4 Jenis Generator yang Biasa Digunakan untuk Gedung

4 Jenis Generator yang Biasa Dipakai untuk Gedung

4 Jenis Generator yang Biasa Digunakan untuk Gedung


Listrik menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik itu untuk rumah tangga maupun lingkungan bisnis. Kebutuhan listrik yang stabil juga menjadi hal yang perlu Anda perhatikan. Maka dari itu, sangat krusial bagi Anda memiliki sumber cadangan listrik dari berbagai jenis generator set atau genset. 

Terdapat berbagai jenis generator yang dapat Anda gunakan, terutama yang biasa digunakan dalam lingkungan gedung atau bisnis. Kalau begitu, langsung simak saja uraian lengkap di bawah ini untuk mengetahui berbagai jenis genset tersebut. 


Apa Itu Generator?

Pada dasarnya, generator adalah suatu perangkat yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Ini berarti, generator memiliki peran penting dalam memastikan adanya pasokan listrik cadangan saat sumber listrik utama mengalami gangguan.

Generator bekerja berdasarkan prinsip elektromagnetik. Ketika sebuah benda yang terbuat dari bahan konduktif (seperti kawat) bergerak melalui medan magnet, maka akan terinduksi arus listrik pada benda tersebut. Melalui proses ini, generator akan menghasilkan energi listrik. 

Proses kerja generator dapat dijelaskan lebih lanjut dengan mengacu pada prinsip Faraday tentang induksi elektromagnetik. Ketika kawat konduktor bergerak melalui medan magnet, maka medan magnet ini akan menciptakan perubahan fluks magnetik dan menghasilkan energi listrik. 


Baca Juga: Ketahui Fungsi Air Compressor, Cara Kerja dan Tips Merawatnya


Jenis Generator yang Biasa Digunakan untuk Gedung

Dalam memastikan ketersediaan pasokan listrik yang andal dan tidak terputus dalam lingkungan gedung, pemilihan jenis generator yang tepat memiliki peran yang krusial. Berbagai kondisi dan kebutuhan gedung memerlukan pendekatan yang berbeda dalam pemilihan generator. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami berbagai jenis generator yang umum digunakan untuk gedung berikut ini. 


1. Generator Diesel

Generator diesel merupakan salah satu jenis generator yang sangat umum digunakan dalam berbagai lingkungan, termasuk gedung-gedung komersial dan industri. Generator ini menggunakan mesin diesel sebagai sumber tenaga untuk menghasilkan listrik. Keunggulan utama dari generator diesel adalah efisiensinya yang tinggi dan kapasitas daya yang besar.

Salah satu alasan mengapa generator diesel banyak dipilih, karena mesin diesel memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibandingkan dengan bensin. Selain itu, generator diesel juga memiliki umur pakai yang lebih panjang dan memerlukan perawatan yang lebih efisien. 


2. Generator Bensin

Generator bensin adalah jenis generator lain yang juga umum digunakan. Meskipun tidak seefisien generator diesel dalam hal konsumsi bahan bakar, generator bensin memiliki kelebihan lain yang membuat genset ini tetap diminati. 

Salah satunya yaitu kemudahan dalam penggunaannya. Generator bensin lebih mudah untuk dioperasikan dengan perawatan yang lebih efisien. Generator bensin cocok digunakan dalam skala yang lebih kecil, seperti pada gedung perkantoran atau rumah tangga. 

Generator ini sering digunakan sebagai sumber cadangan saat terjadi pemadaman listrik. Keunggulan lain dari generator bensin yaitu bahan bakar (bensin) lebih mudah ditemukan daripada diesel, sehingga memudahkan Anda dalam mendapatkan pasokan bahan bakar.


Baca Juga: 9 Komponen Mesin Diesel Beserta Fungsinya


3. Generator Komersial

Generator komersial merupakan jenis genset yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan listrik dalam skala komersial. Ini berarti, generator jenis ini cocok digunakan dalam lingkungan bisnis seperti restoran, toko, perkantoran, dan lain sebagainya. 

