Mengenal Cara Kerja Genset dalam Menghasilkan Energi Listrik

4 Cara Kerja Genset dan Fungsinya dalam Menghasilkan Listrik

Mengenal Cara Kerja Genset dalam Menghasilkan Energi Listrik



Genset, atau yang lebih dikenal sebagai generator set, merupakan salah satu perangkat penting dalam dunia industri maupun rumah tangga. Genset berperan sebagai sumber cadangan energi listrik saat pasokan listrik dari jaringan umum mengalami gangguan atau mati. Lalu, bagaimana cara kerja genset tersebut?


Bagi Anda yang belum mengenal genset, cara kerja alat ini mungkin terdengar kompleks, tetapi sebenarnya dapat dijelaskan dengan cukup sederhana. Saat mesin diaktifkan, mesin genset akan memicu pergerakan rotor.

Rotor itu sendiri merupakan komponen elektrik berbentuk lilitan kawat tembaga yang mampu berputar. Ketika rotor berada dalam keadaan berputar, rotor akan menciptakan medan magnet yang menginduksi stator, sehingga menghasilkan aliran arus listrik.

Jika beban listrik meningkat, kumparan kutub akan menerima tegangan searah melalui regulator untuk menghasilkan medan magnet yang lebih kuat, dan berputar di sekitar permukaan kutub. Lalu, daya listrik yang dihasilkan akan disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan.


Secara sederhana, seperti itu kinerja genset dalam menghasilkan energi listrik. Untuk tahu lebih dalam lagi bagaimana alat ini bekerja dalam menghasilkan cadangan listrik, Anda bisa simak uraian lengkap di bawah ini. 


Cara Kerja Genset dalam Menghasilkan Energi Listrik


Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, cara kerja genset dalam menghasilkan energi listrik ini terdengar kompleks, namun sebenarnya cukup sederhana. Penting bagi Anda tahu bagaimana alat ini bekerja agar bisa digunakan secara optimal. Yuk langsung simak saja cara kerja genset berikut ini. 


1. Konversi Energi Mekanik menjadi Listrik

Cara kerja genset yang paling mendasar adalah mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Pada intinya, genset bekerja dengan prinsip konversi energi. Mesin pembakaran internal yang terdapat di dalam genset menghasilkan gerakan mekanik dengan membakar bahan bakar seperti bensin atau diesel. 

Gerakan mekanik ini kemudian diubah menjadi energi kinetik pada poros engkol mesin. Energi kinetik ini akhirnya diubah menjadi energi listrik melalui sebuah generator atau dinamo. Generator ini menghasilkan aliran arus listrik bolak-balik (AC) yang dapat digunakan untuk mengalirkan daya ke berbagai peralatan dan perangkat listrik.


2. Prinsip Induksi Elektromagnetik

Cara kerja genset juga melibatkan prinsip induksi elektromagnetik. Generator dalam genset menggunakan magnet dan kumparan kawat untuk menghasilkan listrik. Ketika magnet berputar di sekitar kumparan kawat atau sebaliknya, maka akan terjadi perubahan medan magnet yang menginduksi aliran arus listrik pada kawat tersebut. 

Inilah yang kemudian menjadi sumber energi listrik yang dihasilkan oleh genset. Saat mempertahankan putaran magnet dan kumparan kawat, genset akan terus menghasilkan aliran listrik yang optimal. 


3. Kontrol Sistem Regulator Tegangan

Tegangan yang stabil juga memengaruhi cara kerja genset. Mesin pembakaran internal cenderung menghasilkan energi listrik dengan tegangan yang bervariasi. Namun, alat pengatur dalam genset, yang sering disebut voltage regulator, bertugas untuk menjaga tegangan output tetap pada level yang aman dan stabil. Hal ini penting untuk mencegah peralatan listrik yang terhubung ke genset dari kerusakan akibat tegangan yang terlalu tinggi atau rendah.


4. Proses Automatisasi

Genset dilengkapi dengan sistem auto-start yang akan menghidupkan mesin secara otomatis begitu mendeteksi adanya pemadaman listrik. Saat listrik dari jaringan umum kembali pulih, genset akan secara otomatis mati atau off. Proses ini tentu lebih memudahkan Anda dalam menjaga cadangan listrik saat pemadaman listrik terjadi.


Baca Juga: 4 Jenis-Jenis Kompresor beserta Fungsinya


Fungsi Genset


Setelah Anda tahu bagaimana cara kerja genset, sekarang Anda perlu memahami juga apa saja fungsi genset. Secara umum, genset akan membantu Anda dalam menyediakan sumber cadangan listrik. Penggunaan genset sendiri tidak hanya digunakan di rumah atau gedung perkantoran saja, Anda juga bisa menggunakannya dalam berbagai kesempatan lain. Yuk, langsung simak saja fungsi lain dari genset berikut ini. 


