Cara Mengikir Gergaji Kayu dengan Benar

cara mengikir gergaji kayu

8 Cara Mengikir Gergaji Kayu dengan Benar


Gergaji kayu merupakan salah satu alat yang sering digunakan dalam proses pemotongan kayu. Namun, seiring penggunaannya yang terus-menerus, gigi gergaji kayu bisa tumpul dan tidak efektif dalam melakukan pemotongan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengetahui bagaimana cara mengikir gergaji kayu tersebut.

Apabila gergaji yang Anda gunakan tajam, maka proses pemotongan kayu pun bisa dilakukan dengan lebih optimal. Apalagi jumlah kayu yang akan dipotong dalam jumlah besar, maka penting bagi Anda memahami bagaimana cara mengasah gergaji kayu ini. Kalau begitu, mari simak beberapa tahapan dalam mengikir gergaji kayu di bawah ini dengan benar.

Baca Juga: Portable Strapping Tools, Alat Praktis Mudahkan Pengemasan Dengan Cepat dan Aman

Cara Mengikir Gergaji Kayu dengan Benar

Seiring penggunaannya yang terus-menerus, gigi gergaji kayu bisa tumpul dan mengurangi efisiensi serta akurasi pemotongan. Untuk mempertahankan kualitas dan ketajaman gergaji kayu, salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah mengikir gergaji. Proses mengikir ini adalah mengasah kembali gigi gergaji yang telah tumpul agar kembali tajam dan optimal dalam memotong kayu. Yuk simak cara mengasah gergaji kayu yang benar berikut ini.

1. Siapkan Alat

Sebelum memulai proses mengikir gergaji kayu, pastikan Anda telah menyiapkan semua alat yang diperlukan. Beberapa alat yang akan Anda butuhkan antara lain:

a. Gergaji kayu

Tentu saja, Anda akan membutuhkan gergaji kayu yang ingin Anda kikir atau asah. Pastikan gergaji tersebut masih dalam kondisi yang baik, dan tidak ada kerusakan yang berarti pada gigi gergaji, sehingga proses pengasahan gergaji pun bisa berlangsung dengan lancar.

b. Benda Tumpul

Anda juga memerlukan benda tumpul, seperti batu asah atau pengikir khusus, yang akan digunakan untuk mengikir gigi mata gergaji kayu. Pilih benda tumpul yang sesuai dengan ukuran gigi gergaji kayu Anda agar prosesnya bisa dilakukan dengan lebih mudah.

c. Sarung Tangan dan Kacamata Pelindung

Mengikir gergaji kayu akan menghasilkan serpihan kayu yang dapat melukai tangan dan mata. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan sarung tangan dan kacamata pelindung untuk melindungi diri Anda demi keselamatan kerja.

2. Bersihkan Gergaji

Sebelum mengikir gergaji tangan kayu, pastikan Anda membersihkannya terlebih dahulu. Serpihan kayu dan kotoran yang menempel pada gigi gergaji dapat menghambat proses mengikir. Anda bisa menggunakan sikat atau lap kering untuk membersihkan gergaji kayu dengan hati-hati. Pastikan gigi gergaji benar-benar bersih sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Hindari menggunakan air sebagai cara membersihkannya, karena air dapat meningkatkan risiko karat pada gergaji yang membuatnya sulit dibersihkan. Meskipun demikian, menggunakan air masih memungkinkan, asalkan diterapkan dengan menggunakannya pada lap dan tidak merendam gergaji ke dalam air.

3. Jepit

Setelah gergaji kayu dalam kondisi bersih, langkah selanjutnya adalah menjepit gergaji kayu dengan aman. Anda bisa menggunakan klem atau sejenisnya untuk menjepit gergaji agar tidak bergerak saat proses mengikir dilakukan. Pastikan gergaji kayu terjepit dengan kuat, namun tetap hati-hati agar tidak merusak gergaji.

4. Gesekan

Sekarang, saatnya mulai mengikir gergaji kayu. Ambil benda tumpul yang telah Anda siapkan, dan gesekan secara perlahan pada gigi gergaji kayu. Lakukan gerakan gesekan ke arah yang sama dengan arah gigi gergaji. Pastikan Anda melakukan gesekan dengan lembut dan konsisten, mengikuti lekukan gigi gergaji secara rata.

Selama proses mengikir, pastikan Anda memperhatikan tekanan yang Anda berikan. Jangan terlalu keras atau terlalu lembut, karena hal tersebut dapat memengaruhi hasil akhir dari mengikir gergaji kayu. Jika ada gigi gergaji yang terlalu tumpul atau rusak, perlu diperbaiki secara terpisah atau diganti dengan gigi gergaji yang baru.

