6 Ukuran Besi Kanal C Beserta Fungsinya yang Berbeda

ukuran besi kanal c

 Inilah 6 Standar Ukuran Besi Kanal C Beserta Fungsinya Masing-masing


Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengenai ukuran besi kanal C dan fungsinya dalam konstruksi? Besi kanal C, juga dikenal sebagai profil C, merupakan salah satu bahan bangunan yang umum digunakan dalam berbagai proyek pembangunan. Keunikan bentuknya yang menyerupai huruf "C" membuatnya menjadi pilihan yang populer di industri konstruksi. 

Umumnya, ukuran besi kanal C dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan proyek konstruksi. Dimensi yang umum digunakan mencakup tinggi, lebar, dan tebal besi kanal C yang tentu disesuaikan dengan target bangunan. 

Maka dari itu, dengan mengetahui ukuran yang sesuai, Anda akan dapat merancang struktur dengan akurat dan efisien. 

Karakteristik Besi Kanal C 

Besi kanal C memiliki sejumlah karakteristik yang membuatnya menjadi pilihan utama dalam industri konstruksi. Berikut penjelasannya: 

1. Kuat dan Kokoh 

Salah satu karakteristik utama dari besi kanal C adalah kekuatan dan kekokohannya. Bahan konstruksi ini mampu menanggung beban secara efisien dan memberikan stabilitas struktural yang tinggi. 

Kekuatan yang dimiliki besi kanal C ini menjadikannya pilihan yang ideal untuk berbagai elemen konstruksi, seperti penopang atap, rangka dinding, dan struktur pendukung lainnya.

2. Mudah Dipasang

Keunggulan lain dari besi kanal C adalah kemudahan dalam pemasangannya. Desainnya yang sederhana dan bentuk yang konsisten memudahkan kontraktor dan pekerja konstruksi untuk memotong, membentuk, dan memasangnya dengan cepat dan efisien. 

Kemudahan ini berkontribusi pada efisiensi waktu dan biaya dalam proses konstruksi, sehingga menjadikan besi kanal C sebagai pilihan yang praktis untuk berbagai proyek.

3. Tahan Karat dan Anti Rayap

Karakteristik tahan karat dan anti rayap turut membuat besi kanal C memiliki umur pakai yang panjang dan daya tahan terhadap kondisi lingkungan yang beragam. Terbuat dari bahan baja yang tahan terhadap korosi, besi kanal C dapat digunakan dalam berbagai lingkungan, termasuk yang terkena kelembaban tinggi. 

Keberlanjutan ini menjadikan besi kanal C sebagai solusi yang andal dan tahan lama dalam konstruksi, terutama di daerah-daerah dengan kondisi lingkungan yang ekstrem.

Baca juga: 5 Jenis Besi Beton yang Sering Dipakai untuk Konstruksi

Standar Ukuran Besi Kanal C dan Fungsinya 

Ukuran besi kanal C dapat bervariasi tergantung pada standar yang diterapkan dan kebutuhan spesifik proyek konstruksi. Berikut merupakan 6 ukuran besi kanal yang umum yang digunakan dan fungsinya: 

1. Standar Ukuran Besi Kanal CNP 60

Besi kanal CNP 60 dengan dimensi tinggi 60 mm, lebar 30 mm, dan ketebalan bervariasi, umumnya digunakan sebagai elemen penopang atap ringan atau rangka plafon dalam proyek konstruksi kecil hingga menengah. Ukurannya yang lebih kecil membuatnya ideal untuk aplikasi yang tidak memerlukan kekuatan struktural yang sangat tinggi.

2. Standar Ukuran Besi Kanal CNP 75

Bersama dengan dimensi tinggi 75 mm, lebar 40 mm, dan ketebalan bervariasi, besi kanal CNP 75 cocok untuk penopang atap, rangka pintu, dan jendela. Kekuatannya yang sedang menjadikannya pilihan yang baik untuk konstruksi ringan hingga sedang, memberikan stabilitas yang memadai.

3. Standar Ukuran Besi Kanal CNP 100

Besi kanal CNP 100, dengan tinggi 100 mm, lebar 50 mm, dan ketebalan bervariasi, digunakan sebagai penopang atap, rangka struktur dinding, dan konstruksi rangka yang membutuhkan daya tahan yang lebih tinggi. Ukurannya yang lebih besar memberikan kestabilan tambahan untuk proyek konstruksi yang lebih berat.

