5 Cara Memasang Face Shield yang Benar Sesuai Ketentuan

cara memasang face shield

5 Cara Memasang Face Shield yang Benar Sesuai Panduan


Memahami bagaimana cara memasang face shield dengan benar sangat penting untuk melindungi diri dari paparan droplet dan partikel udara yang dapat membawa virus. Face shield dapat menjadi pelindung tambahan untuk mencegah penyebaran droplet dan partikel udara yang berpotensi membawa virus. 

Salah satu kunci keefektifan face shield terletak pada cara pemasangannya. Oleh karena itu, memahami cara yang tepat untuk memasang face shield akan membantu memastikan perlindungan maksimal bagi penggunanya.

Sebelum mencari tahu bagaimana cara memasang face shield dengan benar, yuk simak beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan face shield. Yuk simak selengkapnya di bawah ini. 

5 Cara Memasang Face Shield dengan Benar

Pemasangan face shield dengan benar sangat penting untuk memastikan perlindungan maksimal terhadap penggunanya. Langkah-langkah yang tepat dalam memasang face shield akan memastikan bahwa alat pelindung ini berfungsi secara efektif dalam mencegah paparan droplet dan partikel udara yang berpotensi membawa virus. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara memasang face shield dengan benar.

1. Persiapan Sebelum Memasang

Sebelum Anda memasang face shield, sangat penting untuk mempersiapkan diri dengan baik. Pastikan tangan Anda bersih dengan mencucinya terlebih dahulu secara menyeluruh menggunakan sabun dan air selama setidaknya 20 detik. Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol dengan konsentrasi minimal 60%. 

Kebersihan tangan yang baik akan membantu mencegah transfer kuman dan virus ke wajah Anda saat memasang face shield, serta menjaga lingkungan kerja atau situasi di mana face shield digunakan tetap steril.

2. Menentukan Posisi yang Tepat

Ketika Anda siap memasang face shield, pegang dengan lembut menggunakan kedua tangan. Posisikan headband atau bagian yang didesain untuk diletakkan di dahi secara tepat. Pastikan face shield diletakkan dengan benar sehingga memberikan penutupan yang baik di sekitar wajah Anda. Posisi yang tepat akan memastikan tidak ada celah antara wajah Anda dan pinggiran face shield, yang dapat menyebabkan droplet atau partikel udara masuk.

3. Memastikan Penutupan yang Rapat

Setelah Anda menentukan posisi yang tepat untuk face shield, pastikan alat pelindung ini menutupi seluruh wajah Anda dengan rapat. Periksa setiap sisi dari bagian atas dahi hingga bawah dagu untuk memastikan tidak ada celah yang memungkinkan masuknya droplet atau partikel udara ke dalam ruang antara face shield dan wajah Anda. Penutupan yang rapat akan memberikan perlindungan maksimal terhadap paparan potensial dari lingkungan sekitar.

4. Menyesuaikan Karet Pengikat

Salah satu langkah penting dalam memasang face shield adalah menyesuaikan karet pengikat di bagian belakang kepala. Pastikan karet pengikat tidak terlalu longgar atau terlalu ketat. Kedua pilihan tersebut dapat menyebabkan ketidaknyamanan selama penggunaan face shield. 

Sebaliknya, pastikan karet pengikat cukup kencang untuk menjaga face shield tetap dalam posisi yang benar dan tidak mudah terlepas. Namun, pastikan juga karet pengikat tidak menyebabkan tekanan berlebih pada kepala Anda.

5. Periksa Kembali Keamanan dan Kenyamanan

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, periksa kembali face shield untuk memastikan terpasang dengan benar dan memberikan perlindungan maksimal. Pastikan face shield tidak terlalu longgar atau terlalu ketat, dan tidak ada bagian yang mengganggu penglihatan atau pernafasan Anda. Pastikan juga Anda tetap merasa nyaman selama memakai face shield dalam jangka waktu yang lama, jika diperlukan.

Baca juga: 5 Jenis Kacamata Keselamatan Kerja Beserta Fungsinya

Mengapa Harus Menggunakan Face Shield?

