Bersaing Ketat, Inilah 3 Juara Uji Kompetensi Bidang Metrologi di LKS SMK Tingkat Jawa Tengah 2022

Bersaing Ketat, Inilah 3 Juara Uji Kompetensi Bidang Metrologi di LKS SMK Tingkat Jawa Tengah 2022

Table Of Content

Salah satu keunggulan yang dimiliki siswa SMK ialah mengantongi kecakapan pada bidang yang ditekuninya. Untuk itulah, keahlian para siswa SMK harus ditingkatkan lewat beragam kegiatan yang dapat mengasah kemampuan mereka. Salah satunya lewat kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK XXX Provinsi Jawa Tengah tahun 2022 yang tahun ini mengangkat tema “SMK Provinsi Jawa Tengah Menumbuhkembangkan Keberkerjaan dan Kemandirian di Era Digitalisasi”. Acara yang digelar pada tanggal 23-25 Mei 2022 secara daring ini mengikutsertakan 54 bidang lomba. Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinisi Jawa Tengah, pada tahun ini PT Kawan Lama Sejahtera kembali ikut serta dalam mendukung acara LKS SMK lewat bidang lomba Metrologi atau pengukuran.

Metrologi atau pengukuran merupakan ilmu dasar yang harus dimiliki oleh siswa vokasi yang mengambil jurusan teknik mesin dan otomotif. Uji kompetensi bidang metrologi ini mempersiapkan siswa kejuruan saat mereka terjun ke dunia kerja agar mahir menggunakan alat yang digunakan dalam dunia industri.


Lomba metrologi kali ini diikuti oleh 16 peserta didik dari SMK di Jawa Tengah, di antaranya Gombong, Kudus, Surakarta, Purworejo, Magelang, Sragen, Magelang hingga Salatiga. Keikutsertaan PT Kawan Lama Sejahtera sebagai komitmen PT Kawan Lama Sejahtera dan PT Mitutoyo Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia. Sekaligus menjadi bahan untuk mengukur mutu dan menjadi daya saing lulusan, menuju SDM yang unggul nantinya. Peserta didik SMK yang berkemampuan perlu didukung melalui berbagai kegiatan agar dapat berprestasi dan karakter kerja serta memiliki kompetensi sesuai standar kompetensi Nasional maupun Internasional.

Upaya ini diperlukan kerjasama dan kemitraan yang lebih erat dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) serta kemitraan dengan semua stakeholder yang ada. Lulusan SMK standarnya harus memiliki kemampuan dasar softskill (kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, memecahkan masalah, berinteraksi, serta kemampuan bekerjasama secara efektif dengan pihak lain, maupun karakter yang tangguh, mandiri, bertanggung jawab, kreatif dan berjiwa wirausaha.

Dalam kompetisi bidang lomba metrologi ini, para peserta diuji kompetensinya dalam tes teori dan tes praktik. Penilaiannya pun berdasarkan ketepatan nilai hasil ukur, metode pengukuran, pemilihan alat ukur, keselamatan kerja, dan presentasi proses pengukuran.

 

Dari hasil penilaian tersebut, keluar tiga nama pemenang LKS SMK Provinsi Jawa Tengah 2022 bidang lomba metrologi:

  • Juara I : Mayyasa Khairul Saadah (SMKN 1 Gombong)
  • Juara II: Muhamad Mabrur (SMKN 1 Sedan)
  • Juara III: Antonio Jonathan (SMK Katolik St. Mikael Surakarta)



Setelah melakukan serangkaian seleksi, maka Juara I yang lolos tingkat provinsi akan mewakili provinsi Jawa tengah ke ajang LKS SMK Tingkat Nasional 2022.


“Pesan kepada para juara, juara 1 harus siap maju ke tingkat nasional, sehingga berjuang di tingkat nasional tidak ragu lagi dan sudah mantap utk siap memboyong piala bergilir dari puspresnas. Untuk juara 2 dan 3 menjadi modal untuk bisa lebih berprestasi lagi. Yang belum juara semoga bisa jadi juara di event yang lain,” pungkas Drs. SamiranMT, Ketua MKKS SMK Provinsi Jawa Tengah dalam acara penutupan LKS SMK Provinsi Jawa Tengah 2022.

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.