5 Fungsi Face Shield Welding untuk K3 Pekerja

fungsi face shield welding

5 Fungsi Face Shield Welding untuk Kesehatan dan Keselamatan Kerja


Dalam dunia industri, keamanan dan perlindungan diri menjadi prioritas utama, terutama bagi para pekerja yang terlibat dalam proses pengelasan. Dalam konteks ini, fungsi face shield welding menjadi tak tergantikan.

Pasalnya face shield untuk kerja pengelasan bukan hanya sekadar aksesori, melainkan merupakan peralatan penting yang melindungi pekerja dari berbagai risiko dan bahaya yang terkait dengan aktivitas pengelasan. 

Melalui perlindungan pada area wajah, face shield welding memastikan bahwa pekerja dapat menjalankan tugas mereka dengan aman dan tanpa khawatir akan potensi cedera yang terjadi akibat percikan logam panas, radiasi termal, atau benda-benda terbang yang mungkin terjadi selama proses pengelasan.

Pentingnya Menggunakan Face Shield Welding Saat Bekerja

Welding adalah salah satu proses industri yang memerlukan perhatian khusus terhadap keamanan. Penting bagi Anda untuk menggunakan face shield welding saat bekerja demi melindungi diri dari potensi bahaya dan risiko yang terkait dengan pekerjaan tersebut. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penggunaan face shield welding sangat penting:

1. Melindungi Mata dan Wajah 

Saat melakukan aktivitas pengelasan, percikan logam panas dan cahaya yang terjadi dapat menyebabkan cedera serius pada mata dan wajah Anda. Jika mengenakan face shield welding, Anda dapat mencegah cedera seperti luka bakar pada kulit wajah dan kerusakan pada mata akibat sinar UV yang kuat.

2. Mengurangi Risiko Terkena Debu dan Serbuk Logam

Proses pengelasan seringkali menghasilkan debu dan serbuk logam yang dapat tersebar di sekitar area kerja. Tanpa perlindungan yang memadai, Anda berisiko menghirup partikel-partikel tersebut yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti iritasi saluran pernafasan, asma, atau bahkan kerusakan paru-paru jangka panjang.

3. Meminimalkan Paparan Terhadap Radiasi Termal

Radiasi termal yang dihasilkan selama proses pengelasan bisa sangat berbahaya bagi kulit Anda. Paparan berulang-ulang terhadap panas yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan kulit, termasuk luka bakar dan bahkan kanker kulit. Face shield welding dapat membantu mengurangi paparan langsung terhadap radiasi serta menjaga kulit Anda tetap aman.

4. Mencegah Cedera Akibat Benda Asing Terbang

Selain percikan logam, proses pengelasan juga bisa menghasilkan serpihan kecil yang dapat terlempar dengan kecepatan tinggi. Tanpa pelindung wajah, Anda rentan terhadap cedera akibat benda asing yang terbang seperti luka tusuk atau goresan.

5. Menjaga Konsentrasi dan Produktivitas

Penggunaan face shield welding yang nyaman dan aman, Anda dapat fokus sepenuhnya pada pekerjaan Anda tanpa khawatir akan potensi bahaya di sekitar. Hal ini akan membantu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas Anda, serta mengurangi risiko kesalahan yang dapat terjadi akibat gangguan atau ketidaknyamanan.

Baca juga: 5 Jenis Kacamata Keselamatan Kerja Beserta Fungsinya

5 Fungsi Face Shield Welding yang Harus Anda Pahami

Selain sebagai perlindungan fisik, face shield welding juga memiliki beberapa fungsi tambahan yang penting untuk dipahami. Berikut adalah lima fungsi utama dari face shield welding yang harus diketahui:

1. Perlindungan dari Sinar Ultraviolet (UV) dan Inframerah (IR)

Face shield welding dirancang khusus untuk menahan sinar UV dan IR yang dihasilkan selama proses pengelasan. Sinar-sinar ini memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan pada mata dan kulit jika terpapar secara langsung dalam jangka waktu yang lama. Dengan menggunakan face shield yang sesuai, Anda dapat meminimalkan risiko terkena radiasi UV dan IR tersebut.

2. Penghalang Terhadap Percikan Logam dan Debu

Fungsi utama face shield welding adalah sebagai penghalang fisik terhadap percikan logam panas dan debu yang dihasilkan selama pengelasan. Itu sebabnya alat ini diperlukan saat proses pengelasan untuk menyediakan lapisan pelindung yang solid di depan wajah Anda. Selain itu, face shield welding juga mampu mencegah partikel-partikel tersebut masuk ke dalam mata atau saluran pernapasan Anda dan mengurangi risiko cedera dan masalah kesehatan.

3. Menyediakan Visibilitas yang Optimal

Meskipun face shield welding dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal, mereka juga harus memungkinkan pengguna untuk melihat dengan jelas saat bekerja. Oleh karena itu, face shield welding sering dilengkapi dengan filter optik khusus yang memungkinkan visibilitas optimal, bahkan dalam kondisi cahaya yang terang sekalipun.

