Tool Box: Fungsi, Jenis dan Tips Memilihnya sesuai Kebutuhan

tool box

Tool Box: Fungsi, Jenis dan Tips Memilihnya sesuai Kebutuhan Anda


Tool box atau kotak alat merupakan alat penyimpanan berbagai macam peralatan kerja seperti kunci kunci, palu, obeng, tang, dan perkakas lainnya. Kehadirannya sangat dibutuhkan oleh berbagai bidang pekerjaan karena membantu memudahkan pekerjaan dan membuat alat-alat tersimpan dengan rapi dan mudah ditemukan.

Artikel ini akan membahas tool box dan fungsinya dalam berbagai bidang pekerjaan. Selain itu, kita akan membahas berbagai jenis tool box yang tersedia di pasaran dan cara memilih tool box yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa Saja Manfaat Tool Box?

Berikut adalah 5 manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tool box sebagai penyimpanan perkakas Anda:

1. Perkakas tidak berantakan

Manfaat utama tool box adalah membuat perkakas lebih terorganisir dengan rapi di area kerja. Jika perkakas Anda berceceran dan berantakan, tentunya akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan perkakas yang Anda butuhkan.

2. Kemananan dan keselamatan lebih terjaga

Karena bentuknya yang compact and safety, tool box dilengkapi dua buah gagang yang berfungsi agar mudah dibawa kemana-mana. Agar alat-alat di dalamnya aman, maka didalamnya dilengkapi lobang yang posisinya berada di atas bisa dipergunakan sebagai gembok.

3. Perkakas lebih mudah dicari

Dengan perkakas yang rapi dan terstruktur di dalam tool box, maka perkakas akan lebih mudah dicari. Hal ini juga akan meningkatkan efisiensi waktu pekerjaan Anda.

4. Perkakas mudah untuk dibawa

Dengan kotak penyimpanan yang rapi, Anda dapat dengan mudah membawa semua perkakas kebutuhan dalam satu tempat di dalam lingkungan kerja.

5. Kapasitas besar dan material yang kokoh

Akan lebih baik jika tool box Anda berukuran cukup besar untuk semua perkakas. Untuk menghindari kerusakan, pilihlah perkakas dengan material yang tangguh.

Baca Juga: Portable Strapping Tools, Alat Praktis Mudahkan Pengemasan Dengan Cepat dan Aman

Apa Saja Fungsi Tool Box dalam Berbagai Bidang Pekerjaan?

Seperti yang dapat disimpulkan dari atas bahwa tool box memiliki fungsi di berbagai macam bidang pekerjaan, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Bidang Konstruksi

Tool box memiliki fungsi yang sangat penting dalam pekerjaan konstruksi karena dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam alat yang diperlukan dalam proyek konstruksi.

Dalam toolkit tersebut, Anda dapat menyimpan dengan rapi berbagai alat seperti kunci pas, kunci L, kunci ring, kunci sok, obeng ketok, obeng kembang, obeng minus, palu, paku, meteran pita, dan sejenisnya, sehingga mudah ditemukan dan diambil saat dibutuhkan.

2. Bidang Perbaikan dan Perawatan

Toolbox juga berfungsi dalam bidang perbaikan dan perawatan, misalnya perawatan gedung, perawatan peralatan rumah tangga, atau perbaikan pekerjaan umum. Beberapa peralatan seperti tang, obeng ketok, obeng plus, obeng minus, kunci inggris, cutter, meteran pita, dan sebagainya dapat disimpan dengan rapi dalam kotak perkakas.

3. Bidang Otomotif dan Perbengkelan

Kemudian tool box juga merupakan pilihan penyimpanan yang optimal pada bidang industri otomotif dan perbengkelan untuk menampung berbagai alat mekanik, perkakas tangan, atau peralatan lainnya.

Baca juga: 6 Fungsi Kunci L dan Cara Menggunakannya

Jenis-jenis Toolbox yang ada di Pasaran

Ada beberapa jenis tool box yang tersedia di pasaran, dan penting untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa jenis tool box yang umum:

1. Tool box plastik

Tool box plastik adalah salah satu jenis yang paling umum digunakan. Biasanya terbuat dari plastik yang cukup kuat dan tahan lama. Tool box plastik juga ringan, sehingga mudah dibawa dan digunakan di mana saja.