Baca Juga: Tips Menjaga Performa Angle Grinder Agar Tetap Andal Digunakan

5. Pilih Urutan Mengukir

Lakukan pekerjaan tersebut dengan memegang kedua ujungnya menggunakan kedua tangan. Pastikan sudut kikir berkisar antara 15 hingga 25 derajat terhadap ketebalan pelat mata gergaji. Jika kikir diletakkan pada sudut 90 derajat terhadap ketebalan pelat, kemungkinan gigi gergaji akan menjadi lebih tumpul.

Setelah Anda selesai mengikir gergaji kayu, langkah selanjutnya adalah memilih urutan mengukir yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Urutan mengukir merupakan proses mengasah kembali gigi gergaji agar kembali tajam dan efektif dalam melakukan pemotongan kayu.

Ada beberapa jenis urutan mengukir yang dapat Anda pilih, seperti urutan silang (crosscut), urutan melintang (rip cut), dan urutan kombinasi (combination cut). Urutan silang (crosscut) digunakan untuk memotong kayu melintang serat kayu. Gigi gergaji akan diasah dengan sudut potong tajam agar dapat memotong dengan bersih dan presisi.

Urutan melintang (rip cut) digunakan untuk memotong kayu sejajar dengan serat kayu. Pada jenis urutan ini, gigi gergaji akan diasah dengan sudut yang lebih dangkal agar dapat melakukan pemotongan yang lancar dan efisien.

Sedangkan, urutan kombinasi (combination cut) adalah jenis urutan yang dapat digunakan untuk memotong kayu melintang maupun sejajar dengan serat kayu. Pada urutan ini, gigi gergaji akan diasah dengan sudut potong yang sedang.

Pilih urutan yang sesuai dengan jenis pemotongan kayu yang Anda lakukan. Perhatikan juga kondisi kayu yang akan dipotong, seperti jenis kayu dan ketebalan kayu, agar Anda dapat memilih urutan yang paling efektif.

6. Balik Sisi

Setelah mengikir dan memilih urutan yang sesuai, langkah berikutnya membalik sisi gergaji. Hal ini penting dilakukan agar gigi gergaji yang telah dikikir dan diasah dapat digunakan secara maksimal. Apabila Anda membalik sisi gergaji, Anda akan memperpanjang umur pakai gergaji kayu dan menjaga ketajamannya secara merata. Caranya, lepaskan gergaji dari klem atau jepitan, lalu balik gergaji sehingga sisi yang telah dikikir dan diasah berada di bagian atas.

7. Test Ketajaman

Setelah mengikir dan mengasah gergaji kayu, penting untuk menguji ketajaman gergaji sebelum digunakan dalam pemotongan kayu yang sebenarnya. Anda bisa melakukan tes ketajaman dengan cara mengayunkan gergaji secara perlahan pada sepotong kayu. Perhatikan apakah gergaji mampu memotong kayu dengan lancar dan tanpa terjebak.

Jika gergaji masih terasa tumpul atau tidak mampu memotong dengan baik, Anda perlu mengikir atau mengasah kembali gigi gergaji sebelum digunakan. Ketajaman yang baik akan memudahkan Anda dalam melakukan pemotongan kayu dengan hasil yang presisi.

8. Simpan

Simpan gergaji kayu dengan baik setelah selesai proses mengikir selesai dilakukan. Simpan gergaji pada tempat yang aman dan kering, hindari terkena kelembapan atau paparan langsung sinar matahari yang dapat merusak pegangan kayu atau gigi gergaji. Anda juga bisa menggunakan sarung atau penutup khusus untuk melindungi gergaji dari debu dan kerusakan.


Apabila Anda mengikir gergaji kayu secara rutin, Anda bisa mempertahankan keefektifan dan ketajaman gergaji kayu selama melakukan pemotongan kayu. Maka dari itu, memahami bagaimana cara mengikir gergaji kayu dengan benar ini sangat penting Anda ketahui. Ingat untuk selalu menggunakan sarung tangan dan kacamata pelindung saat mengikir gergaji kayu untuk keselamatan kerja.

Tidak hanya itu, penting juga menggunakan mesin kikir yang memberikan hasil optimal. Jadi, pastikan mesin kikir yang Anda gunakan mampu memberikan ketajaman maksimal pada gergaji kayu Anda. Untuk mendapatkan mesin kikir yang andal, Anda bisa mencarinya di Kawan Lama Solution.

Tersedia mesin kikir dan peralatan lainnya yang dapat membantu mempermudah berbagai pekerjaan Anda. Kalau begitu, tunggu apalagi? Kunjungi Kawan Lama Solution sekarang juga dan dapatkan mesin kikir dengan performa optimal agar gergaji kayu Anda makin tajam serta memudahkan Anda dalam proses pemotongan kayu dalam jumlah banyak.

Sumber rujukan:

  • https://www.vinindo.co.id/articles/51/berikut-cara-mengasah-gergaji-potong-yang-benar 
  • https://www.klopmart.com/article/detail/mengasah-gergaji-potong 

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.