IoT Welding Solution: Monitoring Pemakaian Mesin Las untuk Tingkatkan Produktivitas

IoT Welding, pengelasan, mesin las, Aotai,

IoT Welding Solution: Monitoring Pemakaian Mesin Las untuk Tingkatkan Produktivitas


Welding (pengelasan) adalah bagian penting dari proses fabrikasi logam. Namun, ada beragam masalah yang dapat timbul dari pengelolaan mesin las. Beberapa masalah paling umum yang terjadi adalah saat proses pengelasan, seperti tidak termonitornya penggunaan mesin las yang berada di lapangan dan penyalahgunaan mesin las (untuk pekerjaan lain), sehingga mengakibatkan kerusakan pada mesin las yang tidak diketahui penyebabnya.


Kondisi seperti ini tentunya akan berujung pada kerugian perusahaan. Maka, dibutuhkan sebuah solusi untuk menangani masalah yang terjadi. Di era Industry 4.0, solusi yang mengandalkan sistem Internet of Things (IoT) menjadi sebuah jalan keluarnya. IoT dapat memberikan dampak yang signifikan dan sangat positif pada industri manufaktur.

Menurut sebuah studi oleh MPI Group, 46% welder memiliki peluang yang sangat bagus untuk memanfaatkan IoT. IoT memiliki potensi untuk meningkatkan hampir setiap aspek di dalam industri manufaktur. Dengan adanya sistem IoT ragam benefit bisa diperoleh, seperti dapat menyimpan peraturan prosedur pengelasan terbaru, mengelola dan memperbarui kualifikasi welder, memberikan peningkatan kontrol kualitas, memverifikasi kualitas produk, mendeteksi dan memesan bahan yang habis pakai dan gas, dan memberikan bantuan manajemen proyek pengelasan.


Apa Itu Internet of Things (IoT) pada Welding?


Dalam memenuhi kebutuhan customer, Kawan Lama menyediakan sebuah solusi berbasis IoT, yaitu IoT Welding Solution. Solusi ini dihadirkan untuk mendapatkan visibilitas dalam penggunaan mesin-mesin las yang terdapat di customer sehingga user bisa melihat detail dari pemakaian aset (mesin las) mereka.

IoT Welding Solution merupakan inovasi PT Kawan Lama Sejahtera yang menggabungkan pengelasan berkualitas dengan solusi Internet of Things (IoT). Produktivitas dan efisiensi dapat ditingkatkan dengan mengambil data melalui perangkat yang dihubungkan dengan mesin las.


Baca Juga: 5 Tips Material Handling yang Efektif dan Aman di Tempat Kerja


Apa Saja Manfaat IoT Welding Solution?

Jika digambarkan secara komprehensif seperti gambar diatas, maka berikut adalah beberapa fitur utama dalam IoT Welding Solution yang memberikan banyak manfaat mulai dari efisiensi hingga produktivitas, diantaranya:


1. Power consumption monitor

Dengan mengukur pemakaian arus dan voltase yang dari sebuah mesin, daya yang terpakai dari mesin tersebut bisa diukur. Daya yang terukur sudah mencakup daya semu, daya nyata sekaligus daya reaktif dari mesin tersebut, sehingga pemakaian listrik bisa diketahui secara langsung.


2. Usage duration monitor

Pemakaian dari mesin las bisa dilihat dengan lamanya durasi mesin tersebut dalam kondisi mati, idle (tidak jalan), dan running (sedang dipakai). Dengan termonitornya kondisi pemakaian mesin, efektivitas dan efisiensi mesin bisa dilacak setiap harinya.


3. Consumables calculator

Dalam penggunaan mesin las, dibutuhkan Consumables berupa Stick Las (Welding Rod), Kawat Las (Welding Wire), dan Shielding Gas tergantung dari jenis mesin las. Consumables yang terpakai bisa diestimasikan melalui energi yang sudah terpakai oleh mesin las tersebut, sehingga pemakaian aktual bisa dibandingkan dengan hasil perhitungan consumable.


