Alat Pembuka Ban Mobil: Fungsi Dan Cara Kerjanya

Alat Pembuka Ban Mobil, Fungsi, serta Cara Kerjanya

Alat Pembuka Ban Mobil: Fungsi Dan Cara Kerjanya


Meskipun terlihat sederhana, ban memiliki peran yang sangat vital dalam kinerja dan keselamatan kendaraan. Namun, dalam beberapa situasi, seperti pergantian atau perbaikan ban, Anda perlu mengandalkan alat khusus yang dikenal sebagai alat pembuka ban mobil untuk membantu dalam proses tersebut. 

Dalam artikel ini, Kawan Lama Sejahtera akan membahas secara mendalam tentang berbagai jenis alat pembuka ban mobil yang umum digunakan, serta langkah-langkah rinci tentang cara melepas ban mobil dengan aman dan efektif.  Jadi, pastikan Anda membaca informasinya hingga akhir berikut ini.


Alat Pembuka Ban Mobil

Dalam dunia otomotif, alat pembuka ban mobil merupakan peralatan yang penting untuk mengatasi situasi darurat atau rutin terkait ban kendaraan. Berikut adalah beberapa jenis alat pembuka ban mobil yang umum digunakan dan fungsinya:


1. Kunci Roda (Lug Wrench)

Kunci roda, atau lug wrench, merupakan alat penting dalam proses melepas dan mengencangkan baut roda pada kendaraan. Alat ini memiliki pegangan yang ergonomis dan biasanya dilengkapi dengan berbagai ukuran kepala yang sesuai dengan ukuran baut roda. Fungsinya adalah untuk memberikan momen torsi yang cukup saat membuka atau mengencangkan baut roda, sehingga memastikan roda terpasang dengan aman dan kuat.


2. Dongkrak Mobil (Car Jack)

Dongkrak mobil adalah alat yang digunakan untuk mengangkat bagian kendaraan dari permukaan tanah. Fungsinya sangat penting ketika Anda perlu melepas ban atau melakukan perbaikan di bawah kendaraan. 

Terdapat beberapa jenis dongkrak mobil, termasuk dongkrak botol dan dongkrak gunting yang dapat dioperasikan dengan tangan atau menggunakan alat bantu secara mudah. Penggunaan yang benar dari dongkrak sangat krusial untuk menjaga keselamatan, namun Anda tetap perlu memastikan kendaraan stabil setelah diangkat.


Baca Juga: 12 Jenis-jenis Gergaji beserta Fungsi Khususnya Masing-masing


3. Kunci L

Kunci L, atau tire iron, adalah alat serbaguna yang digunakan dalam proses melepas baut atau mur roda. Bentuknya yang mirip huruf L memungkinkan pengguna untuk menghasilkan momen torsi yang cukup besar. 

Alat ini biasanya memiliki dua ujung dengan ukuran yang berbeda, satu untuk membuka baut roda dan yang lainnya untuk membuka tutup baut roda. Fungsinya mencakup membantu melepas baut roda serta memudahkan akses ke berbagai komponen terkait roda.


4. Wheel Cover Removal Tool

Penutup ban adalah aksesori pelindung yang umum ditemui pada roda kendaraan. Penutup ban removal tool adalah alat yang membantu Anda melepas penutup ban dengan cermat tanpa merusaknya. 

Alat ini biasanya memiliki tepi yang halus dan tidak tajam, sehingga tidak akan merusak atau menggores permukaan penutup ban saat melepasnya. Fungsinya adalah memastikan penutup ban dapat dilepas dengan aman dan dapat dipasang kembali tanpa masalah.


5. Tire Bead Breaker

Pemecah segel ban atau tire bead breaker adalah alat yang diperlukan ketika Anda perlu melepas ban dari velg. Fungsinya tentu adalah memecahkan segel yang terbentuk antara ban dan velg, sehingga memudahkan proses pelepasan ban. 

Pemecah segel ban sering digunakan dalam situasi di mana ban sangat sulit dilepas, seperti pada ban yang telah lama menempel pada velg. Alat ini dapat diatur sesuai dengan ukuran ban yang berbeda dan memudahkan pekerjaan dalam mengganti atau memperbaiki ban.


Baca Juga: 6 Cara Perawatan Mesin Gerinda agar Tahan Lama


Cara Melepas Ban Mobil dengan Alat Pembuka Ban


Setelah memahami jenis-jenis alat pembuka ban mobil dan fungsinya, langkah-langkah melepas ban menggunakan alat ini untuk melepas ban mobil dengan aman dapat diuraikan sebagai berikut:


1. Parkir Kendaraan dengan Aman

Langkah pertama adalah memastikan kendaraan berada dalam posisi yang aman sebelum melakukan proses melepas ban. Pastikan kendaraan berada di permukaan yang datar dan stabil, serta aktifkan rem tangan untuk mencegah pergerakan tak terduga.


