7 Perbedaan Baja Ringan dan Hollow, Mana Lebih Baik?

Perbedaan Baja Ringan dan Hollow

7 Perbedaan Baja Ringan dan Hollow untuk Pilihan Konstruksi yang Tepat


Baja ringan dan baja hollow (baja berongga) adalah dua jenis bahan bangunan yang sering digunakan dalam konstruksi. Meskipun keduanya terbuat dari baja, keduanya memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda. Pemahaman tentang perbedaan baja ringan dan hollow dapat membantu Anda memilih bahan konstruksi yang tepat untuk proyek Anda.

Dalam artikel ini, Kawan Lama Solution akan membahas perbedaan baja ringan dan hollow serta memberikan wawasan tentang mana yang lebih baik untuk digunakan dalam berbagai situasi konstruksi. Baca selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Baja Ringan?

Baja ringan adalah jenis baja struktural yang memiliki berbagai keunggulan utama seperti kekuatan dan massa. Baja ini terbuat dari paduan besi karbon rendah yang dicampur dengan elemen lain seperti mangan, silikon, dan aluminium. Proses pengolahan yang canggih membuat baja ringan memiliki kekuatan yang setara dengan baja konvensional namun dengan bobot yang jauh lebih ringan.

Baja ringan sering digunakan dalam konstruksi atap, plafon, dan rangka dinding karena kemampuannya yang mudah dibentuk dan dipasang. Kelebihan lain dari baja ringan adalah tahan terhadap korosi, sehingga umur pakainya lebih panjang. Dengan berat yang lebih ringan, transportasi dan pemasangan baja ringan menjadi lebih efisien dan ekonomis.

Apa Itu Baja Hollow?

Baja hollow, atau dikenal juga sebagai baja berongga, adalah jenis baja struktural yang memiliki rongga di dalamnya. Rongga-rongga ini memberikan kekuatan yang cukup tinggi namun dengan berat yang relatif ringan. Baja hollow biasanya terbuat dari baja karbon rendah atau baja karbon sedang yang diproduksi dalam bentuk pipa atau profil dengan bentuk berongga di bagian tengahnya.

Baja hollow memiliki kegunaan yang luas dalam konstruksi, terutama dalam pembuatan kolom, balok, dan struktur rangka bangunan. Keunggulan utama dari baja hollow adalah kekuatannya yang tinggi namun tetap ringan, sehingga sangat cocok digunakan dalam konstruksi struktur yang membutuhkan beban berat namun ingin mengurangi beban struktural secara keseluruhan.

Baca juga: 9 Perbedaan Besi dan Baja dalam Proyek

Perbedaan Baja Ringan dan Hollow

Baja ringan dan baja hollow memiliki perbedaan yang signifikan dalam beberapa aspek konstruksi. Berikut adalah beberapa perbedaan baja ringan dan baja hollow yang perlu Anda ketahui.

1. Struktur Fisik

Baja ringan memiliki struktur yang padat dan solid, tanpa rongga di dalamnya. Hal ini membuatnya lebih berat dibandingkan dengan baja hollow. Sebaliknya, baja hollow memiliki rongga di dalamnya yang membuatnya lebih ringan namun tetap kuat. Rongga-rongga ini memberikan tambahan kekuatan struktural pada baja hollow, sehingga dapat menahan beban yang lebih besar daripada baja ringan dalam situasi tertentu.

2. Kekuatan

Meskipun keduanya memiliki kekuatan yang tinggi, kekuatan baja hollow cenderung lebih tinggi daripada baja ringan. Hal ini disebabkan oleh struktur berongga pada baja hollow yang memberikan kekuatan tambahan. Baja hollow sering digunakan dalam konstruksi struktur yang membutuhkan kekuatan ekstra, seperti kolom atau balok, karena mampu menahan beban yang lebih besar daripada baja ringan dalam konstruksi yang sama.

3. Fleksibilitas

Baja ringan lebih fleksibel dalam penggunaannya karena dapat dibentuk menjadi berbagai bentuk sesuai kebutuhan konstruksi. Baja ringan mudah dipotong dan ditekuk tanpa kehilangan kekuatan strukturalnya. Di sisi lain, baja hollow cenderung lebih kaku karena strukturnya yang berongga. Meskipun dapat dibentuk, baja hollow tidak sefleksibel baja ringan dalam hal ini.

4. Penggunaan

Baja ringan umumnya digunakan dalam konstruksi atap, plafon, dan partisi dinding. Karena bobotnya yang ringan dan kemampuannya untuk dibentuk dengan mudah, baja ringan sangat cocok untuk aplikasi-aplikasi ini. Di sisi lain, baja hollow lebih sering digunakan dalam konstruksi struktur berat seperti kolom, balok, dan struktur rangka bangunan. Baja hollow dapat menahan beban yang lebih besar daripada baja ringan, sehingga lebih cocok untuk aplikasi yang membutuhkan kekuatan ekstra.

5. Bobot

Salah satu keunggulan utama baja ringan adalah bobotnya yang ringan. Hal ini membuat transportasi dan pemasangan baja ringan menjadi lebih mudah dan efisien. Baja ringan lebih mudah diangkat dan dipindahkan oleh pekerja konstruksi, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya dalam proyek konstruksi.

6. Harga

Secara umum, baja ringan lebih terjangkau dibandingkan dengan baja hollow. Hal ini disebabkan oleh proses produksi baja ringan yang lebih sederhana dan menggunakan bahan yang lebih sedikit daripada baja hollow. Harga baja ringan yang lebih rendah membuatnya menjadi pilihan yang lebih ekonomis untuk proyek konstruksi dengan anggaran terbatas.

7. Variasi Ukuran

Baja ringan memiliki variasi ukuran yang terbatas, dengan ukuran standar yang umumnya 2x4 dan 4x4 dengan ukuran sebenarnya 15x30 dan 30x30. Di sisi lain, baja hollow memiliki variasi ukuran yang lebih bervariasi, memungkinkan untuk lebih banyak pilihan dalam mendesain dan mengkonstruksi struktur bangunan. Dengan variasi ukuran yang lebih banyak, baja hollow dapat lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi yang spesifik.

Baca juga: Perbedaan TCT dan BMT pada Rangka Baja Ringan

Mana yang Lebih Baik?

Pemilihan antara baja ringan dan baja hollow tergantung pada kebutuhan konstruksi Anda. Jika Anda membutuhkan bahan yang ringan, mudah dibentuk, dan cocok untuk konstruksi atap, plafon, atau partisi dinding, maka baja ringan mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Baja ringan juga lebih terjangkau secara harga, sehingga cocok untuk proyek dengan anggaran terbatas.

Di sisi lain, jika Anda membutuhkan kekuatan ekstra untuk konstruksi struktur berat seperti kolom, balok, atau struktur rangka bangunan, maka baja hollow mungkin lebih cocok. Baja hollow memiliki kekuatan yang lebih tinggi daripada baja ringan dan dapat menahan beban yang lebih besar dalam konstruksi yang sama.

Kawan Lama Solution menawarkan berbagai pilihan bahan bangunan baja ringan berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi Anda. Dengan layanan yang andal, Kawan Lama Solution siap membantu Anda dalam penyediaan bahan bangunan yang tepat. Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan, kunjungi Kawan Lama Solution sekarang juga!

Semoga informasi mengenai perbedaan baja ringan dan hollow yang sudah dijelaskan di atas bermanfaat untuk Anda. Apabila membutuhkan informasi tambahan terkait material atau peralatan konstruksi lainnya, jangan ragu untuk mencarinya di Kawan Lama Solution!

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.