4. Positioning tracking

Mesin las gampang berpindah tempat dikarenakan lokasi pengelasan berbeda-beda. Mesin las dengan IoT dilengkapi dengan GPS agar bisa diketahui bilamana mesin las tersebut digunakan sesuai dengan lokasi yang sudah ditentukan untuk pekerjaan operator tersebut.


5. Comprehensive reporting

Data-data yang terkumpul dapat dirangkum dalam sebuah laporan yang bisa ditarik oleh user dari online dashboard yang tersedia. Laporan yang dihasilkan dapat membantu user dalam mengurangi beban kerja operasional maupun administratif. Laporan dapat dijadikan sebagai referensi dalam mempertimbangkan konsumsi energi dan, mengecek efisiensi pekerjaan yang sudah terjadi.


6. Online dashboard

User bisa memonitor kondisi mesin dalam sebuah online dashboard yang bisa diakses melalui internet. Dashboard tersebut akan menunjukkan data secara real-time, sehingga kondisi aktual yang terjadi pada mesin las yang terpasang IoT bisa segera diketahui.


7. Safety warning

Kondisi abnormal yang dideteksi oleh modul IoT akan secara otomatis terlihat dalam online dashboard. Jika kondisi abnormal tersebut ingin segera diketahui oleh user, Sistem dapat diatur untuk mengirimkan sebuah notifikasi dalam bentuk Email maupun SMS kepada user.


Apa Saja Benefit Lainnya dari Internet of Things (IoT) Welding Solution?

Setelah melihat fitur di atas, IoT welding Solution memberikan banyak keuntungan. Dengan kemampuan untuk menangkap data, membuat solusi ini menjadi sebuah strategi dalam pengelolaan mesin las. Hal ini menjadi dasar untuk perbaikan prosedural sehingga dapat memaksimalkan kinerja mesin las untuk meningkatkan produktivitas pengelasan dan kualitas las. Benefit lainnya yang didapatkan di antaranya:


1. Membantu perencanaan biaya operasional 

Dengan diketahuinya pemakaian energi pada setiap mesin welding, cost beban listrik yang berhubungan murni dengan kegiatan welding secara spesifik dapat diidentifikasi. Apabila dikaitkan data lainnya seperti volume atau besarnya suatu proyek, maka beban cost listrik untuk proyek lainnya dapat diestimasi.


2. Meningkatkan produktivitas penggunaan mesin welding

Apabila kita mengetahui pemakaian mesin las setiap hari, maka efektivitas produksi harian bisa lebih ditingkatkan bila mesin tidak sepenuhnya terpakai.


3. Mendeteksi permasalahan pada mesin  

Permasalahan yang terjadi pada mesin akan terdeteksi melalui notifikasi yang bisa dikirimkan via SMS atau email kepada user, sehingga dapat dilakukan tindakan lebih lanjut untuk mencegah kerusakan yang berkelanjutan.


4. Membantu perencanaan stok consumable mesin

Adanya fitur estimasi consumables yang telah terpakai, inventory planning dapat lebih mudah untuk dijalankan, sehingga produksi bisa berjalan tanpa gangguan kehabisan consumables.


5. Mengetahui lokasi keberadaan mesin dengan mudah

History maupun lokasi terakhir mesin bisa diketahui sehingga pencarian bisa dilakukan dengan mudah, sehingga penggunaan mesin las bisa dipastikan sesuai dengan work order operator mesin las.


IoT Welding Solution membantu perusahaan manufaktur untuk memaksimalkan produktivitas dengan mengurangi waktu kerja produksi, mengurangi biaya, dan meminimalisir pemborosan. Selain IoT Welding Solution, kami juga menyediakan solusi berbasis IoT lainnya. Untuk meningkatkan performa bisnis Anda, silakan konsultasikan masalah Anda kepada sales consultant Kawan Lama sekarang!

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.