1. Sumber Cadangan Listrik

Fungsi utama genset adalah sebagai sumber cadangan listrik. Saat terjadi pemadaman listrik mendadak, genset dapat diandalkan untuk menghidupkan peralatan penting seperti penerangan, peralatan medis, dan komunikasi. Keberadaan genset ini menjadi penting, khususnya di daerah-daerah yang sering mengalami pemadaman listrik atau di lingkungan bisnis yang memerlukan pasokan listrik yang stabil.


2. Penggunaan di Lokasi Terpencil

Dalam konteks wilayah yang terpencil atau lokasi yang sulit dijangkau oleh jaringan listrik utama, genset berperan krusial. Kehadirannya menjadi solusi praktis dalam mengatasi kendala pasokan listrik di daerah-daerah yang jauh dari infrastruktur listrik konvensional. 

Genset mampu menghasilkan listrik di tempat-tempat yang terpencil menggunakan bahan bakar. Situasi ini sering terjadi di wilayah pedesaan atau lokasi-lokasi terpencil di mana pemasangan kabel listrik sulit diimplementasikan.


3. Penggunaan dalam Konstruksi

Genset juga memiliki peran signifikan dalam industri konstruksi. Proyek-proyek konstruksi seringkali berlangsung di lokasi yang belum memiliki akses listrik yang memadai. Sebab itu, genset berperan sangat penting untuk membantu penyelesaian proyek konstruksi tetap berjalan. 

Dalam hal ini, genset berperan menyediakan sumber daya listrik sementara, terutama ketika Anda akan menggunakan alat-alat listrik seperti mesin bor, beton molen, dan peralatan lainnya yang diperlukan dalam pembangunan. Melalui kehadiran genset ini, proyek konstruksi dapat berjalan lancar tanpa terhambat oleh keterbatasan pasokan listrik.


4. Penggunaan di Industri

Genset digunakan dalam berbagai sektor industri untuk menjalankan mesin-mesin produksi, menerangi area pabrik, dan mendukung berbagai proses manufaktur, terutama saat terjadi pemadaman listrik dari sumber listrik utama. 

Pasokan listrik ini sangat krusial dalam mencegah gangguan yang dapat menyebabkan kerugian finansial dan berdampak negatif pada produksi. Dalam situasi pemadaman listrik yang tidak terduga, genset hadir sebagai solusi darurat untuk memastikan produksi dan operasional terus berjalan tanpa hambatan.


Baca Juga: Ketahui Apa Itu Refrigerant, Jenis dan Cara Kerjanya


5. Penyediaan Listrik di Acara dan Festival

Di dunia hiburan dan acara besar seperti festival, konser, atau pameran, kebutuhan akan pasokan listrik yang andal dan cukup besar sangat penting. Genset menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan ini. 

Ketika acara berlangsung di tempat-tempat di mana pasokan listrik umum mungkin terbatas atau tidak mencukupi, genset digunakan untuk menyediakan sumber daya listrik tambahan. Genset memastikan bahwa panggung, pencahayaan, perangkat audio, dan berbagai peralatan lainnya dapat beroperasi dengan lancar selama acara berlangsung.

Setelah memahami fungsi genset yang sangat krusial dalam menyediakan pasokan listrik cadangan dalam berbagai situasi, apakah Anda mulai berpikir untuk memilikinya? Apalagi Anda menjalankan berbagai bisnis, baik dalam industri konstruksi, acara hiburan, hingga restoran.


Anda tidak perlu khawatir dengan cara kerja genset dalam menghasilkan energi listrik, karena cara mengoperasikannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti tahapan yang telah dijelaskan di atas dengan benar. 

Bagi Anda yang memerlukan genset untuk keperluan bisnis maupun rumah tangga, Kawan Lama Sejahtera menyediakan berbagai genset sesuai kebutuhan Anda. Mulai dari genset komersial, genset portable, genset industrial, hingga genset panel dan sistem.


Genset yang tersedia di Kawan Lama Sejahtera mampu menghasilkan cadangan listrik yang andal dan tahan lama. Jadi, tunggu apalagi? Dapatkan genset sesuai kebutuhan Anda sekarang juga. 

Sumber rujukan:

https://www.hondapowerproducts.co.id/id/news-informations/articles/page/cara-kerja-generator 

https://www.interjaya.com/blog/cara-kerja-genset-yang-perlu-diketahui/ 

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.