Dalam situasi pandemi, penggunaan face shield menjadi salah satu langkah penting dalam upaya mencegah penyebaran virus, terutama virus yang menyebar melalui droplet udara seperti virus corona. Face shield tidak hanya memberikan perlindungan tambahan bagi Anda, tetapi juga memiliki beberapa alasan mengapa penggunaannya sangat dianjurkan. Simak berbagai alasannya berikut ini. 

1. Perlindungan Tambahan Terhadap Droplet dan Partikel Udara

Penggunaan face shield memberikan perlindungan tambahan terhadap droplet dan partikel udara yang mungkin terkontaminasi virus. Saat berinteraksi dengan orang lain di tempat umum, terutama dalam situasi di mana jarak sosial sulit dipertahankan, risiko terpapar droplet yang dapat membawa penyakit seperti COVID-19 meningkat. 

Berkat face shield, peluang kontak langsung dengan droplet tersebut dapat diminimalisasi, serta memberikan lapisan perlindungan tambahan bagi penggunanya.

2. Melindungi Mata dari Paparan Langsung

Selain melindungi wajah dari droplet dan partikel udara, penggunaan face shield juga membantu melindungi mata dari paparan langsung. Mata adalah salah satu saluran masuk utama bagi virus, dan menghindari kontak langsung dengan mata dapat mengurangi risiko terinfeksi. Face shield menutupi seluruh wajah hingga bawah dagu, termasuk area sekitar mata, sehingga memberikan penghalang fisik yang efektif terhadap paparan langsung.

3. Meminimalisasi Risiko Penularan dari Pengguna yang Terinfeksi

Face shield juga berperan dalam meminimalisasi risiko penularan dari pengguna yang terinfeksi. Meskipun masker wajah dapat membantu dalam mencegah penyebaran droplet saat seseorang batuk atau bersin, namun tetap ada kemungkinan droplet yang terlempar ke arah samping atau bawah masker. Saat menggunakan face shield, droplet yang mungkin terlempar dapat tertahan dan tidak langsung bersentuhan dengan orang lain di sekitar.

4. Meningkatkan Persepsi Keselamatan di Tempat Umum

Keberadaan face shield juga dapat meningkatkan persepsi keselamatan di tempat umum. Baik bagi pengguna maupun orang lain di sekitarnya, melihat seseorang menggunakan face shield dapat memberikan rasa percaya diri dan nyaman dalam situasi di mana interaksi sosial tidak dapat dihindari. Hal ini juga dapat memotivasi orang lain untuk mengikuti langkah-langkah perlindungan yang sama, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan bersama.

5. Fleksibilitas Penggunaan dalam Berbagai Situasi

Face shield menawarkan fleksibilitas penggunaan dalam berbagai situasi. Dibandingkan dengan masker kain yang perlu diganti secara berkala, face shield umumnya dapat digunakan lebih lama dengan membersihkannya secara teratur. Selain itu, face shield juga dapat digunakan bersamaan dengan masker untuk memberikan perlindungan maksimal, terutama dalam situasi di mana risiko paparan tinggi seperti di fasilitas kesehatan atau transportasi umum.

Baca juga: 5 Fungsi Ear Muff dan Manfaatnya untuk Keselamatan Kerja

Memahami bagaimana cara memasang face shield dengan benar merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan dan keamanan diri, terutama di tengah situasi pandemi saat ini. Melalui persiapan yang baik sebelum memasang hingga memeriksa kembali keamanan dan kenyamanan, Anda dapat memastikan face shield memberikan perlindungan maksimal terhadap paparan potensial dari lingkungan sekitar.

Untuk memperoleh face shield berkualitas, Anda dapat membelinya di Kawan Lama Solution. Kunjungi website kami sekarang untuk melihat berbagai pilihan face shield yang tersedia dan pastikan untuk melindungi diri Anda dan orang-orang di sekitar.

Jangan menunda lagi, lindungi diri Anda dan beli face shield sekarang juga di Kawan Lama Solution!

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.