Dukung Manufaktur Indonesia Masuki Era Society 5.0, Kawan Lama Solution Hadir di Manufacturing Surabaya 2023

Manufacturing Surabaya 2023

Table Of Content



Surabaya, 12 Juli 2023 – Teknologi dan automasi memainkan peran besar dalam mengubah dunia kerja saat ini dan akan terus berperan penting sampai ke depannya dalam era Society 5.0. Kawan Lama Solution, penyedia peralatan industri teknik dan komersial di Indonesia (entitas baru dari dua unit bisnis Kawan Lama Group yakni PT Kawan Lama Sejahtera dan PT Krisbow Indonesia) hadirkan produk-produk dengan teknologi terdepan di acara Manufacturing Surabaya 2023, Grand City Convention & Exhibition Center Surabaya, pada 12-15 Juli untuk mendukung perkembangan sektor manufaktur, khususnya di wilayah timur Indonesia.


“Sejalan dengan temanya, Smart Manufacturing to Optimize Business Performance yaitu ingin memberi solusi optimalisasi bisnis melalui penggunaan peralatan termutakhir, Kawan Lama Solution hadir sebagai partner strategis melalui produk dan teknologi terbaru kami kepada pasar untuk mengoptimalkan performance bisnis para pelaku industri manufaktur, sekaligus memberikan dukungan untuk mewujudkan Indonesia Industry 5.0,” ungkap Tan Hadi Purnama, Product Business Director Kawan Lama Solution.

Dalam industry 5.0, perusahaan perlu menyeimbangkan efisiensi dan produktivitas secara optimal. Kawan Lama Solution melalui produk unggulan Modula sebagai warehouse solution yang meningkatkan efisiensi produksi dan fasilitas penyimpanan di gudang. Alat ini memiliki kemampuan untuk meminimalisir kebutuhan material handling equipment, untuk mengambil produk pada area yang tinggi dan cocok digunakan di area penyimpanan terbatas. Dengan teknologi berbasis vending machine, memudahkan customer mengambil produk yang diperlukan, bahkan di area yang sulit dijangkau tangan, hanya dengan memasukkan kode produk.


Selain itu, terdapat produk 3D Scan Hawk yang mampu memberikan gambaran 3 dimensi atas produk atau media yang di-scan, sehingga dapat langsung dicetak maupun diproduksi, tanpa memerlukan proses desain produk secara manual. Mesin-mesin otomasi yang dipamerkan juga sudah memiliki sistem yang terintegrasi. Produk lainnya yang dipamerkan di antaranya metal cutting, measuring, welding equipment, sheet metal machinery and tool accessory, cleaning, cutting tools, safety, hand tools, cleaning dari brand-brand ternama di bawah naungan Kawan Lama Solution seperti KRISBOW, Nilfisk, dan Ridgid.


Kehadiran teknologi automasi telah mengubah lanskap bisnis dan sosial secara signifikan. Era Society 5.0, sebuah konsep yang menekankan integrasi yang erat antara manusia dan teknologi. “Di era ini, perusahaan dan individu harus siap untuk menghadapi perubahan yang cepat dan beradaptasi dengan teknologi canggih yang semakin dominan. Maka, pelatihan SDM merupakan kunci penting untuk memastikan bahwa SDM dapat bersaing dan memenuhi tuntutan dunia kerja yang berubah di era Society 5.0,” tambah Hadi.

Pendekatan yang holistik dan berkelanjutan tentu diperlukan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan teknologi modern. Untuk mendukung hal tersebut, Kawan Lama Solution berkomitmen untuk memfasilitasi SDM menuju era Society 5.0 lewat Learning Center yang telah hadir di Jawa Barat di Cikarang; Jawa Tengah di Purwokerto dan Semarang Barat; serta di Jawa Timur di Gresik, dan nantinya akan hadir juga di Juanda, Surabaya.

Dengan kurikulum dan program yang sudah diselaraskan serta jalinan kerja sama dengan berbagai pihak, Learning Center menggabungkan tiga pilar yakni Ecosystem, Link and Match, dan Sharing Industrial Expertise. Dengan demikian dapat menciptakan SDM yang unggul baik skala nasional maupun global, sehingga ke depannya SDM dapat berinteraksi dan mengelola otomatisasi.

