6 Cara Memperbaiki Pipa PVC yang Bocor dengan Gampang

Cara memperbaiki pipa PVC

6 Cara Memperbaiki Pipa PVC yang Bocor dengan Mudah


Cara memperbaiki pipa PVC yang bocor merupakan pengetahuan yang penting bagi setiap pemilik rumah dan pengelola bangunan. Pipa PVC sendiri merupakan salah satu komponen vital dalam sistem saluran air rumah tangga dan komersial. Terbuat dari plastik polivinil klorida yang kuat dan tahan lama, pipa PVC menjadi pilihan utama karena kemampuannya yang tahan korosi, ringan, mudah dipasang, dan biaya yang terjangkau.

Meskipun memiliki banyak keunggulan, tetapi pipa PVC juga rentan terhadap kebocoran. Hal ini dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk usia pipa, tekanan air yang tinggi, suhu ekstrem, atau kesalahan pemasangan. Namun, Anda tak perlu khawatir karena artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai sejumlah cara memperbaiki pipa PVC yang bocor dengan mudah.

Cara Memperbaiki Pipa PVC yang Bocor

Berikut adalah sejumlah cara untuk memperbaiki pipa PVC yang bocor yang penting untuk dipahami.

1. Menyegel dengan Lem PVC

Menyegel pipa PVC yang bocor dengan menggunakan lem khusus PVC merupakan salah satu cara yang efektif dan umum dilakukan. Langkah pertama adalah membersihkan area sekitar kebocoran dengan lap kering untuk memastikan permukaan kering dan bersih. Selanjutnya, aplikasikan lem PVC secara merata di sekitar lubang atau retakan menggunakan aplikator atau kuas kecil. 

Setelah mengaplikasikan lem, tunggu hingga mengering secara menyeluruh sesuai petunjuk pada kemasan lem. Pada umumnya, lem akan mengering dalam waktu beberapa menit. Setelah itu, coba alirkan air melalui pipa untuk memastikan kebocoran telah tersumbat dengan baik.

2. Memasang Selotip Karet dan Klem Selang

Pilihan lain untuk memperbaiki kebocoran pada pipa PVC adalah dengan memasang selotip karet dan klem selang. Meski begitu, perlu diingat bahwa metode ini hanya solusi sementara sehingga memerlukan perbaikan secara permanen di kemudian hari.

Caranya pun mudah, setelah membersihkan dan mengeringkan area sekitar kebocoran, lingkarkan selotip karet secara rapat di sekitar lubang atau retakan. Kemudian, pasang klem selang di atas selotip karet dan kencangkan dengan erat untuk memberikan tekanan yang cukup guna menyegel kebocoran.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Pipa Air Tersumbat dengan Mudah

3. Menggunakan Penyegel Epoxy

Penyegel epoxy merupakan solusi jangka panjang untuk memperbaiki kebocoran pipa PVC. Cara menggunakan penyegel epoxy sangat mudah, campurkan bahan epoxy sesuai petunjuk pada kemasan dan aplikasikan campuran tersebut ke area yang bocor menggunakan spatula atau kuas kecil. 

Saat proses pengaplikasian, epoxy dapat dibentuk seperti dempul. Biarkan penyegel epoxy mengering dan mengeras sepenuhnya sebelum mencoba mengalirkan air melalui pipa. Perlu dicatat bahwa pemanfaatan epoxy tidak permanen, tetapi perbaikan ini mampu mengatasi kebocoran kecil dalam waktu yang efektif.

4. Memasang Selotip Resin Fiberglass

Selotip resin fiberglass dapat menjadi solusi cepat dan bersifat sementara untuk memperbaiki kebocoran pipa PVC. Selotip resin fiberglass merupakan jenis selotip yang terbuat dari bahan serat kaca atau fiberglass dan diperkuat dengan resin. Ini adalah produk yang tahan air dan sering digunakan untuk memperbaiki atau menyegel berbagai permukaan, termasuk pipa PVC.

Cara pengaplikasiannya adalah dengan melingkarkan selotip resin fiberglass di sekitar area yang bocor dan pastikan untuk memberikan tekanan yang cukup agar selotip melekat dengan baik. Selotip resin fiberglass akan membentuk lapisan yang kuat dan menyegel kebocoran dengan efektif. 

5. Mengganti Bagian Pipa PVC yang Bocor dengan Fitting

Salah satu cara permanen untuk memperbaiki kebocoran pipa PVC adalah dengan mengganti bagian pipa yang rusak dengan pipa PVC baru. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memotong bagian pipa yang bocor menggunakan gergaji pipa atau alat pemotong pipa PVC. 