Jenis genset ini mampu memberikan pasokan listrik cadangan saat terjadi pemadaman atau gangguan pada pasokan listrik utama. Fitur penting dari generator komersial yaitu ukurannya yang relatif kompak dan portabilitasnya. 

Generator komersial juga biasanya dilengkapi dengan fitur otomatisasi. Jadi, generator ini akan menyala saat pemadaman listrik terdeteksi, untuk menjaga kelancaran operasi bisnis tanpa intervensi manual.


4. Generator Industri

Generator industri termasuk jenis genset yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan listrik dalam skala industri yang lebih besar. Genset ini sering digunakan dalam pabrik, fasilitas produksi, proyek konstruksi besar, dan sektor industri lainnya yang memerlukan pasokan listrik yang sangat besar dan andal. 

Jenis generator industri memiliki kapasitas daya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan generator komersial. Genset ini memiliki daya tahan yang cukup tinggi, terutama pada beban berat dan penggunaan yang berkelanjutan. 

Generator ini dilengkapi dengan sistem pendinginan yang lebih canggih dan mekanisme perlindungan ekstra untuk menjaga performa optimal dalam jangka waktu yang lama. Generator industri juga biasanya memiliki kontrol yang lebih canggih, serta memiliki sistem pengawasan dan pengaturan yang lebih akurat.


Baca Juga: Mengenal Apa Itu Freon dan Perbedaannya dengan Refrigeran


5. Generator Panel & Sistem

Generator panel dan sistem adalah jenis genset yang mencakup seluruh sistem yang terkait dengan pengoperasian dan pengawasan genset. Ini termasuk panel kontrol, sistem pemantauan, sistem pengalihan otomatis, dan perangkat terkait lainnya. 

Tujuan dari generator panel dan sistem untuk menyederhanakan pengoperasian dan pemantauan genset, serta memastikan kelancaran peralihan antara pasokan listrik utama dan cadangan.

Panel kontrol merupakan pusat pengendalian genset yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan genset serta mengatur parameter operasional seperti suhu dan tekanan. Sistem pemantauan memberikan informasi real-time tentang performa genset, termasuk status bahan bakar, suhu, dan beban.


Dalam dunia industri yang terus berkembang ini, listrik menjadi pondasi utama bagi hampir semua aspek kehidupan. Gedung-gedung, baik yang bersifat komersial maupun residensial, membutuhkan pasokan listrik yang stabil agar aktivitas harian bisa berjalan dengan lancar. Di sini, peran generator menjadi sangat penting.

Generator menjadi komponen esensial dalam memastikan kelancaran operasi bisnis, industri, dan fasilitas lainnya. Generator komersial cocok digunakan dalam lingkungan bisnis dengan kebutuhan daya yang lebih rendah, sementara generator industri menyediakan pasokan listrik yang besar untuk skala industri yang lebih besar. 

Apabila Anda memahami peran dan karakteristik masing-masing jenis generator ini, maka Anda bisa memilih generator yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Pemilihan jenis generator ini didasarkan pada kebutuhan spesifik gedung dan faktor-faktor seperti daya yang dibutuhkan, efisiensi, dan perawatan. 


Untuk mendapatkan generator yang biasa digunakan di gedung sesuai kebutuhan, Anda bisa mengunjungi Kawan Lama Sejahtera sekarang juga. Tersedia berbagai jenis genset, mulai dari genset komersial untuk kebutuhan bisnis Anda, genset industrial yang bisa digunakan di pabrik, hingga genset rumah tangga portable yang lebih efisien.


Berbagai jenis genset yang disediakan Kawan Lama Sejahtera ini dibekali dengan fitur dan teknologi canggih, serta awet dan tahan lama. Jadi, tunggu apalagi? Dapatkan genset sesuai dengan kebutuhan gedung Anda sekarang juga hanya di Kawan Lama Sejahtera.


Sumber rujukan:

https://www.s-gala.com/blog-post/genset 

http://gudanggenset.com/jenis-jenis-genset-dan-spesifikasinya/ 

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.