2. Gunakan Dongkrak Mobil

Dongkrak mobil diperlukan untuk mengangkat kendaraan dari tanah. Pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan dongkrak dengan teliti. Letakkan dongkrak pada titik yang rusak di mana seringkali terdapat pada bagian bawah kendaraan dan pompa dongkrak hingga kendaraan terangkat dari tanah.


3. Lepaskan Penutup Ban (Jika Ada)

Jika kendaraan Anda dilengkapi dengan penutup ban, gunakan penutup ban removal tool untuk melepas penutup dengan hati-hati. Hindari menggores atau merusak penutup saat melepasnya.


4. Gunakan Kunci L untuk Membuka Baut Roda

Ambil kunci L yang sesuai dengan ukuran baut roda kendaraan Anda. Tempatkan kunci pada baut roda dan gunakan tenaga yang cukup untuk membuka baut tersebut. Jika baut terlalu sulit dibuka, Anda mungkin perlu menggunakan perpanjangan pada kunci L yang lebih kuat.


5. Lepaskan Ban dari Velg

Setelah baut roda terlepas, Anda dapat menggunakan pemecah segel ban untuk memecahkan segel antara ban dan velg. Hal ini akan memudahkan Anda dalam melepas ban dari velg. Pastikan untuk bekerja perlahan dan dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan pada ban atau velg.


6. Pasang Ban Pengganti (Jika Diperlukan)

Jika Anda melepas ban untuk pergantian atau perbaikan, saatnya memasang ban pengganti. Pasang ban baru pada velg dan perlahan kencangkan baut roda menggunakan kunci L. Pastikan baut-baut roda terpasang dengan rapat sebelum Anda menurunkan kendaraan dari dongkrak.


Baca Juga: Ketahui Apa Itu Refrigerant, Jenis dan Cara Kerjanya


7. Turunkan Kendaraan dengan Aman

Kendaraan perlu diturunkan dengan hati-hati setelah Anda selesai melakukan perbaikan. Lepaskan tekanan pada dongkrak perlahan-lahan dan kendaraan kembali ke tanah dengan aman. Setelah itu, periksa kembali kekencangan baut roda menggunakan kunci L.


Alat pembuka ban mobil memiliki peran yang sangat penting dalam perawatan dan perbaikan kendaraan. Mengetahui berbagai jenis alat ini dan cara penggunaannya adalah langkah pertama dalam menghadapi situasi terkait ban kendaraan Anda. 

Penting untuk mengikuti petunjuk penggunaan dengan saksama dan selalu menjaga keamanan saat menggunakan alat pembuka ban. Melalui pemahaman yang benar tentang alat pembuka ban mobil dan cara menggunakannya, Anda dapat mengatasi masalah ban dengan lebih percaya diri dan efisien.  

Mengingat pentingnya peran ban dalam keselamatan dan keamanan berkendara, melengkapi seluruh alat-alat di atas adalah langkah penting yang akan memberikan kenyamanan selama di jalan. Hal tersebut tentu perlu diwujudkan dengan produk yang berkualitas sehingga selain perbaikan dapat berjalan lancar, Anda juga dapat menggunakan alat dalam jangka waktu lama.


Itu sebabnya Kawan Lama Sejahtera hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda terhadap alat perbaikan ban yang berkualitas dan tentunya lengkap. Berkomitmen terhadap kualitas dan pelayanan, Kawan Lama Sejahtera memberikan Anda solusi terbaik terhadap kebutuhan alat perbaikan ban hingga produk-produk industri lainnya.

Melalui alat yang tersedia di Kawan Lama Sejahtera ini, Anda juga bisa membuka bengkel dengan alat unggulan dan lengkap untuk membantu segala permasalahan mobil. Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Kawan Lama Sejahtera sekarang juga dan lengkapi kebutuhan peralatan hanya dengan yang berkualitas di sini!


Sumber:

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/alat-bongkar-pasang-ban-mobil#:~:text=Dongkrak%20berfungsi%20untuk%20mengangkat%20salah,yang%20bannya%20akan%20Anda%20ganti.

https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/daftar-alat-bongkar-pasang-ban-mobil-agar-lebih-mudah-and-cepat/

https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/8-cara-mengganti-ban-mobil-sendiri-dengan-benar/

https://www.qoala.app/id/blog/gaya-hidup/otomotif/cara-mengganti-ban-mobil/ 

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.