6 Tips Membeli Genset Agar Tidak Salah Beli

tips membeli genset

6 Tips Membeli Genset Agar Tidak Salah Beli


Genset jadi kebutuhan industri. Namun, perhatikan dulu kebutuhan dan kualitasnya sebelum membeli. Generator Set atau yang akrab disebut genset menjadi sumber energi listrik yang biasanya digunakan untuk berbagai macam kebutuhan industri. Maka, mesin ini menjadi mesin yang wajib dimiliki oleh setiap industri agar ketika listrik padam, aktivitas produksi masih tetap bisa berlangsung.

Sebagai kebutuhan yang dianggap krusial, maka pemilihan genset pun perlu diperhatikan, agar dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Sebelum membeli genset ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini merupakan penjelasan seputar tips dalam memilih genset yang berkualitas.


Apa Saja Manfaat Genset?

Sebelum mengetahui beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum membeli genset, ada baiknya Anda mengetahui manfaat memiliki genset untuk kebutuhan daya listrik, diantaranya sebagai berikut.


1. Sebagai Alat Cadangan Kebutuhan Listrik

Salah satu manfaat utama dari genset adalah kemampuannya sebagai penyimpan energi cadangan. Dengan mengumpulkan energi ini, mesin genset dapat diaktifkan saat terjadi pemadaman listrik baik secara periodik maupun dalam durasi yang lebih lama. Pemanfaatan energi yang efisien ini dapat berkontribusi pada inovasi lingkungan yang lebih baik.


2. Untuk Menyediakan Cadangan Listrik di Tempat Penting

Manfaat kedua adalah menyediakan sumber listrik cadangan di tempat penting misalnya rumah sakit, mall, pabrik, atau perkantoran. Dengan hadirnya genset, ini dapat menjadi solusi dalam menghadapi situasi darurat atau keadaan mendesak di tempat-tempat tersebut. Selain itu, genset juga memungkinkan pengoperasian peralatan harus didukung oleh tenaga listrik.


3. Untuk Menyediakan Cadangan Listrik Rumah Tangga yang Terkena Bencana Alam

Genset juga bisa dimanfaatkan untuk menyediakan pasokan listrik bagi pemukiman yang terdampak oleh bencana alam. Dengan menggunakan genset, situasi menjadi lebih aman.


Baca Juga: 3 Cara Ini Bikin Alat Injector Cleaner Tetap Awet


Bagaimana Tips Membeli Genset?

Setelah mengetahui manfaat dari penggunaan genset, Anda perlu memperhatikan metode dan tip terbaik dalam membeli genset untuk penggunaan sehari-hari. Tips ini juga berdampak langsung pada harga jual genset. Tidak menjadi masalah jika harganya tinggi, asalkan genset tersebut memiliki kualitas yang baik.


1. Perhatikan Tipe Genset

Secara umum genset memiliki 2 tipe yaitu silent dan open. Tipe Silent biasanya tidak menghasilkan kebisingan atau mempunyai tingkat desibel yang relatif rendah karena dilengkapi dengan peredam suara, genset ini cocok digunakan di bank, ruko, kantor, rumah sakit, restaurant, perhotelan. Sementara untuk tipe Open biasanya cocok digunakan di pabrik dengan penempatan outdoor, pabrik genset ini memiliki tingkat kebisingan yang tinggi.


2. Perhatikan Tipe Mesin Genset

Mesin yang digunakan dalam genset memiliki dua kategori, yaitu mesin 2 tak dan mesin 4 tak. Seperti yang diketahui bahwa mesin 4 tak dianggap lebih baik. Mesin 4 tak ini dapat meningkatkan kinerja genset dan menjadikan pasokan listrik lebih stabil yaitu hingga 10.000 watt.


Baca Juga: Gangguan Ini Sering Terjadi Pada Kompresor, Perhatikan 5 Cara Tepat Perawatannya


3. Ketahui Daya Kekuatan yang Dibutuhkan

Sebelum membeli genset, baiknya tentukan dulu peralatan apa saja yang akan digunakan saat menyalakan genset, misalkan lampu, kulkas, AC, mesin dan lainnya. Kemudian hitung total daya listrik yang dibutuhkan.


4. Pilih Genset yang memiliki Garansi dan ketersediaan Sparepart

Pastikan juga membeli genset di tempat yang memiliki garansi dan ketersediaan sparepart atau suku cadang yang orisinil, sehingga saat genset rusak, anda tidak perlu bingung mencari sparepart genset tersebut.


5. Pertimbangkan Soal Bahan Bakar

Masing-masing genset biasanya memiliki bahan bakar yang berbeda-beda. Macam-macam bahan bakar genset biasanya adalah propana, bensin, ataupun solar. Pilihlah genset dengan bahan bakar yang bisa dengan mudah didaptakan, sehingga nantinya tidak kerepotan mencari sumber bahan bakar saat perlu menyalakan genset.


Baca Juga: Ini 5 Alasan Mengapa Anda Perlu Kalibrasi Alat Ukur

6. Pilihlah Tempat Penjualan Generator Terpercaya dan Mempunyai Kualitas Purna Jual Andal


Pastikan pelayanan purna jual genset baik dan ketersediaan sparepart yang lengkap jika membutuhkan perbaikan, sehingga genset tetap terawat dengan baik.

Nah, demikian tips untuk memilih genset. Untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang berbagai jenis genset, bisa langsung kunjungi www.kawanlama.com.

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.