13 Cara Menata Dapur Sempit Agar Rapi dan Presisi

Cara menata dapur sempit

13 Cara Menata Dapur Sempit Agar Rapi dan Fungsional


Dapur merupakan salah satu bagian penting dalam rumah yang harus dirawat dengan baik. Namun, tidak semua orang memiliki dapur yang luas dan lapang. Bagi Anda yang memiliki dapur sempit, mungkin seringkali merasa kesulitan dalam menata ruang tersebut agar terlihat rapi dan nyaman digunakan. Tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini, kami akan memberikan 13 cara menata dapur sempit agar tetap rapi dan bersih dengan mudah!

Cara Menata Dapur Sempit yang Praktis

Di bawah ini adalah beberapa cara menata dapur sempit dengan mudah agar tetap lega, rapi, dan bersih, antara lain:

1. Pilihlah Perabotan yang Multifungsi

Dalam dapur sempit, setiap ruang harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Pilihlah perabotan seperti meja dapur yang dilengkapi dengan laci penyimpanan tambahan di bawahnya, atau kursi yang dapat digunakan juga sebagai tempat penyimpanan. Dengan memilih perabotan yang multifungsi, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan ruang yang terbatas.

2. Manfaatkan Dinding

Dinding merupakan area yang seringkali terabaikan dalam dapur. Anda dapat memanfaatkannya dengan memasang rak dinding atau gantungan untuk menyimpan peralatan dapur seperti panci, wajan, spatula, atau sendok sup. Ini tidak hanya akan membantu menghemat ruang di lemari, tetapi juga membuat peralatan dapur lebih mudah dijangkau saat Anda membutuhkannya.

Baca juga: 15 Alat Masak yang Wajib Ada di Dapur Anda

3. Gunakan Rak Gantung di Langit-Langit

Jika ruang dinding terbatas atau sudah terpakai penuh, Anda dapat memanfaatkan langit-langit dengan memasang rak gantung. Rak gantung ini dapat digunakan untuk menyimpan peralatan masak yang jarang digunakan seperti panci besar atau alat memanggang. Dengan demikian, Anda tidak perlu menyita ruang di lemari atau di dinding.

4. Pilih Peralatan Dapur dengan Ukuran yang Sesuai

Penting untuk memilih peralatan dapur yang memiliki dimensi yang pas dengan ukuran dapur Anda. Misalnya, jika dapur Anda sempit, pilihlah kompor atau oven yang tidak terlalu besar. Hal ini akan membantu menghindari penumpukan dan membuat ruang dapur terlihat lebih teratur.

5. Simpan Barang Sesuai Kegunaan

Agar lebih efisien saat memasak, susun barang-barang sesuai dengan kegunaannya. Misalnya, letakkan alat memasak seperti spatula dan sendok di dekat kompor, sedangkan alat makan seperti piring dan sendok garpu letakkan di dekat area makan. Dengan menyusun barang sesuai kegunaannya, Anda tidak perlu bingung mencari perlengkapan saat memasak.

6. Gunakan Organizer Laci

Laci-laci dapur seringkali menjadi tempat yang berantakan karena barang-barang yang tidak tersusun dengan baik. Untuk mengatasi hal ini, gunakanlah organizer laci yang dapat membantu Anda menyusun peralatan dapur dengan lebih teratur. Dengan menggunakan organizer laci, Anda dapat memaksimalkan penggunaan ruang di dalam laci dan membuatnya lebih mudah dijangkau.

7. Pilih Warna Cerah untuk Cat Dapur

Warna cat dapur dapat memengaruhi kesan ruangan secara keseluruhan. Untuk dapur sempit, pilihlah warna cat yang cerah seperti putih, krem, atau pastel. Warna-warna cerah ini dapat menciptakan kesan ruangan yang lebih luas dan terang, sehingga membuat dapur terlihat lebih nyaman dan menyenangkan untuk digunakan.

8. Manfaatkan Sela-Sela

Sela-sela antara perabotan atau di bawah meja seringkali menjadi tempat yang terabaikan dalam dapur. Manfaatkanlah sela-sela tersebut dengan menyimpan barang-barang kecil seperti spatula, sendok, atau gantungan handuk. Dengan memanfaatkan sela-sela tersebut, Anda dapat menghemat ruang di lemari dan membuat dapur terlihat lebih rapi.

