18 Jenis Mata Bor, Ukuran beserta Fungsinya

jenis mata bor

18 Jenis Mata Bor, Ukuran beserta Fungsinya untuk Dunia Konstruksi


Dalam dunia permesinan dan konstruksi, pemilihan jenis mata bor yang tepat adalah kunci untuk mencapai hasil yang optimal dalam berbagai proyek. Mata bor adalah salah satu alat yang paling umum digunakan, namun, banyaknya pilihan jenis mata bor dapat menjadi membingungkan bagi para pengguna, terutama bagi yang kurang berpengalaman. Oleh karena itu, penting untuk memahami berbagai jenis mata bor yang tersedia dan kegunaannya masing-masing.

Jenis-jenis Mata Bor dan Fungsinya

Berikut ini beberapa jenis mata bor dan fungsinya yang perlu Anda ketahui untuk mendukung kesuksesan proyek konstruksi Anda.

1. Mata Bor Spiral (Twist Drill/High Speed Steel)

Mata bor spiral atau yang juga dikenal sebagai twist bits atau high speed steel (HSS) adalah jenis drill bit yang paling umum digunakan pada mesin bor tangan dan mesin bor duduk. Pasalnya mata bor satu ini bisa digunakan untuk membuat lubang lurus pada berbagai bahan material, seperti kayu, plastik, dan logam.

Mata bor ini memiliki ujung yang tajam dan heliks berliku-liku yang membantu membuang serbuk hasil bor. Anda dapat menemukan mata bor spiral dalam berbagai ukuran yang dibutuhkan, mulai dari 1 mm hingga 25 mm.

2. Mata Bor Pahat Cekung (Spade Drill)

Mata bor pahat cekung atau yang disebut sebagai spade drill, memiliki bentuk unik seperti sekop. Ujungnya datar dan tajam dengan sudut kemiringan yang memungkinkan mata bor ini memotong dengan baik pada permukaan datar. Mata bor pahat cekung tersedia dalam ukuran yang bervariasi dan digunakan untuk membuat lubang dengan diameter besar pada kayu atau bahan komposit.

3. Mata Bor Auger

Mata bor auger memiliki bentuk spiral panjang dengan bagian ujungnya yang tajam. Mata bor ini digunakan terutama untuk membuat lubang besar pada kayu. Ukuran mata bor auger juga bervariasi, mulai dari 6 mm hingga 25 mm. Keuntungan penggunaan mata bor auger adalah kemampuannya dalam mengangkut serbuk hasil bor keluar dari lubang, menghasilkan lubang yang bersih dan rapi.

4. Mata Bor Pembelah (Countersink Drill)

Mata bor pembelah atau countersink drill, memiliki ujung tajam dengan sudut kemiringan yang dirancang khusus untuk membentuk kerucut dangkal pada permukaan bahan material yang Anda gunakan.

Jenis drill bit ini digunakan untuk menyembunyikan kepala sekrup dalam lubang yang dibor. Mata bor pembelah tersedia dalam berbagai ukuran dan sering digunakan pada bahan kayu atau logam.

5. Mata Bor Senter (Center Drill)

Mata bor senter atau center drill memiliki ujung tumpul dengan titik pusat yang runcing. Mata bor ini digunakan untuk membuat lubang awal atau penandaan pada bahan material yang nantinya akan dikerjakan.

Ukuran mata bor senter bervariasi sehingga Anda perlu memastikan kebutuhan terlebih dahulu demi hasil sesuai keinginan. Mata bor ini secara khusus juga sering digunakan dalam proses pengerjaan mesin dan pembuatan alat.

Baca juga: 6 Cara Memilih Mata Bor yang Bagus

6. Mata Bor Kerucut (Taper Drill)

Selanjutnya ada jenis drill bit yang memiliki bentuk kerucut, seperti namanya yakni mata bor kerucut alias taper drill. Bentuk kerucutnya sangat unik menyerupai pagoda sehingga tidak jarang juga masyarakat menyebutnya sebagai mata bor pagoda.

Untuk kemampuan bornya sendiri, jenis ini dapat membuat lubang dengan kemiringan tertentu sesuai keinginan. Anda bisa menggunakan mata bor kerucut ini untuk membuat lubang kerucut seperti pada bahan logam atau kayu.

7. Mata Bor Pembelah Lubang (Reamer Drill)

Mata bor pembelah lubang atau reamer drill digunakan untuk menghaluskan dan memperbaiki lubang yang telah dibuat sebelumnya. Mata bor ini memiliki gigi yang runcing dan tajam di sekitar tepi ujungnya.

Jadi jangan khawatir kalau Anda ingin memperbaiki kesalahan dalam melubangi suatu bahan material. Gunakan saja jenis drill bit satu ini untuk memastikan pekerjaan Anda selesai seperti yang diharapkan. Mata bor pembelah lubang juga tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 1,97 mm hingga 150 mm.

8. Mata Bor Gunting (Step Reamer)

Mata bor gunting atau step reamer merupakan jenis drill bit yang dirancang khusus untuk menggali lubang dengan berbagai ukuran bertingkat secara akurat. Mata bor ini sering digunakan pada bahan logam atau plastik karena mampu membuat lubang sesuai ukuran yang diinginkan secara akurat.

Jenis drill bit ini juga tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa Anda cari dengan mudah di pasaran. Anda bahkan bisa membelinya dalam satu set yang berisi berbagai ukuran dari kecil hingga besar.

9. Mata Bor Lurus (Straight Flute Drill)

Mata bor lurus atau straight flute drill memiliki ujung tajam dengan bilah lurus yang mengarah ke belakang. Mata bor ini juga digunakan untuk membuat lubang dengan diameter kecil pada bahan yang keras seperti logam atau keramik. Jenis drill bit lurus ini banyak dipilih karena mampu membuat lubang dengan kecepatan tinggi, tetapi tetap memberikan hasil yang halus.

