6 Cara Memperbaiki Dongkrak Tidak Mau Naik dengan Gampang

cara memperbaiki dongkrak tidak mau naik

6 Cara Memperbaiki Dongkrak yang Tidak Mau Naik dengan Mudah


Pernahkah Anda mengalami dongkrak mobil yang tiba-tiba macet dan tidak bisa naik? Situasi ini tentu bisa membuat panik, terutama saat Anda sedang terburu-buru. Jangan khawatir! Artikel ini akan memandu Anda dengan cara memperbaiki dongkrak tidak mau naik dengan mudah dan sederhana.

Melalui beberapa alat sederhana, Anda dapat menyelesaikan masalah ini dengan efisien. Ikuti panduan ini dengan saksama dan dongkrak Anda akan kembali berfungsi dengan normal dalam waktu singkat. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

5 Penyebab Dongkrak Tidak Mau Naik

Ketika menghadapi masalah dengan dongkrak yang enggan naik, ada beberapa penyebab yang mungkin menjadi akar permasalahannya. Berikut ini contohnya:

1. Kekurangan Minyak 

Salah satu alasan umum mengapa dongkrak gagal naik adalah karena kekurangan minyak atau pelumasan pada komponen-komponen tertentu. Minyak atau pelumas diperlukan untuk mengurangi gesekan antara bagian-bagian yang bergerak dalam dongkrak. Tanpa pelumasan yang memadai, gesekan yang berlebihan dapat terjadi, menyebabkan peningkatan keausan dan hambatan dalam pergerakan dongkrak. Memeriksa dan mengisi ulang minyak atau pelumas secara teratur merupakan langkah preventif yang penting untuk memastikan kinerja optimal dari dongkrak.

2. Kerusakan pada Piston 

Piston dalam dongkrak bertanggung jawab untuk menghasilkan gaya angkat yang diperlukan untuk mengangkat beban. Namun, jika piston mengalami kerusakan atau aus, kemampuannya untuk menghasilkan gaya angkat akan terganggu. Ini dapat menyebabkan dongkrak gagal naik atau bahkan sepenuhnya tidak berfungsi. Penting untuk secara teratur memeriksa kondisi piston dan menggantinya jika diperlukan agar dongkrak dapat beroperasi dengan efisien dan aman.

3. Bocornya Udara atau Kebocoran pada Sistem Hidrolik 

Sistem hidrolik pada dongkrak bekerja dengan memanfaatkan tekanan udara untuk mengangkat beban. Namun, jika terdapat kebocoran pada sistem tersebut, udara bisa keluar sehingga menyebabkan penurunan tekanan yang diperlukan untuk menggerakkan piston. Kebocoran ini bisa terjadi karena seal yang aus atau retak, atau bahkan bisa disebabkan oleh kerusakan pada saluran udara. 

4. Kotoran atau Debu yang Menumpuk 

Debu, kotoran, atau partikel lain yang menumpuk di sekitar mekanisme atau saluran minyak pada dongkrak dapat mengganggu aliran minyak atau mengakibatkan gesekan yang berlebihan. Hal ini dapat menghambat kinerja dongkrak dan membuatnya sulit untuk naik. Penting untuk membersihkan dongkrak secara berkala dan menjaga lingkungan sekitarnya agar tetap bersih guna mencegah penumpukan kotoran yang bisa mengganggu fungsi kerja dongkrak secara optimal. 

5. Komponen yang Aus atau Rusak 

Seiring penggunaan yang berkelanjutan, komponen-komponen dalam dongkrak seperti roda gigi, bearing, atau bagian lainnya dapat mengalami keausan atau kerusakan. Misalnya, roda gigi yang aus dapat mengakibatkan ketidakmampuan dongkrak untuk menaikkan beban dengan baik. Demikian pula, jika bearing mengalami kerusakan, pergerakan bagian-bagian dalam dongkrak dapat menjadi tidak lancar, mempengaruhi kemampuan keseluruhan dongkrak untuk berfungsi dengan baik.

Baca juga: Cara Penggunaan Dongkrak Hidrolik yang Efektif pada Kendaraan

6 Cara Memperbaiki Dongkrak Tidak Mau Naik

Jika Anda mengalami masalah dengan dongkrak mobil yang tidak mau naik, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut untuk memperbaikinya.

1. Periksa dan Isi Minyak atau Pelumas 

Cara memperbaiki dongkrak tidak mau naik pertama adalah memastikan bahwa dongkrak memiliki cukup minyak atau pelumas. Periksa level minyak atau pelumas pada bagian-bagian yang bergerak, seperti piston dan mekanisme lainnya. Jika level minyak rendah, tambahkan minyak atau pelumas sesuai dengan petunjuk pada manual pengguna. Pastikan untuk menggunakan jenis minyak atau pelumas yang direkomendasikan oleh produsen dongkrak.

