Anda tidak salah menggunakannya, coba perhatikan informasi lengkap mengenai jenis-jenis mesin gerinda di bawah ini!


Fungsi Mesin Gerinda

1. Memotong Material

Kepemilikan mesin gerinda sangat berfungsi untuk memotong berbagai material yang tidak terlalu tebal. Mesin gerinda dapat Anda gunakan untuk memotong benda kerja seperti besi, logam, batu, maupun kayu dengan presisi yang tinggi. Demi penggunaan yang optimal, Anda perlu memilih roda gerinda yang sesuai untuk memotong material dengan berbagai ketebalan dan kekerasan.


2. Menghaluskan Permukaan

Selain memotong, mesin gerinda juga digunakan untuk menghaluskan permukaan berbagai bahan material. Permukaan material perlu dihaluskan karena seringkali masih sangat kasar, memiliki goresan, atau tidak rata seperti yang diharapkan. Itu sebabnya keberadaan mesin gerinda untuk menghaluskan berbagai permukaan material sangat penting.


3. Membentuk Material

Mesin gerinda juga memiliki fungsi dalam membentuk material. Melalui penggunaan roda gerinda yang sesuai, mesin ini dapat membentuk material seperti besi atau logam menjadi bentuk yang diinginkan. Sebagai contoh, mesin gerinda dapat digunakan untuk membentuk sudut, membulatkan tepi, atau membuat profil khusus sesuai perencanaan.


4. Mengasah Alat

Mesin gerinda juga dapat digunakan untuk mengasah alat-alat tajam seperti pisau, mata bor, atau pahat. Apabila Anda menggunakan roda gerinda yang tepat dengan teknik yang benar maka mesin gerinda dapat menghasilkan tepi yang tajam dan presisi pada alat-alat tersebut.


5. Polishing atau Poles

Selain fungsi-fungsi sebelumnya, mesin gerinda juga dapat Anda gunakan untuk proses polishing alias memoles. Perputaran roda gerinda yang sangat cepat pada akhirnya akan membuat berbagai bahan material dapat dipoles dengan baik untuk menciptakan produk sempurna yang diminati oleh masyarakat.

 

Baca Juga: Tips Menjaga Performa Angle Grinder Agar Tetap Andal Digunakan


Jenis-Jenis Mesin Gerinda


Keberadaannya yang sangat penting membuat mesin gerinda memiliki berbagai jenis untuk penggunaan yang berbeda. Mari kenali terlebih dahulu berbagai jenis mesin gerinda agar Anda tidak salah menggunakannya!


1. Mesin Gerinda Lurus 

 

Mesin gerinda lurus adalah jenis mesin gerinda yang paling umum dan sering digunakan. Alat ini memiliki roda gerinda yang dipasang langsung pada porosnya. Mesin gerinda lurus juga sudah biasa digunakan untuk memotong besi atau logam lainnya secara presisi.

 

Kelebihan dari mesin gerinda lurus berada pada kemampuannya dalam memberikan hasil potongan yang akurat dan rapi. Untuk memudahkan penggunaan, mesin gerinda lurus juga hadir dalam berbagai ukuran dan daya berbeda yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.


2. Mesin Gerinda Angin (Angle Grinder)

 

Seperti namanya, mesin gerinda angin termasuk dalam jenis mesin gerinda yang tenaganya berasal dari angin. Supaya penggunaannya optimal, mesin ini perlu disambungkan dengan kompresor angin. Kemudian barulah Anda bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan, seperti memotong besi sekaligus menghaluskannya.

 

Penggunaan mesin gerinda angin juga mampu memberikan Anda akses pada bagian-bagian yang lebih kecil atau sulit dijangkau. Bentuknya yang kecil dan mudah digenggam tangan jelas memudahkan Anda dalam memotong berbagai besi sesuai keinginan.

 

Baca Juga: 5 Tips Material Handling yang Efektif dan Aman di Tempat Kerja 

 

3. Mesin Gerinda Silindris


Mesin gerinda silindris merupakan jenis mesin gerinda yang digunakan khusus untuk memotong atau menghaluskan permukaan berbentuk silindris maupun tabung. Jadi jangan bingung kalau Anda membutuhkan pemotongan besi dalam bentuk silindris atau tabung karena jenis mesin gerinda satu ini akan memudahkan pekerjaan.

 

Mesin gerinda silindris sendiri punya bentuk yang unik dengan keberadaan meja putar yang memungkinkan benda kerja untuk diposisikan secara presisi dan merata. Mesin gerinda silindris sering digunakan dalam pembuatan poros, baut, atau bagian-bagian mesin lainnya dengan bentuk silindris.


4. Mesin Gerinda Duduk 

Mesin gerinda duduk adalah jenis mesin dengan roda gerinda yang dipasang pada sebuah meja atau bangku. Alat ini secara umum digunakan untuk pemotongan besi, tetapi Anda juga bisa menggunakannya untuk mengasah atau menghaluskan material dengan benda kerja yang ditempatkan pada meja gerinda.

 

Mesin gerinda duduk biasanya digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan stabilitas sehingga hasil potongannya akurat sesuai perencanaan yang telah dilakukan sebelumnya. Kestabilan inilah yang sebenarnya menjadikan mesin gerinda duduk digunakan.

 

Penggunaan mesin gerinda duduk juga dapat mengurangi kesalahan potong atau human-error karena roda gerinda yang berputar tidak akan bergerak dari tempatnya. Selain itu mesin gerinda duduk juga memiliki daya motor yang cukup besar sehingga mampu menangani pemotongan atau penghalusan material yang lebih intens.

 

Mesin gerinda duduk sering dilengkapi dengan aksesori tambahan seperti alat pengasah pisau atau batu poles. Jadi Anda bisa melakukan berbagai tugas hanya dengan satu mesin saja. Dalam industri dan pekerjaan konstruksi, mesin gerinda duduk menjadi alat yang sangat berguna serta efektif untuk memberikan hasil kerja berkualitas tinggi.

 

Dalam industri dan pekerjaan konstruksi, pemilihan jenis mesin gerinda yang tepat sangatlah penting untuk mencapai hasil kerja yang presisi sekaligus efisien. Dari berbagai jenis mesin gerinda yang telah dijelaskan sebelumnya, masing-masing memiliki kegunaan dan fungsi yang berbeda tergantung pada kebutuhan pemotongan atau penghalusan material.

 

Oleh karena itu sebelum memulai proyek pastikan Anda sudah memahami jenis mesin gerinda yang paling sesuai untuk pekerjaan yang akan dilakukan. Jika Anda sedang mencari mesin gerinda angin berkualitas maka Kawan Lama menjadi tempat yang tepat!

 

Kawan Lama merupakan salah satu penyedia peralatan industri terkemuka yang menawarkan berbagai jenis mesin gerinda, termasuk mesin gerinda angin yang tangguh dan andal.

 

Jangan ragu untuk mengunjungi atau menghubungi layanan Kawan Lama untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang mesin gerinda angin. Dapatkan mesin gerinda berkualitas untuk memenuhi kebutuhan Anda hari ini juga hanya di Kawan Lama!

 

 

Sumber:

https://www.klopmart.com/article/detail/fungsi-jenis-mesin-gerinda

https://www.teknikmart.com/blog/jenis-mesin-gerinda-dan-fungsinya/

https://fixcomart.com/blog-detail/perkakas-and-otomotif/jenis-jenis-mesin-gerinda-beserta-fungsinya 



Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.