10. Mata Bor Lubang (Hole Saw Bits) 

Kalau Anda ingin membuat lubang dengan diameter yang lebih besar dan akurat, mata bor lubang atau hole saw tepat digunakan. Bentuk mata bor satu ini memiliki bentuk cekung dengan gigi-gigi tajam di sekitar tepi luarnya untuk menembus bahan material.

Meski bisa digunakan untuk melubangi berbagai bahan material, jenis satu ini lebih banyak dipakai ketika ingin membuat lubang pada kayu. Mata bor lubang tersedia dalam berbagai ukuran dan sering digunakan dalam pekerjaan konstruksi atau instalasi pipa.

Baca juga: 3 Cara Mengasah Mata Bor yang Tumpul

11. Mata Bor Boron Karbida (Carbide Drill)

Mata bor boron karbida pada dasarnya terbuat dari bahan keras yang dijadikan nama jenisnya, yaitu boron karbida. Mata bor ini dirancang untuk digunakan pada bahan yang sangat keras seperti keramik, batu, atau baja tahan karat. Keuntungan penggunaan mata bor boron karbida adalah daya tahan yang tinggi dan kemampuan memotong dengan presisi pada bahan yang sulit diolah.

12. Mata Bor Beton (Masonry Drill)

Mata bor beton atau masonry bits mengacu pada jenis drill bit yang memiliki ujung runcing dan terbuat dari bahan yang tahan terhadap kekerasan bahan seperti beton, batu, atau bata. Mata bor ini dirancang khusus untuk pekerjaan konstruksi atau renovasi. Ukuran mata bor beton jelas bervariasi dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Namun Anda perlu memastikan kualitasnya bagus sehingga pemakaiannya bisa memberikan hasil yang optimal.

13. Mata Bor Ratchet (Ratchet Drill)

Mata bor ratchet atau ratchet drill adalah jenis mesin bor yang dilengkapi dengan mekanisme ratchet yang memungkinkan putaran maju-mundur yang mudah. Mata bor ini sering digunakan dalam pekerjaan yang membutuhkan pengendalian presisi dan pengeboran yang stabil.

14. Mata Bor Kayu (Spur Bits/Brad Point)

Disebut juga Spur Bits karena memiliki ujung mata bor yang tajam, mata bor ini digunakan untuk membuat lubang pada kayu. Ujung tajam ini berperan dalam menjaga agar posisi mata bor tetap sejajar dengan permukaan kayu, menghasilkan lubang yang halus dan presisi.

15. Mata Bor Kaca

Dikenal sebagai spear point bits karena memiliki ujung yang menyerupai ujung tombak. Mata bor ini terbuat dari tungsten carbide yang keras, menjadikannya cocok untuk mengolah material kaca, keramik, hingga porselen.

Untuk penggunaannya, mata bor ini memerlukan putaran mesin yang rendah serta harus dilumasi dengan air, terpentin, atau minyak tanah untuk menjaga suhu kerja tetap rendah. Tindakan ini diperlukan untuk memperpanjang masa pakainya.

Baca juga: Jenis-jenis Mesin Bor dan Fungsinya

16. Mata Bor Countersink Bits

Countersink bits merupakan jenis drill bit kayu yang dirancang untuk membentuk lubang dengan sudut 45 derajat pada permukaan material kayu. Lubang tersebut umumnya diapaki untuk menyematkan sekrup sehingga permukaannya sejajar dengan kayu. Ukuran mata bor ini memiliki bentuk sudut 90 derajat.

17. Mata Bor Forstner Bits

Forstner bits adalah mata bor yang digunakan untuk menghasilkan lubang engsel sendok pada permukaan kayu. Untuk menggunakan alat ini, disarankan untuk menggunakan mesin bor duduk karena getaran yang dihasilkan cukup besar, sehingga Anda bisa menjaga stabilitasnya.

18. Mata Bor Drag Bits

Drag bits merupakan jenis drill bit yang biasanya dipakai untuk melubangi formasi lunak. Bentuknya dilengkapi dengan nozzle jet untuk menyemprotkan blander agar tetap bersih dan mampu mengeluarkan lumpur dari rangkaian pipa.

Bagian mata yang tajam terbuat dari baja paduan, sedangkan bagian depan (faced) yang keras diperkuat dengan tungsten carbide. Kendala yang sering dihadapi oleh mata bor ini adalah pembor sumur yang mungkin melengkung, menyebabkan diameter tidak simetris dan kurangnya pemadatan di sisi lubang.

Dalam menjalankan berbagai proyek konstruksi, perbaikan rumah, atau kerajinan tangan, pemilihan jenis drill bit yang tepat sangatlah penting. Apabila Anda sudah memahami berbagai jenis mata bor atau drill bit, ukuran, dan fungsinya maka setiap tugas bisa dilaksanakan dengan lebih efektif serta presisi.

Untuk memperoleh mata bor berkualitas, tidak ada tempat yang lebih baik untuk membelinya selain di Kawan Lama, yakni distributor peralatan perkakas yang tepercaya. Kawan Lama menyediakan beragam jenis drill bit dengan kualitas terjamin untuk memastikan Anda memiliki alat yang tepat dalam setiap kebutuhan melubangi.

Jangan ragu untuk mengunjungi Kawan Lama dan pilihlah mata bor yang sesuai tujuan penggunaan Anda. Dapatkan kepuasan maksimal dalam melaksanakan proyek dengan menggunakan jenis drill bit yang tepat dari Kawan Lama!


Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.