6 Tanda Mesin Mobil Bermasalah yang Perlu Segera Anda Tangani

tanda mesin mobil bermasalah

6 Tanda Mesin Mobil Bermasalah yang Perlu Segera Anda Tangani


Memahami tanda-tanda mesin mobil bermasalah termasuk langkah penting untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. Itu sebabnya Anda perlu belajar tanda seperti apa saja yang memiliki arti aus, kerusakan, atau bahaya lainnya.

 

Sebenarnya Anda bisa menghindari semua masalah tersebut dengan melakukan perawatan berkala yang dianjurkan oleh pabrikan mobil. Biasanya ada periode waktu tertentu yang harus diikuti supaya kinerja mesin mobil tetap responsif dan mampu digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

 

Jadi jangan hanya membawa mobil ke bengkel hanya saat ada masalah saja. Jauh lebih baik kalau Anda melakukan servis meskipun tidak ada masalah atau keluhan pada mobil. Tentunya ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan ketika melakukan hal ini. Penasaran? Simak informasi dalam artikel ini sampai akhir!

Manfaat Merawat Mesin Mobil secara Berkala

Merawat mesin mobil secara berkala memiliki banyak manfaat yang tidak boleh diabaikan. Mulai dari memperpanjang umur mesin hingga mengoptimalkan seluruh kinerja mesin, semuanya termasuk dalam manfaat merawat mobil dengan baik. Coba cari tahu lebih banyak informasinya di bawah ini!

1. Mencegah Kerusakan yang Lebih Parah

Merawat mesin mobil secara berkala memungkinkan Anda mendeteksi masalah kecil sebelum berkembang menjadi kerusakan yang lebih serius. Melalui pemeriksaan rutin, perawatan, dan penggantian komponen yang diperlukan maka Anda pasti dapat mencegah kerusakan yang lebih parah. Hal ini bahkan membantu Anda melakukan penghematan biaya perbaikan yang besar.

2. Memperpanjang Umur Mesin

Perawatan berkala pada mesin mobil juga membantu memperpanjang umur mesin. Melakukan penggantian oli secara teratur, membersihkan filter udara, dan menjaga suhu mesin yang optimal akan mengurangi ketegangan pada komponen-komponen mesin. Nantinya mesin mobil Anda jadi terus memiliki kinerja yang optimal untuk waktu yang sangat panjang.

3. Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

Mesin yang dirawat dengan baik cenderung lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Ketika komponen mesin bekerja dengan baik maka proses pembakaran pasti menjadi lebih efisien. Bahan bakar yang digunakan pun tidak ada yang terbuang percuma sehingga uang untuk BBM pun bisa dialihkan untuk kebutuhan lainnya.

4. Menjaga Kinerja Optimal

Perawatan rutin pada mesin mobil jelas membantu menjaga kinerja optimal kendaraan. Mobil jadi bisa memberikan akselerasi tinggi dengan mesin yang sangat responsif dalam berbagai keadaan.

 

Anda juga bisa merasakan perbedaan yang signifikan saat berkendara karena performa mobil yang sering diservis akan selalu bertenaga. Sebaliknya, mesin mobil yang jarang diservis akan membuat Anda berkendara dalam keadaan yang tidak nyaman.

5. Mengurangi Emisi Gas Buang

Mesin mobil yang dirawat dengan baik cenderung menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah. Perawatan yang tepat pada sistem pengontrol emisi sejatinya dapat membantu menjaga tingkat emisi yang ramah lingkungan.

 

Hal ini digambarkan dari pembersihan pada katup EGR dan penggantian filter partikulat diesel (DPF) yang akan membuat gas buang mesin diesel makin efisien. Selain itu perawatan yang berkala pada mobil akan menjadikan proses pembakaran sempurna sehingga tidak ada sisa bahan bakar yang mengendap dan mengganggu pembuangan gas emisi.

6. Meningkatkan Keandalan

Ketika mesin mobil dirawat dengan baik maka keandalannya saat digunakan berkendara juga pasti akan meningkat. Anda jadi dapat memercayai kendaraan untuk beroperasi dengan lancar dan menghindari masalah tidak terduga di tengah perjalanan. Hal ini tentu akan memberikan rasa aman dan kepercayaan saat Anda menggunakan mobil.

7. Mempertahankan Nilai Kendaraan

Merawat mesin mobil secara berkala juga berkontribusi dalam mempertahankan nilai kendaraan. Jika Anda menjaga catatan perawatan yang baik dan memberikan bukti bahwa mesin telah dirawat dengan maksimal maka nilai jual kendaraan dapat tetap tinggi.

 

Tidak akan sulit bagi Anda untuk mencari calon pembeli karena dari track record servisnya mereka paham kalau mobil tersebut selalu dijaga keadaannya.