4. Meminimalkan Gangguan Visual

Selain menyediakan visibilitas yang baik, face shield welding juga harus mampu meminimalkan gangguan visual yang dapat mengganggu konsentrasi dan akurasi pengelasan. Filter optik yang tepat akan mengurangi silau dan refleksi yang dapat mengaburkan pandangan agar memastikan Anda dapat melihat dengan jelas detail-detail pekerjaan yang sedang dilakukan.

5. Memastikan Keseimbangan Antara Keamanan dan Kenyamanan

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, face shield welding harus mampu memberikan keseimbangan yang tepat antara keamanan dan kenyamanan. Meskipun perlindungan maksimal adalah prioritas utama, face shield welding yang nyaman akan meningkatkan tingkat kepatuhan pengguna terhadap penggunaan alat pelindung tersebut, sehingga mengurangi risiko cedera yang disebabkan oleh penggunaan yang tidak tepat.

Baca juga: 5 Fungsi Ear Muff dan Manfaatnya untuk Keselamatan Kerja

5 Cara Merawat Face Shield Welding

Setelah memahami pentingnya penggunaan dan fungsi dari face shield welding, penting juga untuk mengetahui cara merawatnya dengan baik agar tetap dalam kondisi optimal. Berikut adalah cara merawat face shield welding yang perlu Anda lakukan:

1. Bersihkan secara Berkala

Face shield welding harus dibersihkan secara teratur untuk menjaga kejernihan dan kebersihannya. Gunakan kain lembut yang direndam dalam air hangat dan sabun ringan untuk membersihkan permukaan face shield secara menyeluruh. Pastikan untuk menghilangkan semua debu, kotoran, atau sisa percikan logam yang mungkin menempel pada permukaannya.

2. Hindari Penggunaan Bahan Kimia yang Tidak Aman

Saat membersihkan face shield welding, hindari menggunakan bahan kimia yang keras atau abrasif, seperti pelarut organik atau cairan pembersih yang mengandung asam atau alkali kuat. Penggunaan bahan kimia ini dapat merusak lapisan pelindung dan filter optik pada face shield untuk mengurangi efektivitas perlindungan dan visibilitasnya.

3. Simpan dengan Benar setelah Penggunaan

Setelah digunakan, pastikan untuk menyimpan face shield welding dengan benar agar terhindar dari kerusakan atau penyok. Letakkan face shield dalam tempat penyimpanan yang kering dan terlindungi dari debu atau paparan sinar matahari langsung. Hindari menumpuk atau menaruh benda berat di atasnya yang dapat menyebabkan deformasi atau kerusakan struktural.

4. Periksa Secara Berkala

Lakukan pemeriksaan rutin pada face shield welding untuk memastikan bahwa tidak ada retak, goresan, atau tanda-tanda kerusakan lainnya yang dapat mengurangi efektivitas perlindungannya. Jika Anda menemukan kerusakan, segera ganti face shield yang rusak dengan yang baru untuk memastikan keselamatan dan kesehatan Anda selama bekerja.

5. Ganti Bagian yang Aus atau Rusak

Bagian-bagian face shield welding, seperti headgear atau filter optik, yang mungkin mengalami keausan atau kerusakan seiring waktu penggunaan yang intensif. Pastikan untuk mengganti bagian-bagian ini secara berkala sesuai dengan instruksi produsen untuk memastikan bahwa face shield tetap berfungsi dengan baik dan memberikan perlindungan maksimal.

Baca juga: 7 Material Peredam Suara Ruangan untuk Atasi Kebisingan

Melalui pemahaman yang mendalam tentang pentingnya dan fungsi face shield welding, Anda dapat memastikan keselamatan dan kesehatan diri sendiri serta rekan kerja saat bekerja di lingkungan yang berpotensi berbahaya. 

Perlindungan pada mata, wajah, dan kulit Anda dari percikan logam, radiasi termal, dan bahaya lainnya penting untuk dilakukan. Sebab itu, face shield welding menjadi perlengkapan wajib bagi siapa pun yang terlibat dalam proses pengelasan. Jadi, pastikan untuk selalu mengutamakan keselamatan dan kesehatan Anda dengan menggunakan face shield welding yang sesuai dan merawatnya dengan baik.

Untuk memastikan Anda memiliki perlindungan yang optimal saat bekerja, segera ambil langkah untuk mendapatkan face shield berkualitas dari Kawan Lama Solution. Dengan produk berkualitas dan layanan pelanggan yang prima, Kawan Lama Solution hadir untuk memenuhi kebutuhan alat industri, baik untuk keperluan bisnis maupun kebutuhan individu. 

Jangan ragu lagi, segera kunjungi Kawan Lama Solution dan temukan segala yang Anda butuhkan untuk memaksimalkan kinerja dan keselamatan dalam bekerja.

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.