Selanjutnya, pasang pipa PVC baru dengan fitting yang sesuai, seperti siku, tee, atau coupling fitting, serta pastikan untuk merekatkan koneksi pipa tersebut dengan lem PVC yang tepat. Setelah itu, biarkan lem mengering dan mengeras sepenuhnya sebelum mengalirkan air melalui pipa untuk memastikan tidak ada kebocoran lagi.

6. Mengganti Pipa PVC Secara Keseluruhan

Jika pipa PVC mengalami kerusakan parah atau telah mencapai masa pakainya, menggantinya secara keseluruhan dapat menjadi pilihan bijak. Proses penggantian ini melibatkan berbagai langkah, mulai dari mematikan aliran air, melepaskan semua sambungan dan fitting, melepaskan pipa lama, membersihkan area pemasangan, hingga memasang pipa PVC baru dengan hati-hati. 

Saat mengganti pipa, penting untuk memastikan koneksi yang kuat dan tahan air antara pipa dan fitting, serta melakukan uji coba menyeluruh untuk memastikan tidak ada kebocoran. Meskipun membutuhkan waktu dan usaha yang signifikan, mengganti pipa PVC secara keseluruhan akan memastikan sistem saluran air berfungsi optimal dan bebas dari kebocoran.

Baca juga: 12 Macam macam Lem beserta Kegunaanya Masing-masing

Tips Merawat Pipa PVC

Anda memerlukan perawatan yang baik dan teratur untuk memastikan kinerja pipa PVC tetap optimal dan mencegah terjadinya kebocoran. Berikut adalah beberapa tip yang dapat membantu dalam merawat pipa PVC dengan baik. 

1. Menjaga Kebersihan Pipa

Menjaga kebersihan pipa PVC sangat penting untuk mencegah penyumbatan dan kerusakan. Pasalya, debu, kotoran, atau endapan lain yang menempel pada permukaan pipa dapat mengganggu aliran air dan menyebabkan masalah lebih lanjut. Anda dapat menggunakan sikat pipa atau lap lembut untuk membersihkan pipa dari kotoran dan menjaga kebersihannya secara teratur.

2. Memeriksa dan Mendeteksi Kebocoran

Lakukan pemeriksaan rutin terhadap pipa PVC untuk mendeteksi kebocoran atau kerusakan yang mungkin terjadi. Saat memeriksa kemungkinan adanya kebocoran, Anda perlu mengamati kemungkinan adanya tetesan air, bercak kelembaban, atau perubahan warna pada pipa. Anda dapat mencegah kerusakan yang lebih serius di kemudian hari dengan mendeteksi kebocoran secara dini.

3. Menghindari Beban Berlebih

Pada umumnya, pipa PVC rentan terhadap kerusakan jika diberi beban berlebih. Maka dari itu, hindari meletakkan benda berat di atas pipa atau memberikan tekanan berlebih pada sambungan pipa. Selain itu, pastikan juga pipa terpasang dengan benar dan memiliki dukungan yang cukup untuk menghindari pecahnya pipa.

4. Menjaga Suhu Lingkungan

Selain menghindari beban berlebih, pipa PVC juga dapat dirawat dengan menjaga pipa dari paparan suhu yang sangat panas atau sangat dingin. Paparan suhu ekstrem tersebut dapat memengaruhi kinerja pipa PVC dan menyebabkan perubahan fisik pipa. Pastikan pipa terlindungi dari sinar matahari langsung dan suhu yang ekstrem untuk mencegah kerusakan.

5. Memelihara Saluran Air

Selain merawat pipa PVC itu sendiri, Anda juga perlu untuk memelihara saluran air yang terhubung dengan pipa tersebut. Pastikan saluran air tetap bersih dan terbebas dari penyumbatan atau hambatan lainnya. Selain itu, hindari untuk membuang benda asing atau bahan kimia berbahaya ke dalam saluran air untuk mencegah kerusakan pipa PVC.

Baca juga: 7 Jenis Pipa Air serta Fungsinya

Sebagai penutup yang menarik, mari fokus pada cara memperbaiki pipa PVC yang bocor dengan mudah, mulai dari menggunakan lem khusus PVC, selotip karet dan klem selang, penyegel epoxy, selotip resin fiberglass, hingga mengganti pipa PVC. Jika Anda mengalami masalah yang lebih serius atau membutuhkan bantuan tambahan, selalu disarankan untuk menghubungi profesional terkait untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Apabila Anda sedang melakukan perawatan pipa PVC, pertimbangkan untuk membeli cleaning sparepart di Kawan Lama Solution. Sebagai penyedia kebutuhan industri terlengkap, kami menyediakan berbagai alat untuk membersihkan suku cadang dan aksesoris pipa, termasuk cleaning accessory dan cleaning spare part. 

Jangan menunda lagi! Kunjungi situs web Kawan Lama Solution hari ini untuk untuk menjaga pipa PVC tetap bersih dan berfungsi dengan optimal!

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.