6 Tanda Mesin Mobil Bermasalah

Mesin mobil yang bermasalah dapat mengakibatkan gangguan dalam kinerja kendaraan dan mengancam keselamatan Anda. Oleh karena itu pahami seluruh tanda yang perlu Anda waspadai berikut ini!

1. Suara yang Tidak Normal

Jika Anda mendengar suara yang tidak biasa dari mesin, seperti ketukan, desis, berdecit, atau suara metalik, hal ini dapat menjadi tanda adanya masalah. Suara yang tidak normal mungkin menunjukkan kerusakan pada komponen mesin, seperti bantalan, katup, atau piston. Sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan mesin ke bengkel resmi tepercaya saat mendengar suara yang mencurigakan.

2. Getaran yang Berlebihan

Mesin mobil yang sehat seharusnya beroperasi dengan getaran yang minim. Jika Anda merasakan getaran tidak biasa saat mesin berjalan, terutama saat berakselerasi maka sebenarnya hal ini merupakan pertanda adanya masalah pada mesin. Getaran yang berlebihan sangat mungkin disebabkan oleh ketidakseimbangan komponen mesin, masalah pada sistem bahan bakar, atau masalah lainnya.

3. Performa Menurun

Tenaga dan responsivitas mobil tiba-tiba menurun? Makin lama berkendara, makin lambat juga laju mobil? Anda perlu menyadari penurunan kedua aspek satu ini. Penurunan performa yang signifikan dapat disebabkan oleh berbagai masalah, termasuk kerusakan pada sistem pembakaran, tekanan udara yang rendah, atau bahkan komponen yang aus.

4. Asap atau Bau yang Aneh

Asap yang berlebihan atau bau yang tidak biasa dari mesin juga bisa menjadi tanda adanya masalah. Asap yang keluar dari knalpot dalam jumlah besar atau bau yang tidak biasa, seperti bau hangus dapat mengindikasikan masalah pada sistem pembakaran atau kebocoran pada mesin.

 

Periksalah mesin mobil secepat mungkin saat Anda melihat atau mencium tanda-tanda ini. Jangan tunda membawa mobil kesayangan ke bengkel supaya kerusakan komponen lainnya bisa langsung dicegah.

5. Lampu Indikator Mesin Menyala

Lampu indikator mesin yang menyala di dashboard mobil adalah tanda peringatan penting. Jangan mengabaikan lampu ini karena dapat menunjukkan adanya masalah dengan mesin atau sistem kendaraan. Lampu indikator ini mengindikasikan adanya kode kerusakan yang perlu diperiksa dengan menggunakan alat diagnosis yang tepat.

6. Konsumsi Bahan Bakar yang Meningkat

Jika Anda melihat peningkatan tiba-tiba dalam konsumsi bahan bakar tanpa perubahan dalam pola pengemudian atau kondisi jalan, ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada mesin. Masalah pada sistem bahan bakar atau komponen mesin dapat mengakibatkan efisiensi bahan bakar yang buruk, sehingga mengurangi jarak tempuh per liter bahan bakar.

 

Semoga informasi penjelasan tanda-tanda mesin mobil bermasalah dapat membantu Anda memahami manfaat positif yang dapat dibawa dari melakukan servis berkala. Kalau mempelajari berbagai tanda mesin mobil bermasalah sudah, maka sekarang Anda harus mulai mempraktikkannya.

 

Mulailah menjadwalkan kedatangan Anda ke bengkel resmi yang bisa dipercaya kondisi mobil kesayangan bisa tetap prima setiap kali digunakan. Hindari perbaikan atau servis mandiri agar tidak menimbulkan masalah baru yang dapat memengaruhi kinerja mesin.

 

Namun Anda tetap perlu memiliki kemampuan dasar bagaimana mengatasi setiap masalah yang datang, khususnya saat keadaan darurat terjadi. Pastikan sudah ada berbagai peralatan bengkel otomotif di mobil yang akan membantu Anda mengatasi situasi terdesak sampai nantinya mobil bisa ditangani oleh teknisi berpengalaman.

 

Kalau Anda membutuhkan peralatan bengkel otomotif berkualitas yang tidak mudah patah atau rusak, cari saja semuanya di Kawan Lama. Tersedia berbagai peralatan yang akan memudahkan Anda dalam mengatasi permasalahan seperti halnya dongkrak.

 

Bahkan jika Anda berencana membuka bengkel mobil sendiri, Kawan Lama juga punya semua peralatan yang diperlukan. Langsung kunjungi Kawan Lama dan dapatkan peralatan bengkel terbaik!


Sumber:

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/tanda-mesin-mobil-bermasalah-yang-tidak-boleh-diabaikan#

https://www.doktermobil.com/5-tanda-mesin-mobil-masih-bagus/

https://www.zigwheels.co.id/motovaganza/ini-manfaat-jika-melakukan-perawatan-mobil-secara-berkala/ 


Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.