Baca juga: 13 Alat Kebersihan yang Wajib Dimiliki di Rumah Anda

9. Gunakan Cermin

Meletakkan cermin di dinding dapur dapat menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. Selain itu, cermin juga dapat membantu memantulkan cahaya sehingga membuat dapur terlihat lebih terang dan cerah. Pilihlah cermin dengan ukuran dan bentuk yang sesuai dengan ruang dapur Anda untuk menciptakan efek yang maksimal.

10. Buang Barang yang Tidak Perlu

Dapur sempit memerlukan pengelolaan ruang yang cermat. Jadi, jangan ragu untuk membuang barang-barang yang tidak lagi diperlukan atau sudah rusak. Hal ini akan membantu mengurangi penumpukan barang dan membuat dapur terlihat lebih rapi dan teratur.

11. Susun Barang secara Vertikal

Untuk menghemat ruang di dapur, susunlah barang-barang seperti cutting board dan alat makan secara vertikal. Anda dapat menggunakan rak tambahan atau gantungan di dinding untuk menyusun barang-barang secara vertikal. Dengan mengatur barang secara vertikal, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan ruang di dapur Anda.

12. Manfaatkan Pintu Lemari

Pintu lemari dapur seringkali tidak terpakai dengan maksimal. Manfaatkanlah pintu lemari dengan memasang gantungan atau rak tambahan untuk menyimpan barang-barang kecil seperti sendok, spatula, atau kunci pembuka botol. Dengan memanfaatkan pintu lemari, Anda dapat menghemat ruang di dalam lemari dan membuat barang-barang lebih mudah dijangkau.

13. Selalu Jaga Kebersihan

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, selalu jaga kebersihan dapur Anda. Dapur yang bersih akan terlihat lebih rapi dan teratur. Selalu bersihkan dapur setelah digunakan dan buang sampah secara teratur. Dengan menjaga kebersihan dapur, Anda juga akan merasa lebih nyaman dan senang berada di dalamnya.

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Tempat Sampah dengan Benar

Dengan menerapkan 13 cara menata dapur sempit di atas, Anda dapat membuatnya tetap rapi dan bersih. Tentu bagi yang Anda yang memiliki dapur sempit, menata ruangan tersebut agar tetap rapi dan bersih bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan menerapkan beberapa tips dan trik yang telah dibahas di atas, Anda dapat mengatasi keterbatasan ruang dan membuat dapur sempit Anda menjadi tempat yang nyaman dan fungsional.

Penting untuk diingat bahwa menata dapur sempit bukan hanya tentang efisiensi ruang, tetapi juga tentang estetika. Memilih perabotan dan peralatan dapur yang sesuai dengan dimensi dan warna ruangan dapat membuat dapur terlihat lebih harmonis dan menarik secara visual. Warna cat yang cerah, perabotan multifungsi, dan penggunaan cermin untuk menciptakan ilusi ruang adalah beberapa contoh cara untuk menciptakan dapur yang cantik dan menyenangkan untuk digunakan.

Namun, dengan banyaknya pilihan peralatan dapur yang ada di pasaran, Anda mungkin merasa bingung dalam memilih yang terbaik untuk dapur Anda. Di sinilah Kawan Lama Solution dapat membantu. Kawan Lama Solution menyediakan berbagai macam pilihan alat dapur berkualitas tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Dengan memilih peralatan dapur yang tepat, Anda dapat membuat dapur sempit Anda menjadi lebih fungsional dan estetis.

Jangan ragu untuk mengunjungi situs web Kawan Lama Solution dan melihat berbagai macam pilihan alat dapur yang kami tawarkan. Anda dapat menata dapur sempit dengan lebih efisien dan membuatnya menjadi ruangan yang menyenangkan untuk digunakan setiap hari.

Jadi, jangan menunda lagi, buat dapur rumah Anda senyaman mungkin dengan alat dapur terbaik dari Kawan Lama Solution!

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.