Bagaimana Tips Memilih Hospital Bed Berkualitas?

tips memilih hospital bed

Bagaimana Tips Memilih Hospital Bed Berkualitas?


Hospital bed atau ranjang pasien merupakan tempat tidur yang dirancang untuk pasien yang dirawat di rumah sakit atau mereka yang membutuhkan perawatan khusus. Tak hanya itu saja, hospital bed atau ranjang pasien juga penting saat dokter atau perawat melakukan pemeriksaan ringan di poli.

Oleh sebab itu, hospital bed harus memiliki desain yang ergonomis, agar pasien merasakan kenyamanan dalam masa perawatan. Inilah yang harus diperhatikan oleh pihak rumah sakit, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pasiennya. Satu hal yang perlu diperhatikan bahwa pemilihan hospital bed yang baik, akan mempengaruhi kondisi kesehatan pasien. Maka, faktor keamanan dan kenyamanan harus diutamakan.


Apa Saja Jenis-jenis Hospital Bed?

Hospital bed atau ranjang pasien memiliki jenis yang beragam. Namun pada dasarnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu:


1. Ranjang Pasien Manual

Untuk hospital bed atau ranjang pasien manual, digerakkan atau diatur oleh manusia, seperti keluarga atau perawat. Cara penggunaannya ialah dengan memutar bagian engkol yang biasanya ada di bawah tempat tidur, dengan putaran searah jarum jam sampai pada tinggi yang diinginkan. Lalu, untuk menurunkannya dapat memutar engkol berlawanan arah jarum jam. Untuk memutarnya, pasien biasanya dibantu oleh keluarga atau perawat.


2. Ranjang Pasien Elektrik

Untuk hospital bed elektrik, pengaturannya dikendalikan oleh remote atau menggunakan penghantar listrik untuk mengubah posisi ranjang. Cara penggunaan tempat tidur ini cukup mudah, yakni Anda hanya menekan tombol pada remote control yang ada di tempat tidur tersebut, dan dapat dilakukan langsung oleh pasien sendiri.


Baca Juga: Pentingnya Pembersihan Pipa dalam Bisnis F&B, Pulp & Paper dan Otomotif


Apa Saja Kriteria untuk Memilih Tempat Tidur Rumah Sakit?

Sebelum mengetahui tips memilih hospital bed atau tempat tidur pasien yang sesuai kebutuhan, Anda perlu memahami kriteria dalam memilih hospital bed. Ranjang pasien ini juga bisa digunakan untuk beberapa fasilitas selain rumah sakit diantaranya:

  • Homecare
  • Panti jompo
  • Intensive care units (ICU)
  • Nursing homes


Kemudian, ketika sedang memilih hospital bed, penting juga untuk memperhatikan jenis pasien yang akan menggunakan tempat tidur tersebut, yaitu:

  • Orang remaja hingga dewasa
  • Orang tua atau lansia (geriatric bed)
  • Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas (bariatic bed)
  • Wanita hamil
  • Anak-anak (pediatric bed)


Baca Juga: Ciptakan Lingkungan Hotel Higienis Pasca Pandemi, Cek Golden Rules-nya!


Bagaimana Tips Memilih Hospital Bed?

Selain jenis dan kualitasnya, harga juga jadi pertimbangan dalam memilih hospital bed. Berikut beberapa cara atau tips dalam memilih hospital bed atau ranjang pasien yang berkualitas:


1. Kenyamanan Pasien

Elemen penting untuk mengakomodasi posisi dan kenyamanan pasien di antaranya dilihat dari technical parameter dan technical configuration.


Technical parameters:

  • Leg rest
  • Auto regression
  • Mattress platform
  • Back-rest adjustment
  • Knee-rest adjustment


Technical configuration:

  • Double Side Castors, Central Locking
  • Alumunium Alloy Foldable Side Rail
  • IV Pole Prevision
  • Drainage Hook
  • ABS Mattress Holder


2. Desain dan Bahan

Dengan hospital bed atau ranjang pasien yang nyaman, tentunya akan mempercepat proses penyembuhan pasien. Maka dari itu, Anda harus mempertimbangkan tipe hospital bed yang baik. Pertama, disarankan untuk memilih tipe yang dilengkapi dengan remote control yang dapat mengatur ketinggian hospital bed. Selain itu, untuk materialnya disarankan memilih bahan baja stainless steel yang ringan, sehingga apabila tidak sengaja membentur pinggiran handle, tidak akan terasa sakit atau nyeri yang luar biasa. Selanjutnya Anda harus pertimbangkan bahan kasur, pilihlah hospital bed dengan bahan yang mudah dibersihkan.


3. Supplier dan Distributor Tepercaya

Pilihlah supplier atau distributor peralatan kesehatan yang terpercaya, yang menjual hospital bed dengan kualitas yang bagus dan harga kompetitif. Biasanya distributor yang sudah terpercaya memiliki standar kualitas yang baik. Selain itu juga bisa dipertanggungjawabkan produk-produknya, sehingga ketika ada kendala, bisa dengan mudah untuk berkonsultasi dengan sales terkait, bahkan dari sisi after sales-nya pun akan lebih mudah. Dengan demikian rumah sakit dapat memberikan layanan yang terbaik untuk para pasiennya.


Baca Juga: Industrial Internet of Things (IoT): Solusi, Fitur, dan Manfaatnya dalam Manufacturing


4. Kelengkapan

Sebelum membeli, pastikan Anda memeriksa kelengkapan hospital bed atau ranjang pasien tersebut. Biasanya sudah dilengkapi dengan tiang infus, roda, serta pagar penghalang.

Tips atau cara di atas bisa menjadi rekomendasi Anda yang ingin mencari hospital bed atau ranjang pasien yang berkualitas. Kawan Lama menyediakan hospital bed (manual dan electric) dari Informa Health dan peralatan kesehatan lainnya seperti stetoschope, oxygen concentrator, blood pressure, nebulizer, air compressing nebulizer, ear thermometer dari Sowell.

Kawan Lama menyediakan solusi alat kesehatan terpercaya untuk kebutuhan bisnis Anda dengan kualitas terbaik, harga terjangkau, serta praktis digunakan untuk berbagai macam kebutuhan kesehatan. Dapatkan produk tersebut hanya di www.kawanlama.com!

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.