5 Cara Pasang Dynabolt dengan Benar agar Presisi

Cara pasang dynabolt

5 Cara Pasang Dynabolt yang Benar dengan Mesin Bor


Apakah Anda ingin memasang sesuatu ke dinding tetapi bingung memilih pengikat yang tepat? Dynabolt mungkin jawabannya! Pengikat serbaguna ini dikenal kuat dan cocok untuk menahan beban berat pada media berbahan beton, batu bata, atau baja ringan. Namun, agar fungsinya optimal, pemasangan dynabolt harus dilakukan dengan benar. Lantas, bagaimana cara pasang dynabolt dengan benar?

Jangan khawatir jika belum mengetahuinya! Pada kesempatan kali ini, Kawan Lama Solution akan mengajarkan tentang cara memasang dynabolt dengan benar. Agar Anda dapat menerapkannya saat ingin memasangnya, simak informasinya di bawah ini!

Apa Itu Dynabolt?

Dynabolt atau juga yang dikenal anchor bolt merupakan jenis baut pengunci yang dirancang khusus untuk digunakan pada material keras seperti beton, batu, atau bahan konstruksi yang serupa. Alat ini biasanya terdiri dari baut, cetakan ekspansi, dan segel. Proses pemasangan dynabolt melibatkan penggunaan alat khusus dan teknik tertentu untuk memastikan kestabilan dan kekuatan yang optimal.

Dynabolt biasanya digunakan untuk pemasangan pagar, tangga, atau peralatan berat lainnya. Kekuatan dynabolt berasal dari ekspansi mekanis yang terjadi ketika baut ditempatkan dan dikencangkan di dalam lubang yang telah dibor pada permukaan keras.

Baca juga: 6 Perbedaan Mur dan Baut

Jenis-jenis Dynabolt

Beberapa jenis dynabolt yang umum digunakan antara lain adalah:

1. Chemical Anchor Bolt

Chemical anchor bolt merupakan dynabolt yang menggunakan zat kimia dalam pembuatannya. Hal ini membuatnya lebih kuat dan tidak mudah terpengaruh oleh perubahan cuaca yang dapat membuat baut dynabolt menjadi keropos seperti pengaruh air laut.

2. Anchor Bolt Klasik

Anchor bolt klasik atau yang dikenal sebagai baut tanam memiliki prinsip kerja yang berbeda. Baut ini ditanam lebih dahulu sebelum proses pengecoran dimulai. 

Prinsip kerja ini membuat tukang bangunan dapat memasang anchor bolt sesuai dengan struktur bangunan yang sedang dibuat tanpa perlu melakukan pengeboran tambahan. Tentunya cara ini akan mempercepat proses konstruksi dan meningkatkan efisiensi.

3. Anchor Bolt Khusus Baja Ringan

Dynabolt tidak hanya berguna untuk pemasangan pada tembok rumah biasa, tetapi juga sangat efektif pada media tanam baja ringan. Ketersediaan dynabolt untuk baja ringan memberikan fleksibilitas dalam penggunaannya, sehingga cocok untuk berbagai jenis proyek konstruksi.

4. Anchor Bolt tanpa Bahan Kimia

Jenis anchor bolt ini tidak mengandalkan zat kimia tambahan. Keberhasilannya bergantung pada sistem kembang yang memungkinkan penyesuaian dengan kondisi struktural dinding. 

Anchor bolt tanpa bahan kimia seringkali menjadi pilihan bagi yang menghindari penggunaan bahan kimia dalam proyek konstruksi mereka.

Baca juga: 6 Cara Membuka Baut Berkarat dengan Mudah

Cara Memasang Dynabolt

Memasang dynabolt haruslah menggunakan cara yang tepat, salah melakukan pemasangan akan membuat material yang disambung tidak kuat dan gampang terjatuh. Berikut cara pasang dynabolt dengan benar.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Langkah pertama sebelum Anda memasang dynabolt adalah memastikan bahwa semua alat dan bahan yang diperlukan telah siap. Alat dan bahan tersebut meliputi:

  • Dynabolt: Dynabolt merupakan komponen utama dalam pemasangan. Pastikan dynabolt yang Anda pilih sesuai dengan spesifikasi proyek dan memiliki kualitas yang baik.
  • Kunci Pas: Kunci pas diperlukan untuk mengencangkan kepala dynabolt setelah pemasangan. Pastikan kunci pas yang Anda gunakan sesuai dengan ukuran dynabolt yang akan dipasang.
  • Mesin Bor: Mesin bor diperlukan untuk melakukan pengeboran pada dinding beton atau permukaan keras lainnya. Pastikan mesin bor dalam kondisi baik dan dilengkapi dengan mata bor yang sesuai dengan diameter dynabolt.
  • Palu: Palu digunakan untuk memberikan dorongan tambahan pada proses pemasangan dynabolt.
  • Spidol atau Pulpen: Spidol atau pulpen digunakan untuk melakukan penandaan pada dinding beton yang akan dibor.
  • Sikat: Sikat berfungsi untuk membersihkan lubang hasil pengeboran dari serpihan debu dan partikel kecil lainnya.
  • Blower: Blower digunakan diperlukan sebagai alat pembersih tambahan untuk membersihkan lubang dari debu yang mungkin sulit dijangkau dengan sikat.

2. Tandai Dinding

Langkah berikutnya adalah melakukan pengukuran dan memberi tanda pada dinding beton yang akan dibor. Gunakan spidol atau pulpen untuk menandai titik-titik pemasangan sesuai dengan desain yang telah direncanakan. Ketelitian dalam penandaan ini sangat penting untuk memastikan bahwa dynabolt ditempatkan pada posisi yang tepat dan sesuai dengan material yang ingin dipasang.

3. Lakukan Pengeboran

Pilih mata bor dengan diameter yang sesuai dengan dynabolt yang akan dipasang, lalu mulailah melakukan pengeboran dengan hati-hati dengan mengikuti tanda yang telah Anda buat sebelumnya. Pastikan pengeboran dilakukan secara lurus dan sesuai dengan dimensi yang diperlukan.

Baca juga: 8 Cara Menggunakan Air Impact Wrench

4. Bersihkan Bekas Pengeboran

Setelah proses pengeboran selesai, bersihkan lubang dari serpihan debu menggunakan sikat atau blower. Kebersihan lubang merupakan menjadi penting untuk memastikan bahwa dynabolt dapat masuk dengan rapat ke dalam lubang dan mencegah kemungkinan kerusakan akibat debu atau partikel yang masih tertinggal.

5. Masukkan Dynabolt

Setelah lubang bersih, masukkan dynabolt ke dalam lubang dengan hati-hati. Pastikan dynabolt masuk dengan baik dan sesuai dengan kedalaman yang telah direncanakan. Pastikan juga bahwa dynabolt ditempatkan secara lurus dan sesuai dengan posisi yang ditandai sebelumnya. Kencangkan kepala dynabolt menggunakan kunci pas dengan cukup ketat untuk memastikan pemasangan yang kuat.

Setelah mengetahui cara pasang dynabolt dengan benar, Anda dapat mengaplikasikannya dengan mudah bukan? Selain dengan melakukan pemasangan yang benar, agar objek yang direkatkan di dinding itu kuat dan kokoh memerlukan dynabolt yang berkualitas.

Anda tidak perlu repot mencarinya ke mana-mana, karena dynabolt yang berkualitas tersedia di Kawan Lama Solution. Selain itu, kami juga menyediakan berbagai alat dan bahan material yang tentunya akan memudahkan proyek Anda. Jelajahi berbagai alat dan bahan yang tersedia di sini!

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.