FACOM Torque Wrench 209: Cek Fitur dan Benefitnya di Sini!

FACOM Torque Wrench 209: Cek Fitur dan Benefitnya di Sini!

Kunci Torsi FACOM Torque Wrench 209: Cek Fitur dan Benefitnya!


Penting untuk mengencangkan mur dan baut sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan, yang bergantung pada ukuran atau kekuatan yang dibutuhkan. Misalnya seperti ketika pengencangan mur roda, jika tidak sesuai dengan spesifikasi torsinya, maka ada dua kemungkinan: apabila terlalu longgar, bisa menyebabkan potensi lepas, sedangkan bila terlalu ketat, bisa menyebabkan patah.

Untuk menghindari baut atau mur menjadi terlalu longgar atau terlalu ketat, Anda dapat menggunakan alat kunci momen atau kunci torsi. Oleh karena itu, penting untuk memahami fungsi kunci torsi serta cara menggunakannya.


Apa Itu Kunci Torsi?


Torque wrench atau kunci torsi adalah alat yang digunakan untuk mengontrol pengencangan dengan torsi tertentu ke pengikat seperti baut dan mur. Kunci torsi ini di dalam dunia otomotif, biasa digunakan oleh mekanik untuk melakukan penggantian ban. Sementara untuk dunia industri, kunci torsi ini digunakan dalam proses perawatan dan perbaikan (maintenance).

Pada setiap jenis kendaraan memiliki spesifikasi torsi yang berbeda-beda, yang di tetapkan oleh pabrikan, dan yang harus di perhatikan saat melakukan servis kendaraan. Tidak hanya pada roda, tetapi juga pada bagian baut lainnya seperti kepala silinder juga perlu dilakukan pengencangan dengan kunci torsi.

Saat ini sebagian besar industri sudah menggunakan kunci torsi di setiap kegiatan mereka, baik produksi sampai dengan proses maintenance. Banyak sekali kunci torsi dengan berbagai merek dan fitur yang beredar di pasaran, namun hal penting yang perlu diketahui bahwa alat tersebut harus memiliki tingkat presisi tinggi dan Built Material yang baik untuk menghindari adanya kecelakaan kerja. Berbicara soal presisi, Torque Wrench 209 dari FACOM bisa menjadi pilihan Anda.


Apa Saja Fungsi Kunci Momen atau Kunci Torsi?


Kunci torsi (torque wrench) memiliki peran penting dalam mengukur torsi atau gaya putar yang diterapkan pada baut dan mur, sehingga memungkinkan pengaturan kekencangan tertentu. Dengan bantuan kunci torsi ini, tingkat kekencangan baut atau mur bisa disesuaikan dengan spesifikasi yang tercantum dalam buku panduan.

Jenis kunci momen dapat dilengkapi dengan socket yang bisa disesuaikan untuk berbagai ukuran baut. Satuan umum yang digunakan dalam kunci torsi ini adalah Nm (Newton Meter), Lb (Pound), dan kg-m (Kilogram Meter).

Dalam dunia otomotif, kunci torsi digunakan dalam berbagai konteks, berikut ini beberapa fungsi dari kunci torsi adalah:


  • Mengencangkan busi
  • Mengencangkan baut atau mur kepala silinder
  • Mengencangkan baut atau mur pada poros engkol
  • Mengencangkan baut atau mur pada poros nok
  • Mengencangkan baut-baut manifold
  • Dan sejumlah fungsi lainnya.


Kunci torsi sangat penting dalam menjaga kinerja komponen kendaraan serta memastikan bahwa baut dan mur dipasang sesuai dengan standar yang ditetapkan.



Apa Saja Jenis-jenis Kunci Torsi?


Selain FACOM Torque Wrench 209, ada banyak jenis kunci torsi dengan model berbeda-beda, meskipun yang paling umum dijumpai adalah bermodel klik. Namun, untuk mengetahui jenis-jenis kunci torsi lainnya, berikut ini beberapa varian yang ada di dalam kunci torsi.


1. Deflecting Beam Torque Wrench

Kunci torsi jenis ini memanfaatkan jarum sebagai alat penunjuk untuk mengukur nilai atau torsi pada baut dan mur. Bentuknya menyerupai pedang dengan kunci soket di salah satu ujung serta jarum di ujung lainnya.

2. Dial Indicator Torque Wrench

Jenis kunci torsi ini menggunakan dial indicator untuk menampilkan torsi yang diterapkan. Tingkat ketelitiannya cukup tinggi, yakni dengan tingkat akurasi di kisaran antara 0.01 hingga 0.001 mm. Kunci momen dial indicator sering digunakan dalam industri otomotif.

3. Pneumatic Torque Wrench

Kunci momen ini memanfaatkan tekanan udara untuk mengencangkan mur atau baut. Alat ini umumnya digunakan pada pengencangan baut yang memerlukan torsi besar. Selain itu, Kunci momen ini memiliki getaran minimal dan akurasi yang sangat tinggi. Kemampuannya berkisar dari 118 Nm hingga 47,600 Nm.

4. Hydraulic Torque Wrench

Kunci torsi hidrolik menggunakan tenaga hidrolik dalam proses pengencangan bautnya. Kunci ini memiliki bobot ringan dan ukuran yang lebih kecil.

5. Click Torque Wrench

Jenis kunci ini termasuk salah satu kunci torsi dengan tingkat akurasi yang tinggi. Tingkat torsi dapat diatur tanpa perlu memandangi jarum penunjuk, tetapi dengan menggunakan bunyi "klik".

6. Digital Torque Wrench

Kunci momen jenis digital adalah salah satu kunci momen yang sangat canggih. Hal ini karena pengukuran torsi dilakukan secara digital dengan skala yang terbaca digital. Oleh sebab itu, kesalahan dalam membaca torsi dapat diminimalkan.


Bagaimana Cara Menggunakan Kunci Torsi?


Penggunaan kunci torsi agar kinerja kendaraan optimal sebenarnya serupa dengan penggunaan kunci lainnya. Namun yang menjadi pembedanya terletak pada adanya indikator pengukuran yang terletak dekat gagang pegangan kunci torsi.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa cara menggunakan kunci torsi yang bisa Anda terapkan:

  • Melonggarkan mur penyetel dan geser skala tingkat kekencangan baut atau mur.
  • Mengunci batas beban dengan mengencangkan mur pengunci.
  • Memakai kunci biasa untuk mengencangkan baut dan mur.
  • Memasang kunci soket pada baut dan mur sesuai ukurannya.
  • Masukkan baut atau mur ke kunci soket lewat lubang pada ujung kunci torsi.
  • Memutar kunci torsi sesuai jarum jam hingga nilai kekencangan yang Anda inginkan.


Baca Juga: FACOM R2 Nano: Tool Set Lengkap, Dalam Satu Genggaman


Apa Saja Fitur FACOM Torque Wrench 209?


Berikut fitur dan benefit yang perlu Anda ketahui dari Torque Wrench 209:

Nah, sudah tahu kan kelebihan yang dimiliki Torque Wrench 209 dari FACOM? Produk ini digunakan di beberapa segmen industri, di antaranya Automotive, OGM (Oil, Gas, and Mining), Natural Resources, Power Plant, danGeneral Industry.

Kawan Lama menyediakan ragam tool set untuk kebutuhan bisnis Anda. Untuk melihat produk-produk FACOM lainnya Anda dapat mengakses www.kawanlama.com. Kami juga memiliki sales consultant yang siap memberikan solusi untuk meningkatkan produktivitas dan performa bisnis Anda.

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.