6 Cara Agar Besi Tidak Berkarat

cara agar besi tidak berkarat

8 Cara Agar Besi Tidak Berkarat


Peralatan dapur yang terbuat dari besi jelas sangat mudah berkarat. Meskipun besi memiliki daya tahan yang kuat untuk menanggung beban berat dan dapat digunakan untuk jangka waktu panjang, tetapi karatnya akan membuat peralatan dapur jadi mudah rusak. Lalu Anda harus bagaimana? Apakah ada cara agar besi tidak berkarat dengan mudah? Tentu saja ada! 

Jangan khawatir kalau Anda harus mengganti peralatan dapur dalam rentang waktu yang singkat. Kalista ( Kawan Lama Solution Intellegent Assistance ) punya cara-cara praktis untuk menjaga besi untuk tidak mudah berkarat dan dapat digunakan dalam waktu yang panjang. Coba langsung simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Mengapa Besi Bisa Berkarat

Fenomena karat pada besi adalah hasil dari proses kimia yang melibatkan interaksi besi, oksigen, dan air. Untuk memahami mengapa besi bisa berkarat, mari kita telusuri faktor-faktor yang terlibat dalam prosesnya berikut ini.

1. Oksidasi Besi

Proses utama yang terjadi dalam pembentukan karat adalah oksidasi besi. Ketika besi terpapar oleh udara, terutama udara yang mengandung oksigen maka reaksi kimia terjadi. Besi yang teroksidasi akan berubah menjadi senyawa kimia baru yang dikenal sebagai besi oksida. Senyawa baru tersebut mengacu pada lapisan tipis yang tampak berwarna merah kecokelatan atau yang dikenal sebagai karat.

2. Kehadiran Air

Air atau kelembapan termasuk faktor kunci dalam proses pembentukan karat. Besi yang terkena air atau kelembapan pasti akan lebih rentan terhadap oksidasi. Hal ini terutama terjadi ketika besi terendam dalam air atau ketika permukaan besi tetap basah untuk waktu yang lama.

3. Pencampuran dengan Garam

Kandungan garam atau senyawa yang mengandung garam, seperti garam dapur juga dapat mempercepat proses oksidasi besi. Garam bertindak sebagai elektrolit yang memungkinkan aliran listrik dalam reaksi oksidasi sehingga membuat besi lebih mudah berkarat.

4. Keasaman

Lingkungan yang asam atau bersifat korosif juga dapat mempercepat pembentukan karat pada besi. Faktanya asam dapat merusak lapisan pelindung pada besi sehingga tidak heran kalau besi jadi lebih rentan terhadap oksidasi.

Baca Juga: 7 Cara Membersihkan Aluminium

Cara Agar Besi Tidak Berkarat

Melindungi peralatan dapur berbahan besi dari karat merupakan langkah penting untuk menjaga keamanan dan kebersihan makanan yang akan dimasak. Untungnya, ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda terapkan untuk mencegah besi berkarat. Berikut berbagai tips praktis yang dapat membantu Anda menjaga peralatan dapur berbahan besi terbebas dari karat.

1. Keringkan Peralatan Setelah Pemakaian

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah selalu mengeringkan peralatan berbahan besi setelah digunakan. Setelah mencucinya, coba gunakan kain kering atau tisu bersih untuk mengeringkan peralatan secara menyeluruh. Hal ini akan menghilangkan kelembapan yang dapat memicu proses oksidasi pada besi.

2. Hindari Pencucian yang Terlalu Keras

Gunakan cairan pencuci khusus saat mencuci peralatan berbahan besi. Anda bisa membeli cairan pembersih yang sudah didesain untuk membersihkan berbagai peralatan dapur dengan baik tanpa merusaknya. Jadi cairan pembersih tersebut tidak akan terlalu keras atau bersifat abrasif yang dapat merusak lapisan pelindung pada besi. Pastikan untuk membilasnya dengan baik setelah mencuci untuk menghindari sisa detergen yang dapat menyebabkan korosi.

Baca Juga: 5 Penyebab Karat Pada Besi

3. Menyimpan Besi dengan Baik

Cara Anda menyimpan peralatan berbahan besi juga memengaruhi proses karat. Pastikan peralatan disimpan dalam tempat yang kering dan tidak terpapar langsung oleh lingkungan yang lembap. Tidak ada salahnya juga menggunakan sarung atau penutup khusus untuk melindungi peralatan dari kelembapan.

