Cara Merawat Mesin Las Dengan Mudah Agar Kondisinya Tetap Prima

cara merawat mesin las

Cara Merawat Mesin Las Dengan Mudah Agar Kondisinya Tetap Prima


Mesin las yang prima tentu memiliki performa yang luar biasa. Begini cara mudah menjaganya!


Peran pengelasan dalam industri dapat dikatakan krusial, terutama pada industri yang mengutamakan proses fabrikasi, seperti instalasi perpipaan hingga workshop pengolahan logam. Untuk itu, dukungan peralatan atau mesin las yang selalu andal menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki. Nah, untuk memastikan agar mesin las Anda selalu terawat dan dalam kondisi prima saat digunakan, Kawan Lama punya beberapa tipsnya yang bisa Anda ikuti.


Tips Perawatan Mesin Las

Untuk memastikan mesin las yang Anda miliki tetap bisa berungsi dengan maksimal, maka ikuti beberapa tips berikut ini yang mudah untuk dieksekusi. Apa saja tips tersbut? Simak informasinya di bawah ini.


1. Perhatikan selalu sirkulasi udara pada kipas pendingin

Sistem pendingin memiliki peran penting untuk menjaga kestabilan suhu mesin yang sangat berpengaruh pada performa mesin las. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada kipas optimal. Mesin las listrik atau jenisnya yang lain akan sangat memerlukan komponen kipas pendingin. Jangan sampai terjadi kejadian overheat yang tentunya berbahaya.

 

2. Jauhkan mesin las dari air atau kondisi lembab

Kondisi lembab dan berair sangat berisiko mengundang korsleting pada mesin. Jika itu terjadi akan membahayakan diri dan juga merusak mesin, pastinya Anda tak mau itu terjadi. Salah satu hal yang bisa terjadi jika ada air yang masuk ke dalam mesin las adalah hubungan arus pendek. Hal tersebut membuat mesin konslet atau bisa memicu hal buruk lainnya. Jadi jaga mesin dari air agar tidak mengakibatkan hubungan arus pendek.

 

3. Hindari mesin terkena debu berlebih

Paparan debu yang menumpuk pada board sirkuit sangat rentan mengakibatkan korsleting pada mesin. Debu yang menumpuk bisa menghambat kinerja dari beberapa komponen di mesin las. Debu yang menumpuk juga menghambat sirkulasi udara dan menyebabkan mesin las menjadi panas.

 

4. Hindari mesin dari benturan

Benturan pada mesin dapat mengakibatkan sistem perkabelan yang ada pada bagian dalam menjadi kendur. Jika hal tersebut tidak cepat disadari, akan membawa mesin pada risiko kerusakan yang lebih fatal. Utnuk menhidari masalah ini, Anda bisa menyimpan mesin las ditempat yang aman, kemudian berhati-hati saat memindahkan dan menggunakannya.


5. Gunakan tegangan yang sesuai dengan spesifikasi mesin las.

Satu lagi tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat mesin las agar bisa berfungsi dengan maksimal adalah dengan menggunakannya sesuai dengan petunjuk atau manual. Seperti menggunakan tegangan yang dianjurkan. Selain itu pastika sumber listrik yang digunakan juga stabil.

Berikut tips dari kami untuk merawat mesin las andalan Anda. Untuk pilihan produk pengelasan, Anda bisa langsung cek di www.kawanlama.com. Kunjungi website-nya, dan dapatkan informasi seputar produk industrial lainnya yang bisa membantu dan menjadi solusi Anda!

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.