Mengenal Logam Tungsten, Fungsi & Keunggulannya

tungsten adalah

Mengenal Logam Tungsten, Fungsi dan Keunggulannya Dibanding Logam Lainnya



Pernahkah Anda mendengar istilah tungsten? Sederhananya, tungsten adalah salah satu bahan populer yang banyak digunakan dalam berbagai industri. Dikenal sebagai logam terkuat di dunia, tungsten memiliki karakteristik unik dengan berbagai keunggulan yang membuatnya lebih baik daripada jenis logam lainnya.

 

Coba cari tahu semua informasi lengkap tentang tungsten, mulai dari fungsi hingga keunggulannya. Langsung simak selengkapnya di bawah ini!


Apa Itu Tungsten?

Tungsten atau yang juga dikenal sebagai wolfram adalah salah satu logam transisi yang memiliki sifat-sifat unik dengan keunggulan yang membuatnya sangat berharga dalam berbagai industri.

 

Logam tungsten sendiri baru ditemukan pada tahun 1783 oleh dua ilmuwan bernama Peter Woulfe dan Fausto Elhuyar. Tungsten juga ditemukan dalam bentuk senyawa mineral seperti halnya scheelit.

 

Tungsten diidentifikasi sebagai logam berat dengan nomor atom 74 dalam tabel periodik. Logam ini disebut-sebut sebagai yang paling kuat bukan tanpa alasan. Baja yang sebenarnya sudah sangat kuat saja masih tidak bisa dibandingkan dengan Tungsten.

 

Hal ini bisa dibuktikan dari titik lebur baja yang berada pada kisaran 1.300-1.500 Celcius. Sedangkan titik lebur tungsten berkisar pada 3.422 derajat Celsius.

 

Selain titik leburnya yang tinggi, kekuatan dan kekerasan tungsten bahkan sangat luar biasa. Logam satu ini juga memiliki konduktivitas termal yang tinggi. Artinya tungsten dapat menghantarkan panas dengan sangat efisien sehingga penggunaannya cocok dalam aplikasi yang melibatkan suhu tinggi, seperti lampu pijar, elemen pemanas, dan industri elektronik.

 

Bagaimana? Makin penasaran dengan logam tungsten? Terus baca informasi tungsten sampai akhir untuk memahami kekuatan logam terkuat pada poin-poin berikutnya!

 

Fungsi Tungsten

Sangat wajar apabila Anda bertanya-tanya apa fungsi dari fungsi tungsten sebagai logam terkuat di dunia. Tentunya dengan semua keunggulan yang dimilikinya, logam tungsten berguna dalam berbagai industri seperti berikut ini.

1. Filamen Lampu

Salah satu fungsi utama tungsten adalah sebagai filamen dalam lampu pijar. Keunggulannya yang mampu menghantarkan panas secara efisien membuat logam ini memancarkan cahaya dengan optimal.

 

Tungsten juga memiliki kekuatan yang cukup untuk bertahan dalam suhu yang sangat tinggi. Pasalnya inovasi dalam teknologi pengolahan tungsten telah memungkinkan pengembangan lampu pijar yang lebih efisien dan tahan lama.

2. Industri Elektronik

Tungsten juga digunakan secara luas dalam industri elektronik. Logam ini digunakan dalam pembuatan kontak listrik, komponen semikonduktor, serta berbagai perangkat elektronik lainnya.

 

Kekerasan dan konduktivitas termal yang tinggi membuat tungsten menjadi pilihan ideal untuk pengaplikasian performa dan ketahanan diperlukan. Tungsten juga dapat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan elektrode, kabel, dan komponen lain yang membutuhkan ketahanan terhadap suhu tinggi sekaligus arus listrik yang kuat.

3. Industri Penyemenan

Tungsten digunakan dalam industri penyemenan untuk membuat alat pemotong dan bor yang tahan aus. Logam ini memberikan kekuatan dan ketahanan yang tinggi sehingga alat-alat tersebut mampu memotong dan mengebor material yang sangat keras seperti beton, batu, dan logam. Kekerasan tungsten membuatnya ideal untuk digunakan dalam kondisi pemotongan yang ekstrem dan memperpanjang masa pakai alat-alat pertukangan.

4. Industri Ruang Angkasa

Karakteristik unik tungsten, yaitu ketahanannya terhadap suhu tinggi dan kekuatannya yang luar biasa, menjadikan bahan ini sangat penting dalam industri dirgantara dan ruang angkasa.

 

Tungsten nyatanya banyak digunakan dalam pembuatan komponen roket, perisai termal, dan berbagai aplikasi lain yang membutuhkan ketahanan bahan material terhadap suhu ekstrem dan lingkungan yang keras. Tungsten memberikan kekuatan struktural dan perlindungan yang diperlukan dalam pengembangan dan eksplorasi luar angkasa.