2. Periksa dan Ganti Oli 

Langkah kedua dalam memperbaiki dongkrak yang tidak mau naik adalah dengan memeriksa dan jika perlu, mengganti oli. Oli adalah komponen vital yang memastikan semua bagian bergerak dalam dongkrak tetap dilumasi dengan baik, sehingga mencegah gesekan berlebihan yang dapat menghambat kinerja.

Untuk memeriksa oli, pertama-tama pastikan dongkrak berada dalam posisi yang stabil dan aman. Kemudian, cari lubang pengisian oli yang biasanya terletak di bagian atas atau samping bodi dongkrak. Gunakan alat yang sesuai untuk membuka lubang tersebut dan periksa level oli dengan menggunakan tongkat pengukur oli. Jika level oli rendah atau jika oli terlihat kotor atau bercampur dengan kotoran, maka mengganti oli mungkin diperlukan.

3. Periksa Piston dan Seal 

Langkah ketiga dalam memperbaiki dongkrak yang tidak mau naik adalah dengan memeriksa piston dan seal. Piston adalah komponen utama dalam dongkrak yang bertanggung jawab untuk menghasilkan gaya angkat, sedangkan seal berfungsi untuk mencegah kebocoran minyak hidrolik.

Untuk memeriksa piston dan seal, mulailah dengan melepaskan bagian atas atau tutup dongkrak untuk mengakses piston. Perhatikan kondisi piston, pastikan tidak ada retakan, kerusakan, atau tanda-tanda aus yang signifikan. Jika ditemukan kerusakan pada piston, seperti retakan atau aus yang parah, piston mungkin perlu diganti dengan yang baru.

Baca juga: Cara Menggunakan Dongkrak Botol yang Benar dan Aman

4. Bersihkan dan Periksa Bagian-bagian Mekanis 

Cara memperbaiki dongkrak tidak mau naik keempat adalah dengan membersihkan dan memeriksa bagian-bagian mekanis. Kotoran atau debu yang menumpuk pada bagian-bagian mekanis dapat mengganggu kinerja dongkrak dengan menyebabkan gesekan berlebihan atau bahkan menyumbat jalur aliran minyak. Oleh karena itu, membersihkan dan memeriksa bagian-bagian mekanis merupakan langkah penting untuk memastikan dongkrak berfungsi dengan baik.

5. Periksa Sistem Hidrolik 

Sistem hidrolik merupakan komponen penting dalam banyak jenis dongkrak, yang menggunakan tekanan hidrolik untuk menghasilkan gaya angkat. Kebocoran atau masalah lain dalam sistem hidrolik dapat menyebabkan dongkrak gagal beroperasi dengan baik. 

Pertama, periksa semua bagian dari sistem hidrolik, termasuk pompa, silinder, selang, dan fitting. Periksa apakah ada tanda-tanda kebocoran, seperti jejak minyak hidrolik yang bocor atau tumpahan di sekitar komponen. 

Jika terdapat kebocoran, perbaiki atau ganti komponen yang rusak untuk mencegah kehilangan tekanan hidrolik yang diperlukan untuk mengangkat beban. Selanjutnya, periksa level minyak hidrolik dalam reservoir atau tabung. 

Pastikan bahwa level minyak mencukupi untuk menjaga tekanan hidrolik yang optimal. Jika level minyak rendah, tambahkan minyak hidrolik yang sesuai dengan petunjuk pada manual pengguna dongkrak.

6. Gunakan Teknik Manual 

Cara memperbaiki dongkrak tidak mau naik yang terakhir adalah menggunakan teknik manual. Teknik ini berguna ketika semua upaya perbaikan lainnya telah dilakukan namun dongkrak masih belum berfungsi dengan baik. Salah satu cara untuk menggunakan teknik manual adalah dengan memanfaatkan tuas atau pengungkit untuk mengangkat beban secara manual. 

Namun, pastikan untuk menggunakan tuas atau pengungkit yang sesuai dengan kapasitas beban yang diangkat serta pastikan keamanan saat melakukannya. Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk memberikan dorongan atau tekanan secara manual pada bagian-bagian dongkrak yang bergerak untuk membantu dalam proses pengangkatan.

Baca juga: 7 Cara Menggunakan Dongkrak Buaya sesuai Panduan

Dari cara-cara memperbaiki dongkrak yang tidak mau naik di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah tersebut secara efektif. Melalui perawatan dan perbaikan yang tepat, diharapkan dongkrak dapat kembali berfungsi dengan baik dan efisien dalam mengangkat beban.

Untuk mengatasi masalah dengan dongkrak yang tidak mau naik, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan produk dari Kawan Lama Solution. Melalui berbagai macam pilihan dongkrak berkualitas yang ditawarkan, Anda dapat yakin akan mendapatkan solusi yang tepat untuk kebutuhan perbaikan kendaraan. 

Kunjungi situs web resmi Kawan Lama Solution sekarang untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk-produk mereka dan temukan dongkrak yang sesuai dengan kendaraan Anda.

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.