Cara Mengganti Ban Motor dengan Mudah

6 Cara Mengganti Ban Motor dengan Mudah

Cara Mengganti Ban Motor dengan Mudah


Pernahkah Anda merasakan getaran aneh saat berkendara dengan motor Anda? Atau mungkin ban motor Anda sudah terlihat aus dan gundul? Jika iya, mungkin saatnya untuk mengganti ban motor. Bagaimana cara mengganti ban motor dengan benar?

Mengganti ban motor bisa menjadi tugas yang cukup sederhana jika Anda tahu caranya. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui informasi bagaimana cara mengganti ban motor dengan efektif dan efisien, serta peralatan apa saja yang diperlukan. Kalau begitu, yuk simak uraian lengkapnya di bawah ini. 


Peralatan untuk Ganti Ban Motor


Sebelum memulai proses mengganti ban motor, pastikan Anda telah menyiapkan peralatan yang diperlukan. Peralatan tersebut sangat penting untuk memastikan bahwa proses penggantian ban motor berjalan dengan lancar dan aman. Pastikan Anda telah menyiapkan semua peralatan berikut sebelum memulai.


1. Kunci Roda

Kunci roda adalah alat yang paling penting untuk membuka mur atau baut pengunci pada roda motor. Pilih kunci roda yang sesuai dengan ukuran mur roda motor Anda agar bisa membuka dan mengencangkan mur dengan mudah.


2. Kunci L

Kunci L atau kunci L-shaped sangat membantu untuk membuka mur atau baut pada bagian-bagian yang sulit dijangkau, seperti di antara bagian-bagian mesin. Pastikan Anda memiliki kunci L dengan ukuran yang sesuai agar bisa digunakan dengan mudah.


3. Dongkrak

Dongkrak digunakan untuk mengangkat motor, sehingga roda depan atau roda belakang terangkat dari tanah. Alat ini mempermudah Anda untuk melepas dan memasang roda motor. Pastikan Anda memiliki dongkrak dengan kapasitas angkat yang sesuai dengan berat motor Anda.


Baca Juga: Ketahui Fungsi Air Compressor, Cara Kerja dan Tips Merawatnya


4. Pengisi Ban

Pengisi ban atau pompa ban adalah peralatan untuk mengisi angin pada ban baru sebelum dipasang ke motor. Pastikan Anda memiliki pengisi ban dengan tekanan angin yang sesuai untuk motor Anda, karena tekanan angin yang tepat sangat penting untuk kinerja dan umur pakai ban.


5. Obeng

Obeng merupakan alat yang sering digunakan dalam berbagai tugas mekanik, termasuk dalam mengganti ban motor. Anda mungkin memerlukan obeng untuk membuka dan memasang bagian-bagian kecil pada motor, seperti tutup roda atau tutup ban. Pastikan Anda memiliki berbagai jenis obeng dengan berbagai ukuran kepala untuk menyesuaikan dengan kebutuhan perbaikan motor Anda.


6. Sikat dan Sabun

Sebelum memasang ban baru, bersihkan velg dari kotoran dan sisa-sisa bekas perekat ban lama menggunakan sikat dan sabun. Pastikan permukaan velg bersih dan kering sebelum memasang ban baru untuk memastikan ban menempel dengan baik.


Cara Mengganti Ban Motor


Setelah Anda menyiapkan peralatan yang diperlukan, berikut adalah langkah-langkah atau cara mengganti ban motor dengan mudah dan aman. Pastikan Anda memperhatikan tahapannya dengan saksama di bawah ini. 


1. Persiapkan Motor

Sebelum memulai proses penggantian ban motor, pastikan motor berada di tempat yang datar dan stabil. Matikan mesin dan pastikan Anda menarik tuas rem agar motor tidak bergerak saat penggantian ban motor dilakukan. Langkah ini penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama proses mengganti ban agar Anda dapat bekerja dengan tenang dan fokus.


2. Lepaskan Mur Roda

Gunakan kunci roda untuk membuka mur atau baut pengunci pada roda motor. Pastikan Anda membuka mur dengan pola yang benar, yaitu membuka secara bergantian pada sisi seberangnya. Setelah semua mur terbuka, lepaskan roda dari motor dengan hati-hati.


3. Keluarkan Ban Lama

Setelah roda terlepas dari motor, lepaskan ban lama dari velg dengan hati-hati. Anda dapat menggunakan obeng untuk membantu memisahkan ban dari velg jika dibutuhkan. Pastikan Anda meletakkan ban lama dengan benar, karena beberapa ban bekas masih bisa digunakan sebagai ban cadangan.


4. Pasang Ban Baru

Apabila ban lama berhasil dilepas, pasang ban baru pada velg. Pastikan posisi ban sudah benar dan rata di atas velg. Perhatikan arah alur atau pola tapak ban, pastikan tapak ban menghadap ke arah yang benar agar memberikan traksi yang optimal saat berkendara.


5. Isi Angin pada Ban Baru

Gunakan pompa ban untuk mengisi angin pada ban baru sesuai dengan rekomendasi tekanan angin pada ban tersebut. Periksa juga tekanan angin pada ban menggunakan alat pengukur tekanan angin (pressure gauge) untuk memastikan angka tekanannya telah sesuai.


Baca Juga: 6 Cara Menggunakan Mesin Bubut dengan Benar


6. Pasang Kembali Roda ke Motor

Setelah ban baru terpasang dengan baik dan telah diisi angin dengan benar, pasang kembali roda ke motor. Kencangkan mur atau baut pengunci roda dengan pola yang benar hingga roda kembali terpasang dengan kokoh. Pastikan Anda mengecek kembali setiap mur untuk memastikan semua sudah terpasang dengan baik.


Apabila Anda mengikuti langkah-langkah di atas, artinya Anda telah berhasil mengaplikasikan cara mengganti ban motor dengan efektif dan efisien. Memiliki ban dalam kondisi baik dan terpasang dengan benar adalah kunci untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara. 

Saat Anda mengganti ban motor tersebut, pasti Anda memerlukan berbagai peralatan lainnya selain yang telah dijelaskan di atas, seperti wheel balancer, wheel dolly, dan lain sebagainya. Apalagi Anda seorang pemilik bengkel kendaraan, maka memiliki alat-alat tersebut menjadi hal yang krusial. Alat-alat tersebut akan memastikan ban motor Anda terpasang dengan sempurna. 


Untuk mendapatkan alat perbaikan ban yang Anda butuhkan, Kawan Lama Sejahtera siap membantu Anda. Tersedia berbagai peralatan untuk mengganti ban dan peralatan bengkel lainnya dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau di Kawan Lama Sejahtera. 


Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Kawan Lama Sejahtera sekarang juga agar proses mengganti ban motor dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien.


Sumber rujukan:

https://www.wahanahonda.com/blog/5-langkah-mengganti-ban-motor-sendiri 

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.