5 Jenis-jenis APD Welding serta Pengelasan

apd welding

5 Jenis-jenis APD Welding serta Pengelasan


Dalam dunia pengelasan, menjaga keamanan dan perlindungan operator merupakan hal yang penting diperhatikan. Kunci utama untuk memastikan keselamatan operator adalah melalui pemilihan dan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) welding yang tepat. Ada beberapa APD welding yang harus digunakan, salah satunya sarung tangan las demi keselamatan kerja. 

Pentingnya APD welding dalam proses pengelasan tidak dapat dipandang sebelah mata. Oleh karena itu, Kalista (Kawan Lama Intelligent Asisstance) dapat membantu membahas beberapa jenis APD welding yang umum digunakan. 

Di antaranya adalah apron atau pakaian kerja khusus las yang melindungi tubuh operator dari percikan logam panas, sarung tangan las yang memberikan perlindungan terhadap panas dan potensi cedera, serta helm atau topeng las untuk melindungi wajah dan mata dari radiasi berbahaya. 

Pemahaman mendalam mengenai fungsi setiap jenis APD pengelasan ini akan memberikan wawasan yang lebih baik mengenai bagaimana memilih dan menggunakan APD welding dengan efektif. Kalau begitu, mari simak penjelasan dari setiap APD welding di bawah ini. 

Apa Itu APD Welding?

Pengelasan umumnya dilakukan dengan teknik SMAW atau Las Busur Listrik, di mana pas digunakan untuk mencairkan material logam dan elektroda. Proses ini memerlukan daya listrik dan panas tinggi. Namun, terdapat risiko yang perlu diperhatikan, terutama asap yang muncul selama pencairan material. Selain itu, proses pengelasan menghasilkan percikan api dan asap cahaya pengelasan panas yang terang, sehingga perlu memakai alat keselamatan sesuai standar.

Penting untuk mengoptimalkan APD agar mendukung Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), memberikan rasa aman, dan meningkatkan kenyamanan dalam proses kerja. Dengan penggunaan APD yang tepat, pekerja akan lebih aman, dan hasil kerja serta kinerja dapat menjadi lebih optimal. Oleh karena itu, penerapan APD pengelasan merupakan suatu keharusan.

5 Jenis APD Welding dan Pengelasan

APD welding berperan penting dalam melindungi diri Anda selama bekerja. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui apa saja jenis APD welding yang dibutuhkan. Yuk langsung simak saja jenis APD welding tersebut berikut ini. 

1. Apron atau Pakaian Kerja Las

Apron atau pakaian kerja khusus las dirancang untuk memberikan perlindungan menyeluruh pada tubuh operator selama proses pengelasan. Terbuat dari bahan tahan panas dan tahan api, apron ini mampu melindungi Anda dari percikan logam panas dan percikan busur las yang dapat menyebabkan luka bakar. 

Pakaian kerja las ini juga bisa menjadi penghalang efektif terhadap bahan kimia yang mungkin digunakan dalam proses pengelasan. Saat Anda memakai apron, operator dapat bekerja dengan lebih nyaman dan aman, serta menghindari risiko kontak langsung dengan panas dan zat berbahaya.

Baca Juga: 3 Macam-Macam Welding Gauge

2. Sarung Tangan Las

Sarung tangan las memiliki peran penting dalam melindungi tangan operator dari paparan panas dan benda-benda tajam selama proses pengelasan. 

Biasanya terbuat dari bahan tahan api atau kulit yang dapat menahan tingkat panas yang tinggi, sarung tangan ini tidak hanya memberikan perlindungan fisik, tetapi juga kenyamanan selama bekerja. 

Sarung tangan las yang tepat akan mengurangi risiko luka bakar dan cedera pada tangan, menjadikannya salah satu APD welding yang wajib digunakan.

3. Helm atau Topeng Las

Helm atau topeng las adalah salah satu APD welding yang sangat penting dalam memastikan keamanan operator selama proses pengelasan. Fungsinya tidak hanya terbatas pada melindungi mata dari radiasi berbahaya yang dihasilkan oleh busur las, tetapi juga melibatkan perlindungan wajah secara menyeluruh.

Alat ini biasanya dilengkapi dengan filter otomatis yang dapat menyesuaikan tingkat kegelapan sesuai dengan intensitas cahaya busur las. Fitur ini memastikan bahwa operator memiliki visibilitas optimal tanpa harus mengangkat atau menurunkan helm secara manual.

Pentingnya penggunaan helm atau topeng las tidak hanya terletak pada aspek visual, tetapi juga pada perlindungan pernafasan. Helm las seringkali dirancang dengan sistem ventilasi yang memungkinkan sirkulasi udara yang baik, untuk mengurangi risiko inhalasi debu dan partikel berbahaya selama proses pengelasan. 

Baca Juga: Mengenal Metode Pengelasan dan Prosedur Standarnya

4. Sepatu Las

Sepatu khusus untuk pengelasan juga merupakan bagian penting dari APD welding. Sepatu las dirancang untuk melindungi kaki operator dari percikan logam panas dan bahan kimia yang mungkin ada di sekitar area kerja. 

Tidak hanya itu, sepatu las umumnya tahan terhadap api dan panas, sehingga penggunaannya sangat penting. Sepatu las yang sesuai akan memberikan perlindungan ekstra pada kaki operator, serta mengurangi risiko cedera dan memastikan keamanan dalam beraktivitas di area kerja yang mungkin penuh dengan potensi bahaya.

Baca Juga: 8 Cara Mengelas Besi Cor dengan Benar dan Aman

5. Masker Las

Masker las memiliki dua fungsi utama, yaitu melindungi mata dari sinar radiasi berbahaya yang dihasilkan selama proses pengelasan dan menyediakan perlindungan pernafasan. Masker las modern dilengkapi dengan filter otomatis yang mengatur tingkat kegelapan sesuai dengan intensitas cahaya busur las. 

Selain itu, masker las juga dilengkapi dengan filter udara untuk mencegah inhalasi debu dan partikel berbahaya. Penggunaan masker las yang benar akan memastikan operator tidak hanya melihat dengan jelas selama pengelasan, tetapi juga menjaga kesehatan sistem pernafasan.

Dalam dunia pengelasan, keselamatan operator adalah prioritas utama. Melalui pemilihan dan penggunaan APD welding yang tepat, Anda bisa memastikan proses pengelasan berlangsung dengan aman dan efisien. Jangan mengabaikan pentingnya APD welding selama proses pengelasan berlangsung. 

Untuk mendapatkan APD welding berkualitas tinggi, Anda bisa mengunjungi Kawan Lama Solution. Terdapat beberapa perlengkapan keselamatan lengkap untuk memastikan setiap proses pengelasan berlangsung dengan aman.

Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Kawan Lama Solution dan dapatkan personal protection equipment sekarang juga. 

Sumber:

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.