“Sektor industri manufaktur Indonesia harus siap menuju perubahan besar dalam menghadapi era Society 5.0. Maka, dengan adanya teknologi yang diusung oleh Kawan Lama Solution ini diharapkan mampu mendorong perubahan industri manufaktur di Indonesia serta menjadikan Kawan Lama sebagai bagian dari Industrial Solution,” tutup Hadi.

****

Tentang Kawan Lama Solution

Kawan Lama Solution yang hadir melalui PT Kawan Lama Solusi merupakan entitas baru dari dua unit bisnis dalam naungan Kawan Lama Group, yakni PT Kawan Lama Sejahtera dan PT Krisbow Indonesia, yang memiliki visi dan misi untuk menciptakan industrial ecosystem dengan ragam solusi yang lengkap untuk kebutuhan industri di Indonesia. Kawan Lama Solution hadir untuk mendukung pengembangan industri nasional dengan menyediakan ragam produk keperluan komersial dan industrial berkualitas, mulai dari peralatan kebersihan, pengukuran, pemesinan, perkakas, peralatan pemotong, rak penyimpanan, hingga suku cadang. Menghadirkan house brand Krisbow serta beragam merek dunia, seperti Mitutoyo, OSG, Tungaloy, Chiyoda, Facom, Nilfisk, Launch, Feeler, YSD, Metabo, Wagner, DAVI, Marposs, Pferd, dan Noritake.

Kawan Lama Solution telah hadir di Pekanbaru, Cilegon, Solo, Kudus, Bali, Tabalong, Kendari, dan akan dibuka juga di kota-kota lainnya. Didukung oleh 35 service center, lebih dari 500 tenaga penjual profesional, serta layanan e-commerce yang memberi kemudahan transaksi dari mana saja dan kapan saja.

 

Tentang Kawan Lama Group

Kawan Lama Group adalah identitas dari kelompok unit bisnis multisektor yang masing-masing bergerak dalam enam pilar bisnis yaitu Industrial & CommercialConsumer Retail, Food & Beverage, Property & Hospitality, Commercial Technology, serta Manufacturing & Engineering, namun dipersatukan oleh nilai dan tujuan yang sama yaitu memberikan kehidupan yang lebih baik bagi keluarga. Hadir sejak tahun 1955, Kawan Lama Group yang memiliki slogan “Bring Value for a Better Life” menaungi lebih dari 30 merek usaha, 11 pusat distribusi, dan lebih dari 1.000 toko yang jumlahnya terus bertambah sebagai kontribusi bagi kemajuan negeri.

Sektor Industrial & Commercial Kawan Lama Group terdiri dari merek usaha seperti Kawan Lama Solution, Krisbow, Sensorindo, Kaeser Indonesia, Depo Teknik, Kawan Lama Inovasi. Pada Consumer Retail, terdapat ACE, ACE Xpress, INFORMA, INFORMA Custom furniture, INFORMA Electronics, INFORMA Work & Space, Toys Kingdom, Pet Kingdom, Home Galleria, SELMA, ATARU, Pendopo, EYE SOUL, dan lain sebagainya. Pada sektor Food & Beverage, hadir F&B ID sebagai perusahaan yang menaungi lima merek usaha yaitu Chatime, Chatime Atealier, Cupbop, Gindaco, dan Go! Go! CURRY – Genki no Minamoto. Pada Property & Hospitality, terdapat Living World, Living Plaza, dan Anumana. Untuk Commercial Technology, terdapat ruparupa.com dan Danakini. Sedangkan untuk sektor Manufacturing & Engineering, merek usaha yang tergabung adalah Golden Living dan Golden Dacron.

Sumber tambahan

 




Untuk keperluan data dan peliputan, silakan menghubungi:

Moses Silitonga

Corporate Communications Asst. Manager

Kawan Lama Group

0877-2205-7831

moses.silitonga@kawanlamacorp.com



Maria Seruni

Corporate Communications Executive

Kawan Lama Group

0817-494-2300

maria.seruni@kawanlamacorp.com

 

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.