Baca juga: 6 Cara Agar Besi Tidak Berkarat

4. Standar Ukuran Besi Kanal CNP 125

Oleh karena dimensi tinggi 125 mm, lebar 65 mm, dan ketebalan bervariasi, besi kanal CNP 125 sangat ideal digunakan sebagai penopang struktur bangunan yang lebih besar, seperti konstruksi industri. Ukurannya yang besar memberikan kekuatan yang diperlukan untuk proyek konstruksi yang lebih besar dan berat.

5. Standar Ukuran Besi Kanal CNP 150

Besi kanal CNP 150, dengan tinggi 150 mm, lebar 75 mm, dan ketebalan bervariasi, cocok digunakan dalam konstruksi besar seperti gudang atau bangunan industri. Ukurannya yang besar dan kekuatannya menjadikan besi kanal CNP 150 pilihan terbaik untuk proyek konstruksi yang membutuhkan daya tahan dan stabilitas ekstra.

6. Standar Ukuran Besi Kanal CNP 200

Besi kanal CNP 200, dengan dimensi tinggi 200 mm, lebar 100 mm, dan ketebalan bervariasi, cocok untuk proyek konstruksi besar dan berat seperti struktur gedung tinggi atau infrastruktur industri skala besar. Ukurannya yang sangat besar memberikan kekuatan dan stabilitas maksimal untuk memenuhi tuntutan proyek yang besar.

Baca juga: Mengenal Arti Kode Besi Beton yang Standar SNI

Tips Memilih Besi Kanal C 

Memilih besi kanal yang tepat adalah langkah krusial dalam memastikan keberlanjutan dan keberhasilan proyek konstruksi Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih besi kanal yang sesuai dengan kebutuhan proyek:

1. Memenuhi Standar SNI

Memastikan besi kanal C memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) adalah langkah penting dalam pemilihan material konstruksi. Hal ini dikarenakan SNI menetapkan persyaratan teknis dan kualitas yang harus dipenuhi untuk memastikan keamanan struktural besi. Maka dari itu. pastikan untuk memeriksa sertifikasi dan dokumentasi yang menyatakan bahwa besi kanal tersebut sesuai dengan standar SNI terkait.

2. Pilih Toko dan Distributor Tepercaya

Memilih toko atau distributor yang tepercaya sangat penting untuk mendapatkan besi kanal C yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi yang dijanjikan. Pilihlah penyedia yang memiliki reputasi baik dan telah lama berkecimpung dalam industri konstruksi. 

Tinjau testimoni pelanggan, lakukan penelitian terhadap rekam jejak toko atau distributor, dan pastikan bahwa mereka menyediakan dokumentasi yang jelas terkait kualitas dan sertifikasi produk.

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan 

Identifikasi dengan jelas tujuan penggunaan besi kanal dalam proyek Anda. Apakah itu sebagai penopang atap, rangka dinding, atau aplikasi khusus lainnya? Pemahaman yang baik tentang kebutuhan proyek akan membantu Anda menentukan ukuran, bentuk, dan kekuatan yang dibutuhkan.

Dalam menentukan ukuran besi kanal C, pemahaman akan kebutuhan proyek konstruksi menjadi kunci utama karena perbedaan dimensi dan fungsinya. Melalui pemahaman yang baik terhadap ukuran besi kanal C, Anda juga akan dapat memilih bahan konstruksi yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi proyek Anda.

Baca juga: 8 Cara Menyepuh Besi yang Benar dan Aman

Untuk mempermudah proses pemotongan dan penggunaan besi kanal C, alat yang tepat sangat diperlukan. Kawan Lama Solution menyediakan cutter baja berkualitas tinggi yang dapat menjadi solusi ideal untuk kebutuhan pemotongan besi. Cutter baja ini dirancang dengan presisi dan daya tahan untuk menangani berbagai jenis material konstruksi, termasuk besi kanal C.

Memilih cutter baja dari Kawan Lama Solution akan membantu Anda memastikan keakuratan dan kecepatan dalam proses pemotongan, meningkatkan efisiensi kerja, dan menghasilkan hasil akhir yang memuaskan.

Hubungi Kawan Lama Solution sekarang dan temukan produk-produk berkualitas untuk mendukung kelancaran proyek konstruksi Anda.

Sumber referensi:

  • https://blog.indonetwork.co.id/mengenal-besi-kanal-c-fungsi-ukuran-dan-harga/ 
  • https://berita.99.co/seluk-beluk-besi-kanal-c/


Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.