5. Industri Kesehatan

Tungsten bahkan memiliki peran penting dalam industri kesehatan. Logam ini digunakan dalam pembuatan alat-alat medis seperti jarum suntik, instrumen bedah, dan implan ortopedi. Keunggulan tungsten dalam hal ketahanan dan biokompatibilitas menjadikannya bahan yang aman dalam aplikasi medis. Selain itu tungsten juga digunakan dalam pencitraan medis, seperti halnya sinar-X dan CT scan, karena sifatnya yang mampu menyerap radiasi dengan baik.

6. Industri Militer

Ketahanan dan kekuatan tungsten membuatnya juga sangat berguna dalam industri militer. Logam ini digunakan dalam pembuatan peluru, perlengkapan militer, hingga berbagai pelindung seperti armor kendaraan dan rompi anti peluru. Tungsten jelas memberikan kekuatan yang diperlukan dalam situasi yang membutuhkan perlindungan terhadap tekanan ekstrem, serangan, dan benturan.

 

Baca Juga: Tips Mengenai Carbon Brush

Keunggulan Tungsten Dibanding Logam Lainnya

Dari berbagai penjelasan sebelumnya Anda pasti sudah mendapatkan informasi mengenai berbagai keunggulan tungsten yang luar biasa. Namun masih ada banyak lagi kelebihannya yang harus dipahami. Berikut penjelasan lengkap mengenai keunggulannya.

1. Kekerasan dan Ketahanan Aus yang Tinggi

Salah satu keunggulan utama tungsten ialah kekerasannya yang luar biasa. Tungsten merupakan salah satu logam terkeras yang pernah ada, bahkan melebihi kekerasan baja. Hal ini membuatnya tahan terhadap goresan, aus, serta deformasi. Keunggulan ini menjadikan tungsten sangat cocok digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan komponen tahan lama dan mampu bertahan dalam kondisi kerja yang ekstrem.

2. Titik Lebur yang Sangat Tinggi

Tungsten memiliki titik lebur yang sangat tinggi, yakni sekitar 3.422 derajat Celsius. Titik leburnya yang tinggi menjadikan logam ini mampu bertahan terhadap suhu tinggi yang dapat melelehkan logam lain. Sifat ini menjadikan tungsten ideal untuk digunakan dalam industri yang melibatkan suhu ekstrem, seperti ruang angkasa.

3. Kestabilan Dimensi yang Tinggi

Tungsten memiliki kestabilan dimensi yang baik. Itu berarti logam tungsten tidak mengalami perubahan ukuran atau bentuk yang signifikan dalam respons terhadap suhu, tekanan, atau deformasi sekalipun. Kestabilan dimensi inilah yang menjadikan tungsten sangat berguna dalam aplikasi yang membutuhkan presisi dan ketelitian yang tinggi, seperti industri pertukangan dan manufaktur.

4. Kekuatan dan Kestabilan Terhadap Korosi

Tungsten juga memiliki kekuatan dan ketahanan yang tinggi terhadap korosi. Logam ini memiliki kecenderungan rendah untuk berkarat atau bereaksi dengan lingkungan. Itu sebabnya tidak heran kalau tungsten banyak digunakan dalam alat-alat yang berhubungan dengan air atau komponen yang terpapar kelembaban dan bahan kimia lainnya.

5. Kemampuan Penyusutan yang Rendah

Tungsten memiliki kemampuan penyusutan yang rendah atau koefisien ekspansi termal yang rendah. Artinya, logam ini cenderung tidak berubah ukurannya secara signifikan ketiga dihadapkan dengan perubahan suhu yang ekstrem. Kemampuan penyusutan yang rendah ini bahkan sangat penting dalam aplikasi yang membutuhkan kestabilan dimensi, seperti alat-alat presisi dan peralatan suhu tinggi.

 

Baca Juga: 5 Bagian Penting Mesin CNC Milling yang Harus Anda Ketahui

 

Tungsten adalah logam luar biasa dengan kekerasan, kekuatan, dan ketahanan yang tak tertandingi. Dari lampu pijar hingga industri militer, tungsten telah membuktikan dirinya sebagai bahan yang tak tergantikan.

 

Tungsten juga bisa digunakan sebagai alat untuk mengasah berbagai jenis material lainnya. Anda bisa menemukan perkakas satu ini dengan mudah di Kawan Lama rasakan sendiri kekuatan tungsten carbide file yang luar biasa bersama Kawan Lama.

 

 

Sumber:

https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Wolfram

https://www.anakteknik.co.id/agungi123/articles/fakta-dan-keunikan-logam-tungsten

https://www.pengelasan.net/titik-lebur-logam/

 




Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.