2. Tool box logam

Tool box logam biasanya terbuat dari baja atau aluminium. Lebih tahan lama daripada tool box plastik, dan cocok digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan alat-alat yang lebih berat. Namun, tool box logam cenderung lebih berat dan sulit dibawa.

3. Tool box kayu

Tool box kayu lebih jarang digunakan dibandingkan dengan plastik atau logam. Terbuat dari kayu berkualitas tinggi dan tahan lama. Lebih cocok digunakan untuk menyimpan alat-alat besar seperti gergaji dan palu.

4. Tool bag

Tool bag adalah alternatif yang lebih ringan dan mudah dibawa. Biasanya terbuat dari kanvas atau bahan sintetis yang kuat dan tahan lama. Cocok digunakan oleh teknisi yang sering bepergian karena mudah dibawa.

Baca juga: 9 Peralatan Bengkel Otomotif Beserta Fungsinya

Tips Memilih Tool Box yang Sesuai Kebutuhan

Tool box atau kotak perkakas tersedia dalam berbagai varian yang beragam, hal itu meliputi ukuran, jenis bahan, serta ketahanan atau umur pakainya. Oleh karena itu, berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk dalam memilih tool box agar tidak salah beli.

1. Memilih ukuran tool box sesuai kebutuhan

Sebelum Anda membeli, penting untuk memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki banyak perkakas atau perkakas berukuran besar, Anda harus memilih kotak yang memiliki kapasitas yang cukup besar untuk menampung semuanya.

Namun, bagi Anda yang ingin membeli perkakas dalam satu set lengkap dengan wadahnya, Anda dapat memilih untuk membeli dalam bentuk tool box set. Dalam set ini, semua perkakas memiliki tempat tersendiri dan tertata dengan rapi di dalam tempatnya.

2. Memperhatikan kualitas bahan tool box

Kemudian tersedia beragam pilihan bahan tool box, mulai dari plastik, aluminium, baja, atau besi, yang dapat Anda pertimbangkan. Pilihlah kotak perkakas yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan memiliki daya tahan yang baik untuk menyimpan perkakas Anda. Tak lupa juga untuk memastikan ketebalan bahan dari tool box tersebut.

3. Memperhatikan kualitas pegangan pada tool box

Perhatikan dengan teliti pegangan pada tool box yang hendak Anda beli. Pilihlah kotak perkakas yang memiliki pegangan kokoh, terutama jika Anda memiliki banyak perkakas yang akan ditempatkan di dalamnya. Pastikan juga agar pegangan tersebut tahan lama dan aman digunakan di berbagai tempat saat dibawa serta awet dalam penggunaannya.

4. Memperhatikan jumlah sekat yang ada di dalam tool box

Jumlah sekat pada tool box memiliki peran penting dalam mengatur perkakas berdasarkan jenisnya. Apabila Anda memiliki banyak perkakas yang terbagi dalam beberapa kategori berbeda, maka sebaiknya pilihlah tool box yang memiliki kapasitas cukup besar dengan jumlah sekat yang banyak agar mempermudah Anda dalam menyimpan perkakas sesuai dengan kategorinya.

5. Menyesuaikan dengan budget yang dimiliki

Tentu saja, dalam memilih barang apa pun, Anda harus tetap mempertimbangkan budget yang dimiliki. Dengan banyaknya variasi tool box yang tersedia di pasaran mulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu, Anda dapat memilihnya dengan menyesuaikan budget yang Anda miliki.

6. Membeli tool box di toko yang tepat

Anda bisa mendapatkan tool box dari berbagai toko perkakas, akan tetapi untuk memastikan kualitasnya telah terjamin, sebaiknya belilah di tempat yang tepat seperti Kawan Lama Solution.

Bagi Anda yang sedang memilih tool box berkualitas, mungkin ada banyak pilihan di pasaran, namun yang memiliki material tangguh tidaklah banyak.

Dengan membeli tool box secara online di Kawan Lama Solution, Anda bisa mendapatkan harga terbaik yang tentunya lebih terjangkau daripada toko-toko lainnya.

Salah satu pilihan tool box yang dipercaya memiliki daya tahan yang kuat ialah Facom, dengan range produk yang lengkap dan lebih beragam. Untuk informasi lebih lengkapnya, langsung kunjungi kawanlama.com sekarang juga!

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.