4. Bersihkan Karat dengan Ampuh

Jika Anda menemukan tanda-tanda karat pada peralatan berbahan besi, jangan biarkan masalah ini menjadi lebih buruk. Anda dapat langsung membersihkan karat dengan menggunakan spons kawat atau ampelas halus. Setelah membersihkan karat, pastikan untuk mengeringkannya dengan baik untuk mencegah karat kembali.

5. Hindari Perendaman dalam Air

Hindari meninggalkan peralatan berbahan besi terendam dalam air untuk waktu yang lama. Air yang terus-menerus menyentuh besi dapat mempercepat proses oksidasi. Jika Anda perlu merendamnya untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel, pastikan untuk mengeringkannya dengan baik setelahnya.

6. Melapisi Besi dengan Cairan Khusus Non Logam

Besi nyatanya memang rentan terhadap karat apabila berada dalam lingkungan yang lembap. Itu sebabnya besi perlu dilapisi dengan cairan khusus tahan karat sebagai pelindung. Lapisan anti karat ini terbukti menjadi salah satu cara efektif untuk memastikan besi tidak mengalami oksidasi dengan mudah ketika terkena oksigen, air, atau asam.

7. Campur dengan Senyawa Lain

Ini juga merupakan metode umum dalam merawat besi, terutama dalam industri makanan dan kimiawi. Penambahan senyawa lain ke dalam besi dapat memperlambat dan mencegah terjadinya korosi. Salah satu contoh besi yang telah dicampur dengan bahan lain dan sering ditemui adalah stainless steel.

8. Menggunakan Proteksi Katodik

Metode ini umumnya diterapkan pada besi yang terpapar tingkat salinitas tinggi atau yang berada di bawah permukaan tanah. Prosesnya melibatkan penghubungan besi dengan magnesium atau zinc. Ketika kedua bahan ini dipadukan dengan besi, hasilnya adalah besi yang memiliki sifat antioksidasi dalam jangka waktu yang cukup lama. Tteapi, metode ini memerlukan pemeriksaan secara rutin karena diperlukan perawatan pada sambungan instalasinya.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Karat pada Besi secara Mudah

Menggunakan peralatan dapur berbahan besi memang terbilang tricky. Pada satu sisi peralatan tersebut tidak akan mudah rusak saat diberikan tekanan besar saat digunakan memasak. Kemudian pada sisi lainnya, peralatan dapur berbahan besi tersebut juga rentan mengalami karat ketika tidak dirawat dengan baik. 

Namun Anda tentunya tidak perlu khawatir lagi dengan peralatan dapur tersebut karena sudah tersedia cara-cara agar besi tidak berkarat yang sudah dijelaskan di atas. Ingatlah untuk selalu memberikan perhatian lebih dan perawatan yang tepat untuk memastikan peralatan Anda tetap tahan lama serta aman digunakan. 

Untuk memastikan Anda memiliki peralatan dapur berkualitas terbaik, tidak ada tempat yang lebih baik untuk berbelanja selain di Kawan Lama Solution. Di sini Anda akan mendapatkan tawaran peralatan dapur terbaik untuk memenuhi kebutuhan memasak.  

Tentunya kualitas peralatan dapur yang baik juga akan memberikan Anda kepercayaan diri dalam memasak dan mempersiapkan hidangan lezat. Jadi jangan ragu untuk menjaga peralatan besi Anda dan temukan lebih banyak pilihan peralatan dapur berkualitas di Kawan Lama Solution sekarang juga!

Sumber: 

  • Mengapa Besi Bisa Berkarat? Ternyata Begini Proses Munculnya Karat pada Besi - Bobo (grid.id)
  • Kenapa Besi Bisa Berkarat? (validnews.id)
  • Mengapa Besi Bisa Berkarat? Ini Alasannya! : Okezone techno
  • 4 Penyebab Besi Berkarat serta Cara Mengatasinya | Indosteger
  • Beberapa Faktor Penyebab Besi Berkarat - Teknik Jaya Component

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.